Presiden Jokowi: KTT G20 Kali ini yang Paling Berat

 

Presiden Jokowi: KTT G20 Kali ini yang Paling Berat
Presiden Jokowi: KTT G20 Kali ini yang Paling Berat

KTT G20 - comunitynews - Presiden Joko Widodo atau Jokowi lakukan diskusi bilateral dengan Presiden Komisi Eropa Ursula Gertrud von der Leyen di antara Pertemuan Tingkat Tinggi atau KTT G20 di Bali ini hari, Senin, 14 November 2022. Pada pertemuan tersebut, Jokowi menyebutkan acara G20 ini kali sebagai yang paling berat.


"Presidensi kesempatan ini merupakan yang paling berat dalam riwayat G20," tutur Jokowi seperti ditayangkan saluran YouTube Sekretariat Presiden, Senin, 14 November 2022.


Menurut Jokowi, hal tersebut karena kritis pangan sampai energi sedang terjadi di dunia sebagai imbas perang di antara Rusia-Ukraina dan wabah Covid-19. Menurut Jokowi, pemerintahan Indonesia bekerja sangat keras supaya KTT G20 dapat berjalan seperti sekarang ini.


Selanjutnya, Jokowi mengeklaim keadaan dunia sekarang ini telah jauh lebih bagus dibanding terkahir kali terlibat perbincangan dengan von der Leyen. Ke-2 nya sempat terlibat perbincangan lewat aliran telephone pada 5 November 2022.


"Puas dapat berkomunikasi kembali, keadaan dunia sekarang ini mulai lebih baik, semenjak terkahir paling akhir kita berdiskusi," kata Jokowi.


Saat sebelum berjumpa dengan von der Leyen, Jokowi sudah lakukan diskusi bilateral dengan Presiden Amerika Serikat Joe Biden. Pada pertemuan tersebut, Jokowi mengulas perbaikan perekonomian global saat wabah.


Sesudah berjumpa dengan Joe Biden, Jokowi lakukan diskusi bilateral dengan Pertama Menteri Jepang Fumio Khisida. Jokowi mengulas berkenaan jalinan kerja-sama ekonomi dengan Khisida.


Sekitar 17 negara datang dalam KTT G20 yang hendak diadakan pada 15 - 16 November 2022. Menurut Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, banyak antara beberapa negara itu yang ajukan perjumpaan bilateral dengan Jokowi.

0 Response to "Presiden Jokowi: KTT G20 Kali ini yang Paling Berat"

Iklan Atas artikel




Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Loading...

Iklan Bawah Artikel

Loading...