-->

Notification

×

Iklan

iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Pengukuhan Padepokan Domas: Menyemai Warisan Pencak Silat Cilegon

Monday, December 4, 2023 | 7:54 AM WIB Last Updated 2023-12-04T00:54:21Z
iklan
Pengukuhan Padepokan Domas

Merak, Cilegon - comunitynews - Pengukuhan padepokan Domas DPC (PPSI) Persatuan Pencak Silat Indonesia Kecamatan Pulomerak menjadi acara yang menyenangkan dan bermakna. Tempat acaranya adalah Link Babakan seri RT 06/01 di Kelurahan Tamansari, Kecamatan Pulomerak, Kota Cilegon, pada hari Sabtu malam Minggu (02/12/2023).

Semua pengurus Bandrong, Terumbu, Cimande, dan seluruh jajaran pengurus lainnya, termasuk H. Aldin, Ketua DPD PPSI Cilegon; Muslih Hs, Ketua DPC PPSI Kecamatan Pulomerak; Purwanto, Ketua Padepokan Domas; Sutari, Wakil Padepokan Domas; Abah Misra Jamaluddin, Tokoh TTKDH; Hariri, Pembina PPSI; Ketua RW 06; Ketua RT 02.

Seperti yang disampaikan oleh H. Aldin, Ketua DPD PPSI Kota Cilegon, "Acara pengukuhan padepokan Pencak Silat Domas dari DPC PPSI Kecamatan Pulomerak ini menunjukkan keseriusan PPSI dalam melestarikan budaya seni bela diri pencak silat." Ini adalah warisan leluhur yang harus kita jaga agar tidak hilang di era modernisasi saat ini.

Dia juga menambahkan, "Kita harus memahami makna pencak silat sebagai filosofi edukasi bagi generasi muda, khususnya di Provinsi Banten dan Indonesia secara umum."

Selain itu, ketua DPD PPSI Kota Cilegon mengucapkan terima kasih kepada ketua DPC PPSI Kecamatan Pulomerak atas upayanya untuk menjalin hubungan dengan masyarakat dan padepokan. Menurutnya, seni bela diri pencak silat harus hadir di masyarakat.

Saya mendorong kita untuk menciptakan generasi Cilegon yang memiliki nilai-nilai moral. Kita harus memprioritaskan masalah moral dan akidah. Untuk meningkatkan moral manusia, padepokan harus aktif terlibat dalam kegiatan keagamaan.

"Kami selalu berkomitmen bekerja sama dengan perguruan dan kasepuhan yang tergabung dalam PPSI," kata ketua DPD PPSI Kota Cilegon. Dia juga menekankan pentingnya mengajarkan nilai-nilai pencak silat kepada generasi muda.

Menurut Muslih, Ketua DPC PPSI Kecamatan Pulomerak, banyak perguruan yang bekerja sama dengan Bandrong, Terumbu, dan Cimande. Dia sangat mengapresiasi Ketua DPD PPSI Kota Cilegon atas upayanya untuk mempertahankan seni bela diri pencak silat dalam masyarakat.

Dia menjelaskan, "Peresmian padepokan Cimande sebagai bagian dari Dewan Pencak Silat Kecamatan Pulomerak ini membawa warna baru ke dunia pencak silat. Minggu depan, kami akan memulai latihan gabungan sekecamatan Pulomerak di markas padepokan Domas."

Muslih menyimpulkan dengan semangat, "Kami berharap dapat melestarikan budaya pencak silat dari dini hingga dewasa untuk menghindari dampak negatif dan memberikan manfaat yang positif bagi masyarakat."
×
Berita Terbaru Update