Doa Ziarah Kubur Sebelum Idul Fitri, Berikut Manfaatnya

 Doa Ziara Kubur

doa ziarah kubur
ilustrasi: Doa Ziarah Kubur Sebelum Idul Fitri, Berikut Manfaatnya

Doa Ziarah Kubur sebelum idulfitri - comunitynews - Sebelum datangnya Hari Raya Idul Fitri, lazimnya terdapat tradisi ziarah ke makam kerabat atau orang tua yang telah meninggal dunia. Namun, apa sebenarnya makna dari doa ziarah kubur dan manfaat dari melakukan ziarah kubur? Berikut penjelasannya.

Doa Ziarah kubur adalah kunjungan ke makam atau kuburan dengan tujuan untuk mendoakan orang yang telah meninggal sekaligus sebagai pengingat akan kehidupan akhirat. Kebiasaan ini kerap dilakukan menjelang bulan puasa Ramadhan atau mendekati Hari Raya Idul Fitri di Indonesia.

Menarik untuk diketahui, pada masa lalu, Rasulullah SAW melarang umatnya untuk melakukan ziarah kubur. Namun, beliau akhirnya memberikan izin kepada Nabi Muhammad untuk menziarahi makam ibunya dan mengajarkan bahwa ziarah kubur dapat membantu mengingatkan manusia akan akhirat. Hal ini juga disebutkan dalam hadis sebagai berikut:

"Telah kumelarang kalian untuk berziarah ke kuburan. Sekarang, aku izinkan Muhammad untuk menziarahi makam ibunya. Maka, berziarahlah kalian karena hal itu dapat mengingatkan akan akhirat." (HR. Tirmidzi)

Ketika melakukan ziarah kubur, sebaiknya kita mengucapkan salam dan doa untuk orang yang telah meninggal. Terlebih saat ini mendekati Hari Raya Idul Fitri, sungguh baik untuk mengunjungi sanak saudara yang telah meninggal dunia dan mendoakan mereka. Berikut adalah doa yang sebaiknya diucapkan saat memasuki area pemakaman:

Lafaz dalam bahasa Arab:

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ يَا أَهْلَ القُبُورِ ، يَغْفِرُ اللَّهُ لَنَا وَلَكُمْ ، أَنْتُمْ سَلَفُنَا ، وَنَحْنُ بِالأَثَرِ.

Artinya: "Salam sejahtera untukmu wahai penghuni kubur. Semoga Allah mengampuni kita dan kalian semua. Kalian telah mendahului kita dan kita akan menyusul."

0 Response to "Doa Ziarah Kubur Sebelum Idul Fitri, Berikut Manfaatnya"

Iklan Atas artikel




Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Loading...

Iklan Bawah Artikel

Loading...