-->

Notification

×

Iklan

iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Info Gempa Terkini Jabar BMKG Jelaskan Getaranya Sampai Ciamis Tasik

Saturday, January 29, 2022 | 11:45 AM WIB Last Updated 2022-01-29T04:45:00Z
iklan
Info Gempa Terkini Jabar  BMKG Jelaskan Getaranya Sampai Ciamis Tasik
Source pixabay Istock


Jabar- comunitynews - Info gempa bumi terkini, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyampaikan kabar gempa bumi mengguncangkan Pangandaran Jawa Barat dan dirasa sampai ke Cilacap Jawa tengah.


Berdasar info gempa ini hari dari BMKG peristiwa gempa bumi di Pangandaran dan Cilacap terkini terjadi pada Kamis 27 Januari 2022 jam 23.03.06 WIB


Gempa bumi Pangandaran dan Cilacap itu memiliki kekuatan magnitudo 5,2. Episenter gempabumi berada pada koordinat 8,81° LS ; 108,09° BT, atau persisnya berada di laut pada jarak 130 km arah Selatan Kota Pangandaran, Jawa Barat pada kedalaman 42 km.


Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Bambang Setiyo Prayitno mengatakan gempa bumi Pangandaran sampai berasa di Cilacap itu terjadi di daerah Samudera Hindia Selatan Jawa dan sebagai tipe gempa tektonik.


Menurut Bambang Setiyo Prayitno dalam rilisnya dari BMKG diterima DeskJabar.com, Jumat 28 Januari 2022 pagi mengatakan gempa bumi yang terjadi sebagai tipe gempa bumi dangkal karena ada kegiatan subduksi Lurus Indo-Australia ke bawah Lurus Eurasia.


Hasil analitis proses sumber memperlihatkan jika gempa bumi mempunyai proses gerakan turun mencatatr (oblique normal).


Selanjutnya Bambang mengatakan guncangan gempa bumi ini dirasa di wilayah Pangandaran, Cilacap dan Kebumen dengan rasio intensif III-IV MMI (Jika di siang hari dirasa oleh banyak orang dalam rumah)


Kemudia di Tasikmalaya, Banjar dan Ciamis dengan rasio intensif III MMI (Getaran dirasa riil di rumah. Berasa getaran seolah-olah truk berlalu).



Seterusnya di Garut dan Priangan dengan rasio intensif II MMI (Getaran dirasa oleh sebagian orang, beberapa benda enteng yang digantung bergoyang).


Menurut Bambang, sampai sekarang ini tidak ada laporan imbas kerusakan yang diakibatkan karena gempabumi itu. Hasil pemodelan memperlihatkan jika gempabumi ini TIDAK BERPOTENSI TSUNAMI.


Peristiwa gempa itu BMKG, mereferensikan ke warga disarankan supaya masih tetap tenang dan tidak dipengaruhi oleh rumor yang tidak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.


BMKG minta supaya menghindar dari bangunan yang rengat atau hancur disebabkan oleh gempa.


Check dan yakinkan bangunan rumah anda cukup tahan gempa, atau tidak ada kerusakan karena getaran gempa yang mencelakakan konsistensi bangunan saat sebelum anda kembali di dalam rumah.


TAGS :


Tasikmalaya,gempa,Pangandaran,Ciamis,info,BMKG,Cilacap,terkini,

×
Berita Terbaru Update