-->

Notification

×

Iklan

iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Tahun Baru Hijriyah 2019 September Meriah DiBogor Ribuan Umat Muslim Antusias

Sunday, September 1, 2019 | 7:24 AM WIB Last Updated 2019-09-01T00:27:23Z
iklan
Kedap-kedip Obor Ramaikan Perayaan Malam Tahun Baru Hijriah di Bogor.

Tahun Baru Hijriyah 2019 September Meriah DiBogor Ribuan Umat Muslim Antusias

Comunitynews.com -Bogor- Beberapa ribu kaum muslim di Bogor, Jawa Barat, turun ke jalan untuk menyongsong Tahun Baru Islam pada 1 Muharam 1441 Hijriah yang bersamaan dengan 1 September 2019. Bukan sekedar remaja serta beberapa anak, orangtua juga tidak ingin tertinggal bawa obor, selanjutnya berkeliling-keliling menyinari pojok Kota serta Kabupaten Bogor.


Diantaranya pawai di Kabupaten Bogor. Dalam pawai itu, beberapa jemaah dari beberapa pesantren serta organisasi masyarakat Islam bawa obor oncor yang dibawa dari rumah masing-masing. Sebelum pawai, beberapa ribu jemaah bergabung di halaman Masjid Harakatul Jannah di Simpang Gadog. Satu demi satu obor selanjutnya dinyalakan.


Sesudah semua obor menyala, pawai juga diawali seputar jam 20.00 WIB. Pawai di pimpin oleh Bupati Bogor Ade Yasin. Mereka berjalan disertai suara letupan kembang api serta lantunan selawat.

Mereka bergerak ke arah lokasi Pucuk, persisnya di Lapangan Cibereum, Kecamatan Cisarua. Dalam tempat itu, akan ada tablig besar serta tampilan artis Arr Ridwan dari Mesir.


Walau cukup dengan berjalan kaki, beberapa jemaah tidak patah semangat. Selama jalan, kedap-kedip cahaya obor kelihatan demikian indah sampai menarik perhatian banyak masyarakat.


Wakil Bupati Bogor Iwan Setiawan mengatakan, pekerjaan dalam rencana menyongsong Tahun Baru Islam 1441 Hijriah itu didatangi kira-kira 2.000 orang, terhitung Bupati Bogor Ade Yasin.


"Pesertanya dari beberapa majelis taklim atau ponpes se-wilayah Pucuk serta sekelilingnya," tutur Iwan.

Pawai obor ini, sebut Iwan, adalah manifestasi dari Program Pancakarsa yang ke lima, yaitu Bogor Berkeadaban. Selanjutnya jadi satu diantara wadah ukhuwah islamiyah buat masyarakat Kabupaten Bogor, terutamanya di daerah Pucuk.


"Pekerjaan ini untuk menumbuhkan kesayangan pada seni nuansa Islam, terutamanya pada generasi muda," kata politisi Partai Gerindra itu.

Arus jalan raya di jalan Pucuk sudah sempat terganggu efek terdapatnya pawai obor. Akan tetapi, tidaklah sampai memunculkan kemacetan kronis.


"Sebab jarak pawai tidaklah terlalu jauh cuma seputar 5 km.. Sampai sekarang kondisi aman serta aman," kata Kapolres Bogor AKBP Andi M Dicky.

Perayaan di Kota Bogor 


Selain itu, situasi malam di Kota Bogor juga jadi indah diwarnai kedap-kedip sinar obor. Dengan kenakan pakaian muslim, dari mulai beberapa anak, golongan milenial sampai lanjut usia dengan serempak turun ke jalan. Ada yang berjalan keliling kampung, perumahaan, sampai jalan raya sekalian bawa obor.


Seperti massa dari Ciawi, Kota Bogor. Seputar 1.000 kaum muslim pawai ke arah Masjid Amalliah, Sukasari. Mereka masuk dengan masyarakat dari wilayah yang lain untuk ikuti tablig besar di masjid itu.
×
Berita Terbaru Update