-->

Notification

×

Iklan

iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Ayam Berformalin di Neglasari Tangerang, Polisi Lakukan Rekonstruksi Ahirnya Pelaku Kini Diamankan

Friday, May 6, 2022 | 2:29 PM WIB Last Updated 2022-05-06T07:35:08Z
iklan

 

ayam berformalin,ciri ciri ayam berformalin,ciri ayam formalin,ciri daging ayam berformalin,


Ayam berformalin - Tangerang - ahirnya Polisi lakukan reka-ulang atau rekonstruksi kasus ayam potong yang memiliki kandungan formalin di daerah Neglasari, Kota Tangerang, Banten, Kamis, 5 Mei 2022.


Keyword : ayam berformalin,ciri ciri ayam berformalin,ciri ayam formalin,ciri daging ayam berformalin,(red diluar fresreales)


Praktek ayam potong yang digabung formalin disergap Polsek Neglasari pada Sabtu, 30 April 2022 kemarin. Dari penangkapan itu, 3 orang ditetapan sebagai terdakwa


Rekonstruksi diawali di saat beberapa aktor masukkan ayam potong ke boks plastik berisi air yang sudah digabung formalin.


Kapolsek Neglasari Kompol Putra Pratama menjelaskan, ke-3 terdakwa ditahan karena tindak pidana di bagian pangan dan tindak pidana pelindungan customer.


Kasus itu tersingkap saat polisi mendapatkan info dari warga berkenaan dua lokasi usaha ayam potong yang diperhitungkan memakai bahan formalin di Daerah Kedaung Wetan Neglasari.


"Urutan awalnya kasus berawal dari info warga mengenai ada ruang usaha ayam potong yang memakai bahan beresiko formalin. Informasi itu kami olah dan hasilnya benar dan anggota Polsek Neglasari sukses tangkap 3 orang terdakwa di ruang usaha pemangkasan," kata Putra


Ke-3 aktor mengaku jika pemangkasan ayam itu telah bekerja sepanjang 6 tahun. Ayam potong yang telah berformalin lalu dipasarkan ke Pasar Babakan Tangerang.


"Tujuan dan maksud beberapa terdakwa memakai formalin itu cuma supaya ayam potong dapat bertahan semakin lama atau tahan lama dan daging ayam itu tidak benyek," ungkapkan Putra.


Polisi lakukan peningkatan kasus pada pemasok formalin ke beberapa pebisnis ayam potong.


"Sukses diamankan terdakwa SUM alias Bodrex dan dijumpai tanda bukti tujuh jeriken ukuran lima liter berisi cairan formalin," tambahnya.


Hasil pengetesan formalin pada dua contoh ayam potong dari 2 TKP yang sudah dilakukan oleh Dinas Ketahanan Pangan Kota Tangerang hasilnya positif.


"Ciri ciri ayam berformalin (Red) sudah dilaksanakan uji test formalin oleh team tes rapid tes kit formalin Dinas Ketahanan Pangan Kota Tangerang dengan hasil yang positif memiliki kandungan formalin baik di kulit atau di daging ayam," menurut Putra membeberkan.


Ke-3 terdakwa dijaring Pasal 136 Huruf B Jo pasal 75 ayat (1) UU RI Nomor 18 Tahun 2012 mengenai Pangan dan atau Pasal 62 ayat (1) jo Pasal 8 ayat (1) UU RI Nomor 6 Tahun 1999 mengenai Pelindungan Customer jo Pasal 55 ayat (1) ke 1 KUHP.


"Atas tindakannya beberapa terdakwa ini terancam pidana penjara paling lama lima tahun atau denda terbanyak sepuluh miliar rupiah," kata Putra.


Ciri-Ciri Ayam Formalin yang berhasil dirangkum dari beberapa sumber


A. Bila di cium dagingnya akan bau obat.


B.Warna kulitnya lebih pucat dibandingkan daging ayam fresh.


C. Kulitnya tidak lentur (cukup kuat).


D. Di bagian paha sampai kaki kelihatan kaku.


Berikut sebagai ciri dari daging ayam fresh, daging ayam berformalin, daging ayam suntik, dan daging ayam tiren yang diambil dari account media sosial sah Pusat Pelayanan Kesehatan Hewan dan Peternakan (PPKHP) Dinas KPKP DKI Jakarta @pusyankeswannak.jakarta :


1. Ayam Fresh atau segar


A. Warna daging kelihatan putih kemerahan, berasa kesat


B. Warna kulit kelihatan putih kekuningan. Warna kuning itu ialah serat-serat lemak ayam.


C. Permukaan kulit bersih tanpa bintik darah atau kotoran.


D. Tidak tercium berbau menusuk, kalaulah amis masih juga dalam batasan lumrah.


E. Tak ada air yang keluar rongga perut.


2. Ayam Berformalin


- Ayam berformalin sebagai daging ayam yang diberi zat pengawet formalin supaya lebih bertahan lama.


- Daging yang semestinya membusuk dalam dua hari pada suhu ruangan, akan kelihatan masih tetap 'segar'.


- Ciri-cirinya salah satunya seperti warna kulit kelihatan putih pucat tetapi mengilat, tidak ada satu juga lalat disekitaran ayam, struktur ayam condong kuat dan sisi paha sampai kaki berasa kaku waktu dipegang.


- Disamping itu umumnya tercium berbau ciri khas kimia atau obat.


3. Ayam Suntik


Ayam suntik ialah ayam yang disuntikkan air atau beberapa zat cair tertentu supaya kelihatan lebih gendut, berat, dan mengilap.


Ciri-cirinya :


- Tekstur ayam basah seperti habis disiram, saat diangkat ayam condong teteskan banyak air.


- Terdapat kubangan air besar atau kecil disekitaran badan ayam.


- Kulit ayam kelihatan mengilat tetapi tidak kesat.


- Jika didesak akan berasa kuat.


- Terasa berat saat diangkat.


4. Ayam Tiren


Ayam tiren ialah panggilan untuk daging ayam yang mati tanpa proses pemangkasan. Disebutkan tiren, karena kependekan 'mati kemaren' karena hewan tidak dirawat secara baik, atau terserang penyakit.


Ayam tiren, mempunyai potensi menyebarkan penyakit bila dikonsumsi


Ciri-cirinya ada bintik merah di leher atau kepala ayam, warna daging condong kelihatan kebiruan, pucat, tidak fresh.


Disamping itu, daging ayam mempunyai irisan yang tidak lebar pada bagian leher dan berbau amis condong busuk.


Nach itulah beberapa ciri daging ayam yang fresh, suntikan, formalin, dan ayam tiren. Saat sebelum beli di pasar, sebaiknya Anda mengenalnya supaya tidak salah saat menentukan kualitas daging ayam.

×
Berita Terbaru Update