0
Home  ›  libur sekolah diperpanjang  ›  pendidikan

Libur Sekolah Diperpanjang di 3 Propinsi Guna Antisipasi Arus Balik Lebaran

"Libur sekolah diperpanjang - comunitynews - Pemerintahan telah membuat aturan sah terkini mengenai periode libur sekolah pelajar di Indonesia"

 

Libur sekolah diperpanjang
Ilustrasi : Libur Sekolah Diperpanjang di 3 Propinsi Guna Antisipasi Arus Balik Lebaran


Libur sekolah diperpanjang - comunitynews - Pemerintahan telah membuat aturan sah terkini mengenai periode libur sekolah pelajar di Indonesia pada periode Lebaran 2022.


Lewat keputusan yang dibuat oleh Kementerian Pengajaran Kebudayaan Penelitian dan Tehnologi (Kemendikbudristek), pemerintahan perpanjang libur sekolah pelajarh sekitar 3 hari.


Semula beberapa pelajar diwajibkan masuk sekolah pada Senin, 9 Mei 2022 sama dengan beberapa karyawan kantoran.


Karena ada aturan baru, karena itu libur sekolah pelajar di Indonesia diperpanjang sampai 12 Mei 2022.


Diambil dari beberapa sumber pada Jumat, 6 Mei 2022, Eksekutor pekerjaan (Plt) Kepala Agen Kerja Sama dan Humas Kemendikbudristek, Anang Ristato menjelaskan berdasar kalender pengajaran, semestinya anak-anak kembali bersekolah pada Senin 9 Mei 2022.


Tetapi, lanjut ia, sesudah bekerjasama dengan Kementerian Perhubungan karena kemacetan di saat arus mudik Lebaran, pada akhirnya faksi Kemendikbudristek memberi tambahan waktu libur sepanjang 3 hari.


"Kemendikbudristek tindak lanjuti dengan bekerjasama bersama Pemerintahan Propinsi DKI Jakarta, Jawa Barat dan Banten untuk memberi elastisitas tambahan periode libur sekolah sepanjang 3 hari sampai 12 Mei 2022," papar Anang.


Anang menyebutkan Kemendikbudristek menyikapi dengan positif hasil koordinir dengan Kementerian Perhubungan.


Karena hal itu, libur sekolah saat Lebaran 2022 diperpanjang supaya warga dapat pulang ke wilayah aslinya melewati tanggal 9 Mei 2022 dan menghindar pucuk arus balik.


Peraturan ini sebagai animo Kemendikbudristek ke Kementerian Perhubungan (Kemenhub) untuk mengurai kemacetan yang terjadi pada arus balik Lebaran 2022.


Menurut Anang, keputusan tambahan waktu libur untuk beberapa siswa akan disosialisasikan ke pemda di Jabodetabek.


"Keputusan ini akan disosialisasikan oleh pemda untuk diaplikasikan seperti mestinya," katanya kembali.


Agenda Libur Masuk Sekolah di Undur di DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten:


1. Propinsi DKI Jakarta


Dinas Pendidikan DKI Jakarta pastikan Evaluasi Tatap Muka (PTM) akan dikerjakan sesudah liburan Lebaran 2022, mulai Kamis, 12 Mei 2022.


Kasubag Humas Disdik DKI Jakarta, Taga Radja, menjelaskan agenda masuk sekolah ikuti ketetapan yang tercantum pada Surat Edaran nomor 13504/1.851 mengenai Aktivitas Akhir Tahun Pelajaran 2021/2022.


2. Propinsi Jawa Barat


Dinas Pendidikan Jawa Barat sudah keluarkan surat edaran berkaitan agenda masuk sekolah sesudah liburan Lebaran.


Dalam surat edaran itu, peserta didik di Jawa Barat akan masuk sekolah pada Kamis, 12 Mei 2022.


Mengarah pada kalender pendidikan Jawa Barat awalnya, pelajar SMA, SMK dan SLB, akan balik masuk sekolah pada Rabu, 11 Mei 2022.


