-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Hari Donor Darah Sedunia 2022 Diperingati 14 Juni

Tuesday, June 14, 2022 | 2:41 PM WIB Last Updated 2022-06-14T07:41:48Z
iklan

 

Hari Donor Darah Sedunia 2022 Diperingati 14 Juni
Hari Donor Darah Sedunia 2022 Diperingati 14 Juni

Hari Donor Darah Sedunia - Comunitynews - Tanggal 14 Juni mengingati hari apa? Tanggal itu diperingati sebagai Hari Donor Darah Sedunia. Peringatan itu ialah wujud animo ke beberapa pendonor yang menyumbang darahnya untuk menolong setiap orang.


Lantas apa itu peringatan Hari Donor Darah Sedunia? Check infonya berikut ini.


Tanggal 14 Juni Mengingati Hari Apa? Hari Donor Darah Sedunia


Mencuplik dari situs World Health Organization (WHO), tanggal 14 Juni ialah Hari Donor Darah Sedunia yang diperingati tiap tahun oleh penjuru dunia. Peringatan itu mempunyai tujuan untuk tingkatkan kesadaran akan keutamaan darah untuk tubuh manusia.


Disamping itu, peringatan ini jadi gelaran animo ke beberapa pendonor yang suka-rela mendonorkan darahnya untuk selamatkan banyak nyawa yang memerlukan darah. Dijumpai jika darah ialah sisi penting yang mengucur di tubuh manusia.


Riwayat Hari Donor Sedunia


Hari Donor Darah Sedunia dikenalkan pertama kalinya di tanggal 14 Juni tahun 2004. Diambil dari web sah WHO, tanggal ini diputuskan atas persetujuan beberapa organisasi seperti WHO, Liga Internasional Palang Merah dan Bulan Sabit Merah, Liga Internasional Organisasi Donor Darah, dan Perhimpunan Internasional Transfusi Darah.


Lalu di tahun 2005, WHO memutuskan Hari Donor Darah Sedunia sebagai acara global nasional lewat Majelis kesehatan Dunia ke 58. Selain itu, tanggal 14 Juni ialah hari ulang tahun Karl Landsteiner (1868-1943), seorang pakar biologi dan dokter Austria yang dipandang seperti "pendiri" transfusi darah kekinian.


Landsteiner mendapati kelompok darah ABO pada tahu 1901, selanjutnya dia meningkatkan mekanisme kategorisasi kelompok darah dan megindentifikasinya. Selanjutnya di tahun 1937 bersama dengan Alexander S Wiener, Landsteiner mendapati factor Rhesus yang memungkinkannya dokter untuk mentransfusikan darah tanpa mencelakakan nyawa pasien.


Peringatan Hari Donor Darah Sedunia 2022


Di tahun ini, WHO akan mengingati Hari Donor Darah Sedunia 2022 dengan negara Mexico sebagai tuan-rumah, berada di Pusat Darah Nasional Mexico City. Diambil dari situs sah WHO, Hari Donor Darah Sedunia 2022 mengusung topik "World Blood Donor Day 2022: Donating blood is an act of solidarity. Gabung the usaha and save lives".


Topik itu disimpulkan jadi "Hari Donor Darah Sedunia 2022: Mendonorkan Darah Ialah Tindakan Kebersamaan. Bersatulah Dengan Usaha dan Menyelamatkan Nyawa". Topik ini jadi jargon kampanye dari WHO yang mempunyai tujuan untuk mengundang perhatian pada peranan pendonor darah yang suka-rela dalam selamatkan nyawa manusia dan tingkatkan kebersamaan dalam komune untuk dapat lakukan donor darah.


Kehadiran Hari Donor Darah Sedunia 2022 pastikan jika tiap orang yang memerlukan transfusi mempunyai akses ke darah yang aman. Semua negara memerlukan donor darah suka-rela tanpa bayaran yang memberi darah dengan teratur.


"Program donor darah yang efisien, yang diidentikkan oleh keterlibatan warga yang luas dan aktif, penting dalam penuhi keperluan transfusi darah selama saat damai atau sepanjang kondisi genting atau musibah, saat ada kenaikan keinginan darah atau saat normal operasi," demikianlah yang ditulis WHO.


Serangkaian Aktivitas Hari Donor Darah Sedunia


Dikutip dari web sah WHO, ada banyak aktivitas yang hendak dilaksanakan pada Hari Donor Darah Sedunia 2022. Berikut rinciannya.


  1. Menebarluaskan narasi ke beragam media mengenai beberapa orang yang sudah ditolong nyawanya lewat donor darah sebagai langkah untuk berikan motivasi beberapa pendonor darah teratur untuk selalu mendonorkan darahnya.
  2. Upacara penghargaan donor.
  3. Kampanye Hari Donor Darah Sedunia 2022 lewat tayangan media khusus dan posting sosial media yang tampilkan donor darah pribadi dengan jargon.
  4. Melangsungkan tatap muka dan lokakarya, dan acara musik dan seni untuk mengucapkan terima kasih ke pendonor darah dan rayakan kebersamaan tindakan donor darah.
  5. Memberi warna monumen dengan iconic warna merah.


Maka tanggal 14 Juni mengingati hari apa? WHO memutuskan tanggal 14 Juni sebagai Hari Donor Darah Sedunia. Mudah-mudahan berguna!

×
Berita Terbaru Update