-->

Notification

×

Iklan

iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Sholat Tarawih Sendiri Saat Bulan Ramadhan Adalah Sunnah Muakkad

Wednesday, April 6, 2022 | 3:33 AM WIB Last Updated 2022-04-05T20:33:55Z
iklan

 


Sholat tarawih sendiri terhitung dalam beribadah di malam hari bulan Ramadan yang hukumnya sunnah muakkad. Cara sholat tarawih menurut Ustaz Syaifurrahman El-Fati dalam buku Tutorial Shalat Ringkas dan Komplet, bisa ditangani sendiri di dalam rumah.


Ini didasari dari salah satunya info hadits Rasulullah SAW. Beliau kerjakan sholat tarawih di dalam rumah karena mencemaskan kaum muslim yang lain memandang sholat tarawih sebagai sholat fardhu.


مَا زَالَ بِكُمُ الَّذِى رَأَيْتُ مِنْ صَنِيعِكُمْ ، حَتَّى خَشِيتُ أَنْ يُكْتَبَ عَلَيْكُمْ ، وَلَوْ كُتِبَ عَلَيْكُمْ مَا قُمْتُمْ بِهِ فَصَلُّوا أَيُّهَا النَّاسُ فِى بُيُوتِكُمْ ، فَإِنَّ أَفْضَلَ صَلاَةِ الْمَرْءِ فِى بَيْتِهِ ، إِلاَّ الصَّلاَةَ الْمَكْتُوبَةَ


Maknanya: "Kalian masih lakukan apa yang saya saksikan dari sikap kalian. Saya cemas sholat ini akan diharuskan untuk kalian. Jika sholat tarawih diharuskan, kalian tidak dapat melakukan. Sebaiknya kalian shalat di beberapa rumah kalian karena sebenarnya sholat seorang yang terbaik ialah di tempat tinggalnya terkecuali sholat fardhu." (HR Bukhari).


Untuk pembuatan jumlah rakaatnya, ada beberapa ketidaksamaan opini di kelompok ulama. Meskipun begitu, Ibnu Taimiyah dalam Fataawaa Ibnu Taimiyyah menjelaskan, semua opini masalah jumlah rakaat sholat tarawih itu baik dan bagus.


Imam Ahmad menambah, sebenarnya sholat qiyam atau sholat malam pada bulan Ramadhan tidak ditetapkan rakaatnya. Tetapi, dalam salah satunya hadits yang diriwayatkan dari istri Rasulullah SAW, Aisyah RA, Rasulullah SAW pernah kerjakan sholat tarawih 8 rakaat dengan 3 rakaat sholat witir yang selanjutnya jadi 11 rakaat sholat.


Diambil dari buku Bimbingan Sholat Sunnah Tarawih oleh Shabri Shaleh Anwar, sholat tarawih bisa ditangani dengan tiap 2 rakaat lalu salam atau tiap 4 rakaat lalu salam tanpa tasyahud awalnya. Satu diantaranya seperti yang diajarkan Rasulullah ini.


عَنِ ابْنِ عُمَرَ أَنَّ رَجُلاً سَأَلَ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- عَنْ صَلاَةِ اللَّيْلِ فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « صَلاَةُ اللَّيْلِ مَثْنَى مَثْنَى فَإِذَا خَشِىَ أَحَدُكُمُ الصُّبْحَ صَلَّى رَكْعَةً وَاحِدَةً تُوتِرُ لَهُ مَا قَدْ صَلَّى »


Maknanya: Dari Ibnu 'Umar RA, ada seorang menanyakan ke Rasulullah SAW berkenaan shalat malam, Rasulullah SAW menjawab, "Sholat malam itu dua rakaat salam, dua rakaat salam. Bila salah seorang dari kalian cemas masuk Shubuh, lakukan sholat satu rakaat memiliki arti kamu menjadikan witir pada shalat yang sudah dilaksanakan." (HR Bukhari).


Bagaimana cara sholat tarawih 8 dan 11 rakaat di dalam rumah sendiri?


A. Cara sholat tarawih 8 rakaat dengan 2 rakaat salam


1. Membaca niat sholat tarawih


اُصَلِّى سُنَّةَ التَّرَاوِيْحِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءً لِلهِ تَعَالَى


Bacaan latin: Ushalli sunnatat tarāwīhi rak'atayni mustaqbilal qiblati adāan lillāhi ta'ālā


Maknanya: "Saya punya niat sholat sunah tarawih dua rakaat dengan menghadap kiblat, tunai karena Allah SWT."


2. Takbiratul ihram


3. Baca ta'awudz dan Surat Al-Fatihah


4. Teruskan dengan membaca salah satunya surat pendek Al Quran


5. Rukuk


6. Iktidal


7. Sujud pertama


8. Duduk antara dua sujud


9. Sujud ke-2


10. Duduk istirahat atau duduk sesaat saat sebelum bangun untuk kerjakan rakaat ke-2


11. Bangun dari duduk, lalu kerjakan rakaat ke-2 dengan pergerakan yang serupa dengan rakaat pertama


12. Salam pada rakaat ke-2


13. Ulang pergerakan yang serupa sampai 3x atau 8 rakaat


14. Istighfar dan disarankan membaca doa kamilin sesudah usai sholat tarawih


B. Cara sholat tarawih 11 rakaat yang diteruskan dengan witir


1. Selesai kerjakan sholat tarawih 8 rakaat, selanjutnya bangun kembali dengan sholat witir 3 rakaat


2. Membaca niat


3. Takbiratul Ihram


4. Membaca surat Al-Fatihah


5. Membaca surat pendek


6. Rukuk


7. Iktidal (membaca doa qunut pada rakaat terakhir)


8. Sujud


9. Takhiyat akhir


10. Salam


Sesudah salam, umumnya cara sholat tarawih 11 rakaat dituruti dengan sholat witir ditutup dengan membaca doa sesudah sholat witir. Bacaan doanya bisa disamakan dengan info dalam hadits Rasulullah SAW.


Tag : 


witir,malam,sunnah,rasulullah, saw,nabi, muhammad,rakaat,sendiri,ramadan, 2022,

×
Berita Terbaru Update