Dalam pada itu, untuk unit pendidikan SD dan SMP akan balik masuk sekolah pada Senin, 9 Mei 2022, bertepatan dengan masuknya hari kerja sesudah pascacuti bersama Idulfitri.


Kepala Dinas Pendidikan Jawa barat, Dedi Supandi, menjelaskan ditundanya agenda masuk sekolah di Jawa Barat sesudah Lebaran dalam rencana tindak lanjuti instruksi Presiden Joko Widodo (Jokowi).


"Dalam rencana menindaklajuti instruksi dari Bapak Presiden karena itu Disdik Jawa Barat sudah menebarkan edaran ke kabupaten/kota."


"Hingga kembali masuk sekolah pada 12 Mei 2022," tutur Dedi Supandi, Rabu (4/5/2022), diambil dari TribuneJabar.id.


Dedi ajak ke pelajar atau tenaga kependidikan di Jawa Barat supaya ikut menghindar arus mudik sama seperti yang disarankan oleh Presiden.


"Karena diprediksikan akan banyak kendaraan yang hendak masuk ke Jawa barat terutamanya di tanggal 6, 7, 8 Mei."


"Karenanya Disdik Jawa barat keluarkan edaran supaya kembali masuk sekolah pada 12 Mei 2022 ini," ucapnya.


3. Propinsi Banten


Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Propinsi Banten memilih untuk perpanjang waktu liburan Lebaran untuk tingkatan SMA-SMK.


Kepala Disdikbud Banten, Tabrani, menjelaskan keputusan untuk mengundur agenda masuk SMA-SMK yang sebelumnya 9 Mei jadi 12 Mei 2022 sama sesuai instruksi dari pemerintahan pusat.


Peraturan ini untuk memperkirakan kemacetan arus balik Lebaran.


"Ini (pemunduran masuk sekolah) peraturan pusat, wilayah tepian seperti DKI Jakarta, Banten."


"Pak Dirjen (PAUD Dikdasmen) arahkan supaya masuk (sekolahnya) ditunda jadi tanggal 12 Mei," kata Tabrani.


Tabrani menerangkan, peraturan itu dibentuk supaya tidak ada kepadatan arus jalan raya di daerah Banten saat arus balik.


Diharap, masyarakat di daerah Tangerang Raya yakni Kabupaten Tangerang, Tangerang Selatan, Kota Tangerang pulang dari daerah halamannya tidak secara bertepatan.


"Maka peraturan itu diharap bisa kurangi kepadatan jalan raya karena kembalinya serempak pada tanggal 8 Mei," tutur Tabrani.


Tabrani menambah, surat edaran berkaitan peraturan itu telah ditebarluaskan lewat UPT Disdikbud Banten supaya dilanjutkan pada pihak sekolah untuk menyampaikan kabar ke beberapa orang-tua pelajar dan anak didik.


Perkiraan Arus Balik Lebaran 2022


Presiden Joko Widodo menghimbau ke warga supaya lakukan perjalanan arus balik lebaran 2022 saat sebelum atau sesudah pucuk arus balik.


"Saya ingin mengingati jika Pemerintahan meramalkan pucuk arus balik bisa terjadi di tanggal 6, 7, dan 8 Mei 2022


"Untuk menghindar kepadatan arus balik dan supaya kita nyaman di perjalanan, saya menghimbau dan ajak bapak/ibu/saudara-saudara yang lakukan perjalanan dengan kendaraan individu supaya kembali lebih cepat atau kembali sesudah pucuk arus balik. Tentu saja sesuai ijin yang didapat dari tempat kerja," jelas Presiden Jokowi lewat siaran YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (3/5/2022).


"Satu kali lagi, pemerintahan akan berusaha lakukan yang terbaik untuk warga terhitung atur perjalanan arus balik dengan management jalan raya untuk mengurai kemacetan."


"Peraturan ganjil genap, ketentuan one way, dan larangan truk masuk jalan tol tetap diterapkan. Semua dilaksanakan supaya warga masih tetap nyaman."

Post a Comment
Search
Menu
Theme
Share
Additional JS