0
Home  ›  1syawal  ›  cuti lebaran  ›  hilal  ›  Idul Fitri  ›  kemenag  ›  lebaran  ›  sidang isbat

Raya Idul Fitri Tanggal Berapa? Kemenang Akan Melangsungkan Sidang Isbat

"Raya Idul Fitri Tanggal Berapa,kapan tanggal 1 Syawal 2022, kemungkinan lebaran tanggal berapa,1 Syawal jatuh tanggal berapa,hari raya jatuh tanggal,"

 

Raya Idul Fitri Tanggal Berapa? Kemenang Akan Melangsungkan Sidang Isbat


Raya Idul Fitri Tanggal Berapa - comunitynews -  Pemerintahan akan memutuskan Hari Raya Idul Fitri 2022 jatuh pada tanggal berapa. Apa seperti saat penentuan 1 Ramadhan 1443 H, penentuan 1 Syawal akan mempunyai ketidaksamaan realisasinya, atau malah akan jatuh di tanggal yang serupa?


Kementerian Agama (Kemenag) sudah mengatakan akan melangsungkan sidang isbat pada tanggal 1 Mei 2022, sama seperti dengan NU. Sidang isbat itu untuk tentukan Hari Raya Idul Fitri 2022 jatuh pada tanggal berapa. Dan Muhammadiyah sudah mengatakan jika 1 Syawal jatuh pada tanggal 2 Mei 2022.


Hari Raya Idul Fitri Jatuh Pada Tanggal Berapa?


Dirjen Bimas Islam Kemenag, Kamaruddin Amin mengatakan jika secara hisab status hilal di Indonesia saat sidang isbat awalnya Syawal 1443 H kedepan, telah penuhi persyaratan baru yang diputuskan MABIMS (Menteri Agama Brunei, Indonesia, Malaysia, dan Singapura).


Di Indonesia, pada 29 Ramadhan 1443 H yang bersamaan dengan tanggal 1 Mei 2022, dijumpai jika tinggi hilal di antara 4 derajat 0,59 menit sampai 5 derajat 33,57 menit dengan pojok elongasi di antara 4,89 derajat sampai 6,4 derajat. Itu maknanya, secara hisab, pada hari itu status hilal awalnya Syawal di Indonesia telah masuk ke persyaratan baru MABIMS.


Menurut persyaratan baru MABIMS, imkanur rukyat dipandang sudah penuhi persyaratan bila status hilal capai ketinggian 3 derajat dengan pojok elongasi 6,4 derajat. Persyaratan ini ialah penyempurnaan dari persyaratan awalnya, yakni 2 derajat dengan pojok elongasi 3 derajat yang mendapatkan saran dan kritikan.


Kamaruddin menambah, jika Pemerintahan Indonesia akan mengadakan Sidang Isbat, dengan memakai sistem hisab dan rukyat, di mana status hilal Syawal akan dipresentasikan oleh Team Unifikasi Kalender Hijriyah yang seterusnya menanti laporan rukyat dari semua Indonesia.


Hasil dari Sidang Isbat itu, karena itu bisa dijumpai Hari Raya Idul Fitri 2022 jatuh pada tanggal berapa.


Penerapan Sidang Isbat


Kementerian Agama akan melangsungkan Sidang Isbat (penentuan) 1 Syawal 1443 H pada hari Minggu, 1 Mei 2022 petang. Sidang yang berjalan di Auditorium HM Rasjidi Kementerian Agama ini akan didului dengan proses penilaian hilal yang sudah dilakukan di 99 titik lokasi di semua Indonesia.


Hasil keputusan Sidang Isbat akan dikatakan dalam pertemuan jurnalis yang disiarkan langsung oleh TVRI sebagai tv pool. Sidang isbat diadakan untuk tentukan Hari Raya Idul Fitri 2022 jatuh pada tanggal berapa.


Liburan dan Cuti Lebaran 2022


Walau keputusan Hari Raya Idul Fitri 2022 jatuh pada tanggal berapa belum final, tetapi pemerintahan sudah mengeluarkan Surat ke SKB berkaitan liburan Lebaran dan cuti bersama Lebaran 2022.


Pemerintahan lewat Surat Keputusan Bersama (SKB) tiga menteri memutuskan liburan Hari Raya Idul Fitri pada 1443 H pada tanggal 2-3 Mei 2022. Dalam pada itu, cuti bersama berjalan sepanjang tiga hari, yakni pada tanggal 4-6 Mei 2022.


Begitu keterangan berkenaan Hari Raya Idul Fitri 2022 jatuh pada tanggal berapa. Warga disuruh sabar menanti hasil sidang isbat pada 1 Mei 2022 kedepan.

Post a Comment
Search
Menu
Theme
Share
Additional JS