Amalan di Malam Nisfu Syaban 2023: Cara Mendapat Pahala Berlimpah

 Malam Nisfu Syaban

Amalan di Malam Nisfu Syaban 2023: Cara Mendapat Pahala Berlimpah
Amalan di Malam Nisfu Syaban 2023: Cara Mendapat Pahala Berlimpah

Amalan malam Nisfu Syaban - comunitynews - Malam Nisfu Syaban 2023 jatuh pada tanggal 7 Maret 2023. Malam yang penuh keberkahan bagi umat Islam ini merupakan waktu yang tepat untuk mengerjakan amalan-amalan baik yang dapat mendatangkan pahala berlimpah. Dalam artikel ini, kami akan membahas beberapa amalan yang bisa dilakukan di malam Nisfu Syaban 2023.

1. Membaca Surat Yasin Tiga Kali

Salah satu amalan yang bisa dilakukan di malam Nisfu Syaban adalah membaca Surat Yasin sebanyak tiga kali. Membaca surat ini tiga kali memiliki makna yang berbeda. Pertama, membaca Surat Yasin untuk memohon agar diberikan panjang umur. Kedua, membaca Surat Yasin untuk menolak bala seumur hidup. Ketiga, membaca Surat Yasin untuk memohon kecukupan selama hidup.

2. Memperbanyak Istigfar

Di malam Nisfu Syaban, Allah turun ke dunia dan mengawasi seluruh makhluk-Nya. Oleh karena itu, salah satu amalan yang bisa dilakukan adalah memperbanyak bacaan istigfar. Dengan melantunkan istigfar sebanyak-banyaknya, kita akan mendapat pahala berlimpah dari Allah SWT.

3. Membaca Al-Quran

Membaca Al-Quran di malam Nisfu Syaban juga bisa mendatangkan pahala yang berlimpah. Selain membaca Surat Yasin, kita juga bisa membaca surat lainnya seperti Surat Al-Waqiah. Bagi yang membaca surat ini, rohnya akan dipermudah keluar dari jasadnya ketika meninggal dunia.

4. Berpuasa

Puasa di malam Nisfu Syaban juga dapat mendatangkan pahala yang berlimpah. Meskipun puasa adalah ibadah sunah, namun ketika dilakukan di malam Nisfu Syaban akan lebih istimewa. Oleh karena itu, kita disarankan untuk melaksanakan puasa di malam yang mulia ini.

5. Membaca Doa Nisfu Syaban

Di malam Nisfu Syaban, jangan lupa untuk membaca doa Nisfu Syaban. Berikut ini adalah lafaz doa Nisfu Syaban yang bisa kita baca:

Lafaz Doa Nisfu Syaban

اللّٰهُمَّ يَا ذَا الْمَنِّ وَلَا يُمَنُّ عَلَيْكَ يَا ذَا الْجَلَالِ وَالإِكْرَامِ يَا ذَا الطَوْلِ وَالإِنْعَامِ لَا إِلٰهَ إِلَّا أَنْتَ ظَهْرَ اللَّاجِيْنَ وَجَارَ المُسْتَجِيْرِيْنَ وَمَأْمَنَ الخَائِفِيْنَ اللّٰهُمَّ إِنْ كُنْتَ كَتَبْتَنَا عِنْدَكَ فِيْ أُمِّ الكِتَابِ أَشْقِيَاءَ أَوْ مَحْرُوْمِيْنَ أَوْ مُقَتَّرِيْنَ عَلَيْنَا فِي الرِزْقِ، فَامْحُ اللّٰهُمَّ فِي أُمِّ الكِتَابِ شَقَاوَتَنَا وَحِرْمَانَنَا وَاقْتِتَارَ رِزْقِنَا، وَاكْتُبْنَا عِنْدَكَ سُعَدَاءَ مَرْزُوْقِيْنَ مُوَفَّقِيْنَ لِلْخَيْرَاتِ فَإِنَّكَ قُلْتَ وَقَوْلُكَ الْحَقُّ فِيْ كِتَابِكَ المُنْزَلِ عَلَى لِسَانِ نَبِيِّكَ المُرْسَلِ: “يَمْحُو اللهُ مَا يَشَاءُ وَيُثْبِتُ وَعِنْدَهُ أُمُّ الكِتَابِ” وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمـَّدٍ وَعَلَى اٰلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ وَالْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ العَــالَمِيْنَ

