-->

Notification

×

Iklan

iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Niat Puasa Puasa Sunnah Dzulhijjah 10 Hari , Berikut Keutamaan Puasa Dzulhijjah

Wednesday, June 29, 2022 | 6:52 PM WIB Last Updated 2022-06-29T11:58:18Z
iklan

 

Niat Puasa Puasa Sunnah Dzulhijjah 10 Hari , Berikut Keutamaan Puasa Dzulhijjah
Ilustrasi: Niat Puasa Puasa Sunnah Dzulhijjah 10 Hari , Berikut Keutamaan Puasa Dzulhijjah 


Niat Puasa Puasa Sunnah Dzulhijjah - Comunitynews - Sesaat lagi umat Islam akan memasuki bulan Dzulhijjaj 1443 Hijriah atau 2022 Masehi. Dalam bulan Dzulhijjah ada hari spesial untuk kaum muslim yakni Hari Raya Idul Adha atau Hari Raya Qurban, pada waktu itu umat Islam disarankan untuk jalankan puasa sunnah Dzulhijjah. Lantas puasa Dzulhijjah 2022 jatuh di tanggal berapakah?


Puasa paling penting di bulan Dzulhijjah ialah puasa Arafah. Puasa ini terhitung puasa yang paling disarankan karena mempunyai beberapa kelebihan dan pahala yang berlimpah bila dijalankan dengan hati yang tulus. Lalu puasa Dzulhijjah 2022 jatuh di tanggal berapakah? Baca skedulnya di bawah ini.


Puasa Dzulhijjah 2022 Jatuh pada Tanggal Berapakah?


Puasa arafah di bulah Dzulhijjah jatuh tiap tanggal 9 Dzulhijjah. Tetapi mayoritas ulama menyarankan untuk melakukan puasa sunnah lainnya mulai dari 1 s/d 9 Dzulhijjah.


Berdsarkan kalender Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), awalnya bulan Dzulhijjah 1443 H akan jatuh di tanggal 1 Juli 2022. Hingga puasa sunnah 9 hari awal di Bulan Dzulhijjah bisa diawali dari tanggal 1 Juli sampai 9 Juli 2022.


Tetapi, umumnya PBNU dan pemerintahan bakal kembali memberitahukan penentuan awalnya Bulan Dzulhijjah sesudah mereka berhasil menyaksikan hilal. Hilal jadi tanda penggantian bulan untuk umat Islam.


Petunjuk Pusa Dzulhijjah


Petunjuk puasa sunnah di bulan Dzulhijjah ini berdasar salah satunya hadits shahih. Diriwayatkan oleh Ibnu Abbas jika Rasulullah SAW bersabda:


"Tidak ada amal yang sudah dilakukan pada hari-hari yang lain lebih bagus dibanding yang sudah dilakukan pada sepuluh hari ini beberapa teman dekat menanyakan, "tidak pula jihad?", beliau menjawab "tidak pula jihad, terkecuali seorang lelaki yang keluar dengan jiwa dan hartanya setelah itu dia kembali dengan tidak bawa apapun. (HR. Bukhari).


Sama dengan puasa yang lain, niat puasa Dzulhijjah umumnya diucapkan saat malam hari. Di mana waktu waktu membaca niat puasa Dzulhijjah yakni semenjak terbenamnya matahari sampai keluar fajar. Dikutip dari situs NU Online ada beberapa niat puasa Dzulhijjah sesuai tanggalnya berikut : 


A. Niat Puasa Dzulhijjah Tanggal 1-7 Dzulhijjah


Nawaitu shauma syahri dzil hijjah sunnatan lillâhi ta‘âlâ


B. Niat Puasa Dzulhijjah Tanggal 8 Dzulhijjah (Hari Tarawiyyah)


Nawaitu shauma tarwiyata sunnatan lillâhi ta‘âlâ


Maknanya:"Saya niat puasa sunnah Tarwiyah karena Allah ta'âlâ."


C. Niat Puasa Dzulhijjah Tanggal 9 (Puas Arafah)


Nawaitu shauma arafata sunnatan lillâhi ta'âlâ


D. Niat Puasa Dzulhijjah Tanggal 9 (Puas Arafah)


Nawaitu shauma arafata sunnatan lillâhi ta'âlâ


Kelebihan dan Keutamaan Puasa Dzulhijjah


Sebagai salah satunya puasa sunnah yang paling diagungkan Allah SWT, berikut beberapa keutamaan puasa Dzulhijjah:


Pahala Dilipatgandakan Allah SWT


Bila umat Islam melakukan puasa sepuluh hari awal di bulan Dzulhijjah maka mendapatkan pahala yang berlipat dari Allah SWT. Ini sesuai sabda Rasulullah SAW:


Maknanya:"Saya niat puasa sunnah bulan Dzulhijjah karena Allah ta'âlâ."


"Tidak ada beberapa hari yang lebih Allah gemari untuk melaksanakan ibadah selainnya sepuluh hari awal bulan Dzulhijjah, sehari berpuasa didalamnya sama dengan setahun berpuasa, satu malam membangun shalat malam sama dengan shalat saat malam Lailatul Qadar." (HR At-Trmidzi).


Hapuskan  Dosa Dua Tahun 


Allah SWT akan menghapuskan dosa umat Islam tahun ini dan 2 tahun awalnya. Dosa yang dihapus yakni dosa-dosa kecil. Seperti sabda Rasulullah yang maknanya:


"Puasa Arafah (9 Dzulhijjah) bisa menghapuskan dosa satu tahun lalu dan satu tahun akan datang. Puasa Asyura (10 Muharram) akan menghapuskan dosa satu tahun lalu." (HR Muslim).


Hari Pembebasan dari Api Neraka


Semua siksa di neraka akan terhapus bila kaum muslim rutin kerjakan puasa sunnah di bulan Dzulhijjah. Ini sama sesuai sabda Nabi Muhammad SAW:


"Tidak ada hari di mana Allah melepaskan hamba dari neraka semakin banyak dibanding Hari Arafah, dan benar-benar Ia mendekat lalu membesarkan hati mereka di depan beberapa Malaikat dan berbicara: ‘Apa yang mereka harapkan?" (HR Muslim).


Nach, itu lah info tentang puasa Dzulhijjah 2022 jatuh di tanggal berapakah? Sebagai umat Islam yang patuh alangkah baiknya kalau kita ikuti sunnah Nabi Muhammad SAW. Selainnya akan memperoleh pahala, datangkan kebaikan dalam kehidupan.

×
Berita Terbaru Update