Home
BPBD Lampung Selatan
Dokumen Kajian Kerentanan dan Kapasitas
simulasi bencana
VCA
Workshop Lokakarya
Upaya Peningkatan Kesadaran Bencana di Lampung Selatan
Upaya Peningkatan Kesadaran Bencana di Lampung Selatan

Kab.Lamsel (comunitynews) Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (Kalak BPBD) Lampung Selatan, Ariswandi SH.MH, menghadiri Workshop Lokakarya Dokumen Kajian Kerentanan dan Kapasitas (VCA) di Aula Kantor Desa Maja, Kecamatan Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan pada Kamis (9/5/2024).

Tampak hadir Sekretaris Camat (Sekcam) Muhammad Nur mewakili Camat Kalianda, Kalak BPBD Ariswandi SH.MH., Direktur Mitra Bentala Rizani Sp, Kepala Desa Maja Arlizon SH, Rita Manik dari Unila, Ketua Destana Maja Bramfi Fatikkawa, serta seluruh peserta Destana FPRB dan tamu undangan.

Dalam sambutannya, Kalak BPBD Ariswandi menyampaikan bahwa bencana bisa terjadi tiba-tiba, seperti banjir, angin puting beliung, atau tsunami, kapan pun dan di mana pun, yang tak dapat diprediksi. Dia mengucapkan rasa syukur dan terima kasih atas peran LSM Mitra Bentala yang peduli terhadap upaya penanggulangan bencana.

"Apa yang perlu ditekankan adalah keselamatan. Saat terjadi gempa, ada tiga langkah penting yaitu: berlutut, berlindung, dan bertahan," tambahnya.

Rizani Sp dari Mitra Bentala menjelaskan bahwa pihaknya telah memberikan pengetahuan untuk mengurangi risiko bencana. Meskipun bencana tak terelakkan, korban jiwa harus dihindari.

" penanggulangan bencana adalah tanggung jawab bersama kita semua, bukan hanya pemerintah pusat, provinsi, kabupaten, kecamatan, atau desa. Ini adalah tanggung jawab kita bersama," tegas Kalak BPBD Lamsel Ariswandi SH.MH.

Rizani Sp menambahkan rasa terima kasih kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Selatan dan dinas terkait atas dukungan terhadap kegiatan-kegiatan mereka.

Roni

Blog authors