Bacaan Latin: Allāhumma yā dzal manni wa lā yumannu ‘alaika yā dzal jalāli wal ikrām, yā dzat thauli wal in‘ām, lā ilāha illā anta zhahral lājīna wa jāral mustajīrīna, wa ma’manal khā’ifīn. Allāhumma in kunta katabtanā ‘indaka fī ummil kitābi asyqiyā’a au mahrūmīna au muqattarīna ‘alaynā fir rizqi, famhullāhumma fī ummil kitābi syaqāwatanā, wa hirmānanā waqtitāra rizqinā, waktubnā ‘indaka su‘adā’a marzūqīna muwaffaqīna lil khairāt. Fa innaka qulta wa qaulukal haqq fī kitābikal munzali ‘ala lisāni nabiyyikal mursali “Yamhullāhu mā yasyā’u wa yutsbitu wa ‘indahū ummul kitāb.” Wa shallallāhu ‘alā sayyidinā Muhammadin wa ‘alā ālihī wa shahbihī wa sallama, walhamdulillāḥi rabbil ‘ālamīn.

Artinya: “Wahai Tuhanku yang maha pemberi, Engkau tidak diberi. Wahai Tuhan pemilik kebesaran dan kemuliaan. Wahai Tuhan pemilik kekayaan dan pemberi nikmat. Tiada Tuhan selain Engkau, kekuatan orang-orang yang meminta pertolongan, lindungan orang-orang yang mencari perlindungan, dan tempat aman orang-orang yang takut.

Ya Allah Tuhanku, jika Engkau telah menetapkan diriku di dalam Ummul Kitab (Lauh Mahfuz) yang berada di sisiMu sebagai orang yang celaka, terhalang, terusir atau disempitkan rezekinya sudilah kiranya Engkau menghapuskan.

Ya Allah Tuhanku, berkat karuniaMu apa yang ada dalam Ummul Kitab yaitu perihal diriku sebagai orang yang celaka, terhalang, terusir dan sempit rezeki. Dan sudilah kiranya Engkau menetapkan di dalam Ummul Kitab yang ada di sisiMu agar aku menjadi orang yang berbahagia, mendapat rezeki yang banyak lagi beroleh kesuksesan dalam segala kebaikan karena sesungguhnya Engkau telah berfirman di dalam kitabMu dan firmanMu adalah benar yang diturunkan melalui lisan Nabi yang Engkau utus. Allah menghapuskan apa yang Dia kehendaki dan menetapkan, dan di sisiNya ada Ummul Kitab.

Ya Tuhanku, berkat penampilan yang Mahabesar (dari rahmatMu) pada malam pertengahan bulan Syaban yang mulia ini diperincikanlah segala urusan yang ditetapkan dengan penuh kebijaksanaan. Sudilah kiranya Engkau menghindarkan diriku dari segala bencana yang aku ketahui dan yang tidak kuketahui serta yang lebih Kau ketahui (daripadaku), dan Engkau Maha Mengetahui segala yang gaib, berkat rahmatMu wahai yang maha penyayang di antara para penyayang."

"Ya Allah, Engkau yang Maha Pemurah dan tak ada yang dapat memberi rahmat selain dari-Mu. Ya Allah, Engkau yang Maha Agung dan Maha Mulia. Engkau Maha Panjang Umur dan Maha Memberi. Tiada Tuhan selain Engkau. Engkau pelindung orang-orang yang teraniaya, tempat berlindung orang-orang yang meminta perlindungan dan tempat aman bagi orang-orang yang takut. Ya Allah, jika kami telah tertulis di dalam kitab-Mu sebagai orang-orang yang celaka, yang dirahmati dan yang dinafkahkan, maka jadikanlah kami sebagai orang-orang yang dirahmati, ya Allah!"

Demikian beberapa amalan yang bisa dilakukan di malam Nisfu Syaban 2023.

0 Response to "Amalan di Malam Nisfu Syaban 2023: Cara Mendapat Pahala Berlimpah"

Iklan Atas artikel




Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Loading...

Iklan Bawah Artikel

Loading...