Manfaat dan Jadwal Puasa Ayyamul Bidh Agustus 2023 untuk Kesejahteraan Spiritual Anda

 Puasa Ayyamul Bidh 

Puasa Ayyamul Bidh
Ilustrasi: Manfaat dan Jadwal Puasa Ayyamul Bidh Agustus 2023 untuk Kesejahteraan Spiritual Anda

Puasa Ayyamul Bidh - comunitynews - Puasa Ayyamul Bidh Agustus 2023 tidak hanya sebuah kewajiban sunah, tetapi juga memiliki sejumlah keutamaan yang patut dipahami. Apabila Anda berniat untuk menjalankan puasa Ayyamul Bidh, mari simak selengkapnya mengenai informasi yang penting ini.

Mengenal Puasa Ayyamul Bidh: Menyucikan Jiwa dan Menemukan Hikmahnya


Menurut laman resmi NU, puasa Ayyamul Bidh merupakan bentuk puasa sunah yang dianjurkan untuk dilakukan selama tiga hari berturut-turut, yaitu pada tanggal 13, 14, dan 15 Hijriyah. Untuk tahun ini, puasa Ayyamul Bidh Agustus 2023 jatuh pada tanggal 13, 14, dan 15 bulan Safar.

 Jadwal Puasa Ayyamul Bidh Agustus 2023: Waktu yang Tepat untuk Beribadah


Mengacu pada kalender Hijriah yang dikeluarkan oleh Kementerian Agama RI, puasa Ayyamul Bidh Agustus 2023 akan dimulai pada hari Rabu (30/8/2023) dan Kamis (31/8/2023). Ibadah puasa ini juga akan berlanjut hingga hari Jumat (1/9/2023).

 Keutamaan Berharga dari Puasa Ayyamul Bidh Agustus 2023


Puasa Ayyamul Bidh memiliki sejumlah keutamaan, salah satunya adalah setara dengan pahala puasa sepanjang tahun. Ini berarti, jika Anda melaksanakan puasa Ayyamul Bidh selama tiga hari berturut-turut, pahalanya seakan-akan setara dengan pahala berpuasa sepanjang satu tahun penuh.

Tidaklah berlebihan jika hal ini didasarkan pada hadits Nabi Muhammad SAW yang berbunyi, "Siapa saja yang berpuasa tiga hari dari setiap bulan, maka puasa tersebut seperti puasa sepanjang tahun." (HR Ibnu Majah dan at-Tirmidzi)

 Niat Puasa Ayyamul Bidh: Langkah Awal yang Bermakna


Bagi Anda yang berniat melaksanakan puasa Ayyamul Bidh, di bawah ini adalah niat yang tepat, sebagaimana dikutip dari website NU.

"نَوَيْتُ صَوْمَ أَيَّامِ الْبِيْضِ لِلّٰهِ تَعَالَى"

Artinya, "Saya niat puasa Ayyamul Bidh (hari-hari yang malamnya cerah), karena Allah ta’âlâ."

Ingatlah bahwa membaca niat puasa Ayyamul Bidh sebaiknya dilakukan dengan lantang, bukan hanya dalam hati, dan boleh dibaca mulai dari malam hari hingga sebelum fajar menyingsing.

 Jadwal Puasa Ayyamul Bidh Agustus-September 2023: Tetap Patuhi Ibadah Anda

Berikut adalah jadwal puasa Ayyamul Bidh untuk bulan Agustus hingga September 2023:


  • 13 Safar 1445 H : Rabu, 30 Agustus 2023
  • 14 Safar 1445 H : Kamis, 31 Agustus 2023
  • 15 Safar 1445 H : Jumat, 1 September 2023

Demikianlah informasi mengenai niat, keutamaan, dan jadwal puasa Ayyamul Bidh Agustus 2023 dan September 2023. Semoga Anda dapat menjalankan ibadah ini dengan penuh keikhlasan dan mendapatkan manfaat yang besar bagi kesejahteraan spiritual Anda.

0 Response to "Manfaat dan Jadwal Puasa Ayyamul Bidh Agustus 2023 untuk Kesejahteraan Spiritual Anda"

Iklan Atas artikel




Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Loading...

Iklan Bawah Artikel

Loading...