Tata Cara Sholat Ghaib Bagi Kaum Lelaki dan Wanita

 

Tata Cara Sholat Ghaib Lelaki dan Wanita
Ilustrasi Tata Cara Sholat Ghaib Lelaki dan Wanita  

Cara Sholat Ghaib - comunitynews - Perlu dimengerti, jika sholat ghaib itu berlainan dengan sholat jenazah. Perbedaan sholat ghaib dengan sholat jenazah berada pada bacaan niat sholat dan realisasinya.


Sholat ghaib dikerjakan untuk jenazah yang ada di tempat jauh atau mungkin tidak dapat dijangkau, sementara sholat jenazah dikerjakan dengan cara menempatkan jenazah di muka jemaah sholat.


Bacaan Niat Sholat Ghaib


"Ushalli ‘alal mayyitil gha'ibi arba‘a takbiratin fardha kifayatin lillahi ta‘ala".


Maknanya, "Saya sengaja sembahyang jenazah ghaib empat takbir fardhu kifayah karena Allah SWT".


Sementara niat sholat ghaib untuk jenazah yang dijumpai jelas  identitasnya, karena itu nama jenazah disebutkan  dalam niat:


Tata Cara Sholat Ghaib


Tata cara sholat ghaib sama dengan sholat jenazah, yakni empat takbir tanpa rukuk dan sujud.


  1. Membaca niat
  2. Takbir, lalu membaca Al Fatihah
  3. Takbir (ke-2 ) dan membaca sholawat nabi
  4. Takbir (ke-3 ) membaca doa untuk jenazah berikut:


Bacaan Doa untuk Jenazah Lelaki


"Allahummaghfir lahu warhamhu wa ‘afihi wa‘fu anhu wa akrim nuzulahu wa wassi' madkhalahu waghsilhu bilma'i wats tsalji wal baradi, wa naqqihi minal khathaya kama naqaita ats-tsauba al-abyadh minad danasi, wa abdilhu dâran khairan min darihi wa ahlan khairan min ahlihi wa zaujan khairan min zaujihi wa adkhilhu al-jannata wa a'idzhu min ‘adzabil qabri wa min adzabinnar".


Maknanya: "Ya Allah, ampunilah ia, rahmatilah ia, bebaskanlah dan maafkanlah ia. Muliakanlah tempatnya, luaskanlah pendamnya, dan mandikanlah dia sama air, salju, dan es. Membersihkan ia dari semua kekeliruan, seperti Kamu bersihkan pakaian yang putih dari kotoran. Beri dia rumah yang lebih bagus dari tempat tinggalnya di dunia, keluarga yang lebih bagus dari keluarganya, pasangan yang lebih bagus dari pasangannya. Lantas masukanlah dia ke surga dan lindungilah dia dari siksa pendam dan siksa neraka".


Bacaan Doa untuk Jenazah Wanita


"Allahummaghfir laha warhamha wa ‘afiha wa‘fu anha wa akrim nuzulaha wa wassi' madkhalaha waghsilha bilma'i wats tsalji wal baradi, wa naqqiha minal khathaya kama naqaita ats-tsauba al-abyadh minad danasi, wa abdilha daran khairan min dariha wa ahlan khairan min pakarha wa zaujan khairan min zaujiha wa adkhilha al-jannata wa a'idzha min ‘adzabil qabri wa min adzabinnar".


Maknanya: "Ya Allah, ampunilah ia, rahmatilah ia, bebaskanlah dan maafkanlah ia. Muliakanlah tempatnya, luaskanlah pendamnya, dan mandikanlah dia sama air, salju, dan es. Membersihkan ia dari semua kekeliruan, seperti Kamu bersihkan pakaian yang putih dari kotoran. Beri dia rumah yang lebih bagus dari tempat tinggalnya di dunia, keluarga yang lebih bagus dari keluarganya, pasangan yang lebih bagus dari pasangannya. Selanjutnya masukanlah dia ke surga dan lindungilah dia dari siksa pendam dan siksa neraka".


Untuk Takbir yang  (ke-4) kemudian membaca doa berikut ini:


  • Untuk jenazah lelaki: "Allahumma laa tahrimna ajrahu wa laa taftinna ba'dahuu waghfir lanaa wa lahuu". Maknanya: "Ya Allah, tidak boleh haramkan kami dari pahalanya dan tidak boleh berikan fitnah (masalah) untuk kami seperginya. Ampunilah kami dan ampunilah ia.
  • Untuk jenazah wanita: "Allaahumma laa tahrimnaa ajrahaa wa la taftinna ba'dahaa waghfir lanaa wa lahaa". Maknanya: "Ya Allah, tidak boleh haramkan kami dari pahalanya dan tidak boleh berikan fitnah (masalah) untuk kami seperginya. Ampunilah kami dan ampunilah ia.


5. Kemudian lakukan Salam


Sesudah sholat jenazah atau sholat ghaib, selanjutnya disarankan untuk membaca tahlil.


Dikutip dari situs NU Online, sholat gaib mempunyai hukum yang serupa dengan shalat jenazah yakni fardhu kifayah. Maka dari itu, sholat gaib bisa dilaksanakan seorang dengan keadaan tertentu untuk menggugurkan kewajiban sholat jenazah.


Lantas Kapan Sholat Ghaib di Laksanan


Dalam buku petunjuk sholat sunah dan sholat khusus dari Sa'id bin Ali bin Wahaf Al Qahthani diterangkan, sholat gaib sebagai sholat yang sudah dilakukan untuk jenazah yang tidak berada di tempat realisasi sholat


Sholat gaib sendiri ialah sholat yang umum dilaksanakan umat Islam untuk jenazah tanpa kedatangan fisik jenazah di hadapannya. Sholat gaib jadi opsi saat sholat mayat tidak dapat dilaksanakan, seperti kasus Eril yang tubuhnya masih juga dalam proses penelusuran di Sungai Aare.


Demikian perbedaan sholat ghaib dan sholat jenazah yang penting kalian kenali.

0 Response to "Tata Cara Sholat Ghaib Bagi Kaum Lelaki dan Wanita "

Iklan Atas artikel




Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Loading...

Iklan Bawah Artikel

Loading...