-->

Notification

×

Iklan

iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Optimalkan Kapasitas SDM: Politeknik KP Sidoarjo Gelar Praktik MBKM di LRMPHP Bantul

Tuesday, January 16, 2024 | 2:37 AM WIB Last Updated 2024-01-15T19:37:33Z
iklan
Optimalkan Kapasitas SDM: Politeknik KP Sidoarjo Gelar Praktik MBKM di LRMPHP Bantul
Ilustrasi: Optimalkan Kapasitas SDM: Politeknik KP Sidoarjo Gelar Praktik MBKM di LRMPHP Bantul

Jawa Timur (comunitynews) - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Kelautan dan Perikanan (BPPSDM) terus mengukuhkan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di satuan pendidikan vokasi KKP, sebagai langkah nyata dalam meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia.

Pada langkah strategis ini, Politeknik Kelautan dan Perikanan (Politeknik KP) Sidoarjo, Jawa Timur, turut berperan dengan melaksanakan kegiatan praktik di Loka Riset Mekanisasi Pengolahan Hasil Perikanan (LRMPHP) Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Kepala BPPSDM, I Nyoman Radiarta, menyatakan bahwa dalam sistem pendidikan vokasi, KKP mengedepankan praktik dengan porsi 70 persen dan teori 30 persen. "Ini sebagai bentuk konkret dukungan MBKM, di mana LRMPHP menerima 29 taruna-taruni Politeknik KP Sidoarjo. Langkah ini juga merupakan bagian dari upaya maksimalisasi aset riset untuk mendukung pengembangan SDM," ungkap Nyoman dalam keterangan tertulis di Jakarta, Ahad (14/1/2024).

Dalam mendukung implementasi MBKM, LRMPHP berperan penting dengan menerima 29 taruna-taruni Politeknik KP Sidoarjo. Ini juga menjadi bagian dari strategi untuk mengoptimalkan aset riset demi mendukung pengembangan SDM. Nyoman menegaskan komitmen BPPSDM dalam meningkatkan standar mutu satuan pendidikan KP dengan mengadopsi skema MBKM.

"Kegiatan belajar tidak hanya terfokus di kampus atau ruang kelas, melainkan juga melibatkan kegiatan praktik di UPT lingkup BPPSDM serta magang di Dunia Usaha dan Dunia Industri Kelautan dan Perikanan," tambah Nyoman.

MBKM, sebagai kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, bertujuan mendorong mahasiswa untuk menguasai berbagai keilmuan yang relevan untuk dunia kerja. Kampus Merdeka memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk memilih mata kuliah sesuai minat dan kebutuhan.

Dalam konteks ini, sinergitas dan kolaborasi seluruh Unit Pelaksana Teknis (UPT) BPPSDM menjadi kunci sukses Program Strategis BPPSDM dan Program Prioritas KKP berbasis ekonomi biru. Para taruna Politeknik KP Sidoarjo yang terlibat dalam praktik MBKM di LRMPHP berasal dari Program Studi Mekanisasi Perikanan Semester Genap Tahun Akademik 2023/2024, yang akan melaksanakan kegiatan praktik selama enam bulan ke depan.

"Mereka akan belajar intensif bersama dosen dan instruktur, baik di ruang kelas maupun melalui pengalaman langsung di workshop dan bengkel konstruksi yang dimiliki LRMPHP," terang Nyoman.

Dengan langkah-langkah konkret ini, KKP melalui BPPSDM terus memperkuat peran MBKM dalam membentuk SDM unggul yang siap bersaing di dunia industri kelautan dan perikanan. Keselarasan antara teori dan praktik menjadi landasan utama dalam mencetak generasi penerus yang memiliki keterampilan nyata dan relevan. Langkah strategis ini bukan hanya mendukung pertumbuhan individu, tetapi juga mendorong pertumbuhan sektor kelautan dan perikanan secara keseluruhan.
×
Berita Terbaru Update