0
Home  ›  Berita Utama  ›  detikNews  ›  E-KTP  ›  Nasional

Perpres Nomor 96 Tahun 2018 Urus Identitas Tak Berlaku Pengantar Dari RT/RW

"Comunitynews.com - Urus dokumen sekarang sudah tidak berlaku dengan surat pengantar dari RT RW karna pemerintah mengeluarkan edaran Resmi peraturan Presiden ( Perpres) No.96 tahun 2018 yang berbunyi tentang Persyaratan dan Tata Cara Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil. Dengan dikeluarkan peraturan tersebut kini masyarakat lebih mudah mengurus dan membuat Kartu identitas pribadi nya. Yang dilansir dari laman setkab.go.id Rabu (7/11/2018) bahwa peraturan tersebut adalah pengganti yang sebelumnya peraturan Perpres Nomor 25 tahun 2008 setelah sah di undangkan pada saat itu tanggal 18 Oktober tahun 2018. "Menurut Perpres ini, pelayanan pendaftaran penduduk terdiri atas pencatatan biodata penduduk, penerbitan KK (Kartu Keluarga), penerbitan KTP-el (Kartu Tanda Penduduk Elektronik), penerbitan surat keterangan kependudukan, dan pendaftaran penduduk rentan Administrasi Kependudukan," tulis informasi dari laman Sekretariat Kabinet (Setkab) yang diunggah sejak 31 Oktober 2018 tersebut."

Comunitynews.com -  Urus dokumen sekarang sudah tidak berlaku dengan surat pengantar dari RT RW karna pemerintah mengeluarkan edaran Resmi peraturan Presiden ( Perpres) No.96 tahun 2018 yang berbunyi tentang Persyaratan dan Tata Cara Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil. Dengan dikeluarkan peraturan tersebut kini masyarakat lebih mudah mengurus dan membuat Kartu identitas pribadi nya.

Sumber gambar hanya ilustri dari pixabay



Yang dilansir dari laman setkab.go.id Rabu (7/11/2018) bahwa peraturan tersebut adalah pengganti yang sebelumnya peraturan Perpres Nomor 25 tahun 2008 setelah sah di undangkan pada saat itu tanggal 18 Oktober tahun 2018.

"Menurut Perpres ini, pelayanan pendaftaran penduduk terdiri atas pencatatan biodata penduduk, penerbitan KK (Kartu Keluarga), penerbitan KTP-el (Kartu Tanda Penduduk Elektronik), penerbitan surat keterangan kependudukan, dan pendaftaran penduduk rentan Administrasi Kependudukan," tulis informasi dari laman Sekretariat Kabinet (Setkab) yang diunggah sejak 31 Oktober 2018 tersebut.

Seperti tertulis dalam Pasal 14 Perpres 96/2018, penerbitan e-KTP bagi warga negara Indonesia (WNI) atau warga asing terbagi menjadi:

- penerbitan e-KTP baru
- penerbitan e-KTP karena pindah datang
- penerbitan e-KTP karena perubahan data
- penerbitan e-KTP karena perpanjangan bagi penduduk orang asing yang memiliki izin tinggal tetap.
- penerbitan e-KTP karena hilang atau rusak
- penerbitan e-KTP di luar domisili

"Perekaman dan penerbitan KTP-el baru oleh Disdukcapil Kabupaten/Kota di luar domisili dapat dilakukan dengan memenuhi persyaratan tidak melakukan perubahan data penduduk dan KK," bunyi Pasal 22.

Berikut syarat dan kondisi penerbitan e-KTP seperti tertulis dalam Perpres tersebut:

1. Penerbitan e-KTP baru
- Untuk WNI, syaratnya:
a. Telah berusia 17 tahun, sudah kawin, atau pernah kawin
b. KK

- Untuk penduduk orang asing yang memiliki izin tinggal tetap, syaratnya:
a. Telah berusia 17 tahun, sudah kawin, atau pernah kawin
b. KK
c. Dokumen Perjalanan
d. Kartu izin tinggal tetap

2. Penerbitan e-KTP karena pindah datang
- Untuk WNI, syaratnya:
a. Surat keterangan pindah dari Disdukcapil Kabupaten/Kota atau UPT Disdukcapil Kabupaten/Kota daerah asal
b. KK.

- Untuk WNI yang datang dari luar wilayah NKRI, syaratnya:
a. Surat keterangan pindah dari Perwakilan RI
b. KK

3. Penerbitan e-KTP karena pindah datang bagi penduduk orang asing yang memiliki izin tinggal tetap harus memenuhi persyaratan surat keterangan pindah.

4. Penerbitan e-KTP karena perubahan data bagi WNI atau penduduk orang asing yang memiliki izin tinggal tetap, syaratnya:
a. KK
b. e-KTP lama
c. Kartu izin tinggal tetap
d. Surat keterangan atau bukti perubahan Peristiwa Kependudukan dan Perubahan Penting

5. Penerbitan e-KTP karena perpanjangan bagi penduduk prang asing yang memiliki izin tinggal tetap, syaratnya:
a. KK
b. e-KTP lama
c. Dokumen Perjalanan
d. Kartu izin tinggal tetap.

6. Penerbitan e-KTP karena hilang atau rusak bagi WNI atau penduduk orang asing yang memiliki izin tinggal tetap, syaratnya:
a. Surat keterangan hilang dari kepolisian
b. e-KTP yang rusak
c. KK
d. Dokumen Perjalanan Republik Indonesia atau Dokumen Perjalanan
e. Kartu izin tinggal tetap.

Sebagai pembanding, dari sumber detikcom mengecek Perpres Nomor 25 Tahun 2008. Dalam Pasal 15 Perpres itu disebutkan sebagai berikut:

Penerbitan KTP baru bagi penduduk Warga Negara Indonesia, dilakukan setelah memenuhi syarat berupa: a. Telah berusia 17 (tujuh belas) tahun atau sudah kawin atau pernah kawin;

b. Surat Pengantar RT/RW dan Kepala desa/lurah;
c. Fotokopi:

1. KK;

2. Kutipan Akta Nikah/Akta Kawin bagi penduduk
 yang belum berusia 17 tahun;

3. Kutipan Akta Kelahiran; dan

d. Surat Keterangan Datang dari Luar Negeri yang diterbitkan oleh Instansi Pelaksana bagi Warga Negara Indonesia yang datang dari luar negeri karena pindah.

Sumber detikNews
Search
Menu
Theme
Share
Additional JS