-->

Notification

×

Iklan

iklan

Iklan

Tag Terpopuler

1 Desember Hari Apa: Mengukir Sejarah Kesadaran Melawan HIV/AIDS

Friday, December 1, 2023 | 12:59 AM WIB Last Updated 2023-11-30T17:59:30Z
iklan

 1 Desember Hari Apa

1 Desember Hari Apa
Ilustrasi: 1 Desember Hari Apa: Mengukir Sejarah Kesadaran Melawan HIV/AIDS

1 Desember Hari Apa - comunitynews - Semua orang di berbagai usia dan lapisan masyarakat harus memperhatikan HIV/AIDS, masalah kesehatan global yang tak bisa dianggap enteng. HIV/AIDS dapat menyerang siapa saja, dari balita hingga orang tua.

Fakta bahwa HIV/AIDS dapat menjadi teman seumur hidup adalah fakta bahwa hingga saat ini belum ditemukan obat yang dapat menyembuhkan sepenuhnya. Menurut medis, penyebabnya adalah HIV, atau virus kekebalan manusia, yang merusak sistem kekebalan tubuh dan memperlemah daya tahan tubuh terhadap infeksi dan penyakit.

Ketika virus HIV berubah menjadi AIDS, yang juga dikenal sebagai Sindrom Kekurangan Antibodi, infeksi mencapai tahap akhir. Pada tahap ini, tubuh kehilangan kemampuan untuk melawan infeksi yang dapat muncul.

Orang yang hidup dengan HIV/AIDS dikenal sebagai ODHA. Kampanye pencegahan terus digalakkan sebagai bentuk kesadaran dan tindakan bersama karena seriusnya ancaman penyakit ini.

Untuk merayakan hari bersejarah ini, 1 Desember ditetapkan sebagai Hari AIDS Sedunia, sebuah kesempatan penting untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang bahaya HIV/AIDS. Mari kita ingat kembali sejarah peringatan ini.

Dua anggota World Health Organization (WHO), James Bunn dan Thomas Netter, mengusulkan program untuk mencegah dan menangani HIV/AIDS pada tahun 1988. Sengaja, usulan ini diajukan di tengah-tengah perayaan Natal dan kampanye presiden AS untuk mengalihkan perhatian masyarakat pada masalah kesehatan global yang mendesak.

Setelah 16 bulan persiapan teliti, tanggal 1 Desember ditetapkan sebagai Hari AIDS Sedunia. Konsep awalnya difokuskan pada anak-anak dan remaja untuk meningkatkan kepekaan masyarakat terhadap dampak HIV/AIDS, terutama dalam keluarga dan pada kelompok rentan seperti pekerja seks dan pengguna narkoba.

UNAIDS, badan khusus PBB yang menangani HIV/AIDS, menerima program tersebut pada tahun 1996. Tahun berikutnya, lembaga tersebut membentuk World AIDS Campaign (WAC) untuk meningkatkan kesadaran tentang AIDS di seluruh dunia. Pada tahun 2004, WAC diakui sebagai badan independen di Amsterdam, Belanda.

Mengingat sejarah perjuangan melawan HIV/AIDS pada 1 Desember adalah cara bagi kita untuk terus bersatu, meningkatkan pemahaman, dan berkontribusi dalam mengatasi masalah ini. Selamat Hari AIDS Sedunia! Semoga kesadaran ini terus meningkat untuk membuat dunia bebas dari HIV/AIDS.
×
Berita Terbaru Update