BMKG Pusat Gempa Garut hari ini

 

BMKG Pusat Gempa Garut hari ini
Ilustrasi: BMKG Pusat Gempa Garut hari ini

BMKG Gempa Garut - comunitynews - Kabupaten Garut digoncang gempa sore hari ini Sabtu 3 Desember 2022 jam 16.42 WIB memiliki kekuatan magnitudo 6,4. Yang mana gempa ini semakin besar dibanding gempa do Cianjur dengan magnitudo 5,6 yang terjadi pada 21 November 2022 kemarin.


Tetapi, getaran gempa Garut di hari ini tidak sebesar gempa Cianjur. Berdasar laporan situs sah Tubuh Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa terjadi di arah barat daya Kabupaten Garut. Gempa terjadi pada jam 16.42 WIB. Pusat gempa ada di darat berada di 52 km arah Barat Daya Garut, Jawa Barat. Gempa ada di titik 7.49 LS, 107.58 BT. Kedalaman gempa pada 118 km.


Instruksi terkini, warga disarankan untuk selalu siaga ingat peluang ada gempa susulan.


Twitter sah BMKG menyebutkan, "Dlm bbrp menit pertama stlh gmp,patokan gmp bisa berbeda dan bisa jadi blm tepat," catat @infoBMKG (03/13).


"Terkecuali sudah dikaji ulangi seismologist." Tambahnya.


Sampai informasi ini dicatat tidak ada verifikasi tentu dari faksi berkaitan apa gempa ini mempunyai potensi tsunami atau mungkin tidak.


Kedalaman gempa ini yang membuat lain dengan daya getar gempa Cianjur. Gempa di Cianjur di kedalaman 10 km hingga berasa kuat. Bahkan juga gempa berasa sampai Cimahi, Lembang, Kota Bandung, Cikalong Wetan, Rangkasbitung, Bogor, Bayah, Tangerang Selatan, Jakarta, dan Depok. Menurut info sementara dari BNPB sampai ini hari, Sabtu (3/12/2022) jika gempabumi ini mengakibatkan 334 orang wafat dan delapan orang masih dipastikan lenyap. Lebih dari 2.000 rumah alami kerusakan.


Dalam pada itu, gempa Garut ini gempa berasa sampai Ciamis, Kalapanunggal, Tasikmalaya, Pamoyanan, Panimbang, Bogor sampai Jakarta dan sekelilingnya. Sampai selama ini tidak ada laporan korban yang diakibatkan.


Di peluang yang serupa, BMKG menerangkan bila pusat gempa berada di darat dan masih dikaji.


Dalam uploadnya informasi gempa itu, ada banyak tanggapan warganet yang akui rasakan guncangan itu.


Dalam uploadnya informasi gempa itu, ada banyak tanggapan warganet yang akui rasakan guncangan itu.


"Kab Bogor kerasa sekali gustii" catat @Ellezabeth1.


Ada pula dari @mirantivtdn, "Terkejut bgt di bandung kerasa besar, mana lg depan2an sama patahan lembang."


@bigjoe_july menyebutkan wilayah Cilacap turut rasakan guncangan gempa, "baru saja bisa berita dari kampungku di Cilacap jg terasa, cm sesaat. mudah²an tidak terjadi hal² tidak diharapkan yaa, Aamiin."


Sekalian menanti informasi seterusnya warga diminta tenang dan waspada, tetapi tidak boleh cemas dan masih tetap mengimplementasikan SOP saat terjadi gempa dimana saja tempatnya.

0 Response to "BMKG Pusat Gempa Garut hari ini"

Iklan Atas artikel




Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Loading...

Iklan Bawah Artikel

Loading...