Cara Tayamum yang Baik dan Benar yang perlu diketahui

 

cara tayamum
Cara Tayamum yang Baik dan Benar yang perlu diketahui


cara tayamum - comunitynews - Tayamum adalah salah satu cara yang diijinkan dalam agama Islam untuk membersihkan diri dari hadas (najis) atau ketika air tidak tersedia. Berikut adalah langkah-langkah tayamum:


  1. Bersihkan tangan dari kotoran sebelum melakukan tayamum.
  2. Ambil pasir atau tanah yang sudah dibersihkan dari kotoran.
  3. Sapukan tanah atau pasir tersebut ke muka, sambil membaca doa "Bismillah" (Dengan nama Allah).
  4. Sapukan kembali tanah atau pasir tersebut ke tangan kanan, sambil membaca doa "Bismillah".
  5. Usap tangan kanan ke lengan kiri.
  6. Kemudian, usap tangan kiri ke lengan kanan.
  7. Selesai.

Perlu diingat bahwa tayamum hanya boleh dilakukan jika tidak ada air atau air tidak layak untuk digunakan. Jika air tersedia dan layak untuk digunakan, maka wajib untuk menggunakannya dalam berwudhu atau mandi.


Niat Tayamum


Niat tayamum adalah niat yang dilakukan di dalam hati saat melakukan tayamum. Niat ini penting karena dengan niat yang tulus, maka tayamum akan diterima oleh Allah SWT. Berikut adalah contoh niat tayamum:


"Aku niat tayamum karena Allah SWT dan karena tidak ada air atau air tidak layak untuk digunakan, dengan tujuan untuk membersihkan diri dari hadas (najis) sesuai dengan tuntunan agama Islam."


Perlu diingat bahwa niat tayamum harus dilakukan di dalam hati, tidak perlu diucapkan secara lisan. Selain itu, niat tayamum harus dilakukan sebelum melakukan tayamum, tidak boleh dilakukan setelah tayamum.


Berikut Tata Cara Tayamum


Tata cara tayamum adalah serangkaian langkah yang harus dilakukan saat melakukan tayamum. Berikut adalah tata cara tayamum:



  • Bersihkan tangan dari kotoran sebelum melakukan tayamum.
  • Ambil pasir atau tanah yang sudah dibersihkan dari kotoran.
  • Sapukan tanah atau pasir tersebut ke muka, sambil membaca doa "Bismillah" (Dengan nama Allah).
  • Sapukan kembali tanah atau pasir tersebut ke tangan kanan, sambil membaca doa "Bismillah".
  • Usap tangan kanan ke lengan kiri.
  • Kemudian, usap tangan kiri ke lengan kanan.
  • Selesai.

Perlu diingat bahwa tayamum hanya boleh dilakukan jika tidak ada air atau air tidak layak untuk digunakan. Jika air tersedia dan layak untuk digunakan, maka wajib untuk menggunakannya dalam berwudhu atau mandi.


Doa Tayamum 


Doa tayamum adalah doa yang dibaca saat melakukan tayamum. Doa ini tidak wajib, tetapi dianjurkan untuk membacanya agar tayamum yang dilakukan diterima oleh Allah SWT. Berikut adalah doa tayamum:


"Allahumma inni a'udzubika minal khubuthi wal khaba-ith"

Artinya: "Ya Allah, aku memohon perlindungan kepada-Mu dari kejahatan dan keburukan."


Perlu diingat bahwa doa tayamum harus dilakukan dengan tulus dan ikhlas, tidak boleh dilakukan dengan sengaja atau secara membual. Selain itu, doa tayamum harus dilakukan sebelum melakukan tayamum, tidak boleh dilakukan setelah tayamum.


Doa setelah Tayamum


Setelah melakukan tayamum, tidak ada doa khusus yang harus dibaca. Namun, setelah tayamum, sebaiknya membaca doa seperti berikut ini:


"Allahumma antas salam wa minkas salam, tabarakta ya dzal jalali wal ikram"

Artinya: "Ya Allah, Engkau adalah sejahtera dan dari-Mu datang sejahtera. Maha suci Engkau, ya Tuhan Yang memiliki keagungan dan kemuliaan."


Doa ini dapat dibaca setelah melakukan tayamum atau setelah melakukan shalat. Doa ini bertujuan untuk memohon kepada Allah SWT agar diberikan sejahtera di dunia dan di akhirat. Selain itu, doa ini juga bertujuan untuk memuji dan menyebut keagungan dan kemuliaan Allah SWT.



0 Response to "Cara Tayamum yang Baik dan Benar yang perlu diketahui"

Iklan Atas artikel




Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Loading...

Iklan Bawah Artikel

Loading...