-->

Notification

×

Iklan

iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Malam Lailatul Qadar Mari Simak Kenali Manfaat dan Waktunya

Sunday, April 17, 2022 | 12:47 AM WIB Last Updated 2022-04-16T17:48:39Z
iklan

 

Malam Lailatul Qadar

Ilustrasi source pixabay Istock


Malam Lailatul Qadar - comunitynews - Malam seribu bulan atau malam Lailatul Qadar ialah malam pucuk yang datang di 10 hari akhir bulan suci Ramadhan.


Malam Lailatul Qadar dipanggil malam seribu bulan karena sebagai malam pucuk untuk pahala di bulan suci Ramadhan untuk dilipatgandakan.


Malam Lailatul Qadar ialah malam yang spesial di bulan Ramadhan, karenanya benar-benar disarankan supaya kaum muslim melaksanakan ibadah dan meminta ampunan ke Allah SWT saat malam Lailatul Qadar.


Bila kita menjalankan beribadah di saat malam hari di malam Lailatul Qadar, dan minta ampunan dengan ikhlas ke Allah SWT, karena itu beribadah itu pahalanya sama dengan bila ditangani sepanjang seribu bulan.


Malam Lailatul Qadar dapat tiba diakhir atau pada awal. Oleh karena itu benar-benar disarankan untuk kaum muslim agar semakin banyak melaksanakan ibadah seperti sholat malam di 10 hari akhir pada bulan Ramadhan.


Lalu, apa ada pertanda yang dapat dirasa atau jadi perhatian saat tiba malam Lailatul Qadar?


Seperti apakah pertanda bila malam itu ialah malam Lailatul Qadar?


Ustadz Adi Hidayat menjawab dalam sebuah khotbah di saluran YouTube Audio Ceramah, dengan judul 'TERUNGKAP ‼ Ciri-ciri Malam Lailatul Qadar, Ada Pertanda Semacam ini... - UST. Adi Hidayat LC MA', diupload pada 17 Mei 2020.


Menurut Ustadz Adi Hidayat, memanglah tidak ada pertanda atau ciri-ciri yang detil masalah hadirnya malam Lailatul Qadar.


Tetapi, Allah SWT dapat memberi pertanda malam Lailatul Qadar yang dapat kita alami, karena malam Lailatul Qadar benar-benar berlainan dengan malam yang lain di bulan suci Ramadhan.


Ustadz Adi Hidayat mengatakan, "Nach jadi ada rasa yang diberi Allah pada kita berbeda, sehingga kita hatinya tuch malam ini kok berbeda ya," tutur Ustadz Adi Hidayat.


Karena itu bila kita berasa ada malam yang berbeda, khususnya di 10 hari akhir Ramadhan, peluang itu jadi pertanda dari malam Lailatul Qadar.


"Malam itu demikian tenang. Damai . Maka ada situasi di satu malam yang dirasa untuk sementara orang itu 'kok nikmat ya'. Ibadahnya nyaman, berdoa tuch seperti khusyuk getho. Ada yang mengatakan jika itu pertanda (Lailatul Qadar) yang diberi Allah pada jiwa kita," terang Ustadz Adi Hidayat.


Begitu keterangan Ustadz Adi Hidayat mengenai pertanda malam Lailatul Qadar


Berikut kelebihan pada malam Lailatul Qadar:


1. Malam Di turunkannya Al-Qur'an


Malam lailatul qadar sebagai malam di mana Allah turunkan Al-Qur'an pertama kalinya lewat Nabi Muhammad dari Lauhul Mahfuz ke Baitul ‘Izzah. Al-Qur'an di turunkan ke bumi menjadi pegangan dan pandangan hidup untuk kaum muslim. Seperti firman Allah SWT dalam Qur'an Surat Al-Baqarah ayat 185,


شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنْزِلَ فِيهِ الْقُرْآنُ هُدًى لِلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِنَ الْهُدَى وَالْفُرْقَانِ


"(Beberapa hari yang ditetapkan itu adalah) bulan Ramadhan, bulan yang di turunkan (permulaan) Al Quran sebagai panduan untuk manusia dan keterangan-penjelasan berkenaan panduan itu dan pembanding (di antara yang haq dan yang bathil),"


2. Lebih Baik Dari Seribu Bulan


Tiap muslim yang lakukan amal beribadah dan kebaikan pada malam lailatul qadar, karena itu dia memperoleh pahala sama dengan seribu bulan atau sama dengan 83 tahun 4 bulan. Rasulullah bersabda,


"Sebenarnya bulan Ramadhan ini sudah mendekati kalian. Dan didalamnya ada malam yang lebih bagus dari seribu bulan. Barangsiapa yang terhambat dari menemuinya, karena itu benar-benar ia sudah terhambat dari semua kebaikan. Dan tidak terhambat dari menemuinya terkecuali beberapa orang yang tidak untung." (HR. Ibnu Majah).


إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةِ الْقَدْرِ, وَمَا أَدْرَاكَ مَا لَيْلَةُ الْقَدْرِ, لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ


"Sebenarnya Kami sudah menurunkannya (Al Quran) pada malam Qadar. Dan tahukah kamu apa malam Qadar itu? Malam kemuliaan itu lebih bagus dari seribu bulan." (QS. Al-Qadr : 1-3)


3. Malaikat Turun ke Bumi


Pada malam lailatul qadar beberapa malaikat akan turun dari langit ke bumi untuk mengamini tiap doa yang dipanjatkan dan menulis semua amal beribadah yang sudah dilakukan seorang muslim.


"Pada malam tersebut turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan ijin Tuhannya untuk atur semua masalah." (Q.S Al-Qadr: 4)


4. Hapus Dosa


Pada malam itu Allah SWT buka lebar pintu ampunan untuk kaum muslim, dan untuk mereka yang melaksanakan ibadah di malam lailatul qadar, karena itu dosa dia akan diampuni, karena melaksanakan ibadah pada malam hari sebagai beribadah yang bisa menghapuskan dosa-dosa.


Abu Hurairah ra. Berbicara, Rasulullah SAW bersabda,


مَنْ يَقُمْ لَيْلَةَ الْقَدْرِ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِه


"Barangsiapa lakukan sholat sunnah (beribadah) pada malam Lailatul Qadar dengan penuh keimanan dan cuma menginginkan pahala dari Allah, karena itu dosa-dosanya yang sudah lalu akan diampuni." (Muttafaq'alaih)


5. Malam Penuh Karunia


Malam lailatul qadar ialah malam yang penuh keberkahan dan kebaikan. Pada waktu itu Allah akan mengutus malaikat untuk turun ke bumi dan membagi keberkahan dan karunia untuk kaum muslim yang melaksanakan ibadah pada malam itu.


Seperti firman Allah SWT dalam Qur'an Surat Ad Dukhan ayat 3-5;


"Sebenarnya Kami menurunkannya di suatu malam yang diberkahi dan sebenarnya Kami-lah yang berikan teguran. Pada malam itu diterangkan semua masalah yang penuh makna, (yakni) masalah yang besar dari segi Kami. Sebenarnya Kami ialah Yang mengutus rasul-rasul." (Q.S Al-Dukhan: 3-5)


Malam Diputuskannya Takdir


Allah akan tentukan dan menulis takdir seorang muslim menulis takdir ajal, rejeki, jodoh, dan yang lain untuk tiap muslim pada malam lailatul qadar. Jika melakukan amal beribadah dengan khusyu dan sungguh-sungguh, maka dicatat oleh Allah takdir baik buatnya.


Allah berfirman pada Qur'an Surat Ad-Dukhan ayat 4,


فِيهَا يُفْرَقُ كُلُّ أَمْرٍ حَكِيمٍ


"Pada malam itu diterangkan semua masalah yang penuh makna.


×
Berita Terbaru Update