-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Hidup Tak Bergerak Atau di Kenal Dengan Istilah Sedentary Lifestyle Miliki Dampak Serius

Tuesday, May 24, 2022 | 5:26 AM WIB Last Updated 2022-05-24T01:53:57Z
iklan

 

Hidup Tak Bergerak
Ilustrasi : Hidup Tak Bergerak Atau di Kenal Dengan Istilah Sedentary Lifestyle Miliki Dampak Serius (sumber gambar Istock photo unsplsh.com)


Hidup tak bergerak - comunitynews - Tahukah Anda, satu diantara 4 orang dewasa tidak penuhi tingkat kegiatan fisik yang direferensikan secara global atau dikenali dengan istilah sedentary lifestyle? Sedentary lifestyle ialah style hidup tidak aktif atau kurang bergerak, kebanyakan habiskan waktu cukup dengan duduk atau diam diri saja.


Sedentary Behavior Research Network's (SBRN) menerangkan sikap kurang gerak sebagai aktivitas yang keluarkan energi kurang dari 1,5 ekuivalen metabolik. Dalam istilah pemula, style hidup yang sedikit bergerak diikuti dengan minimnya kegiatan fisik dengan masa waktu lama dan tidak terputus atau mayoritas hari cuma dihabiskan untuk duduk atau tiduran.


Sedentary lifestyle dapat dikatakan sebagai silent killer, karena style hidup ini bikin rugi kesehatan dan tingkatkan resiko kegemukan, penyakit kardiovaskular, diabetes type 2, sindrom metabolik, dan kenaikan resiko semua pemicu kematian.


Simpelnya, badan kita tidak dapat dibuat diam untuk waktu lama. Menurut Aimee Layton, PhD, seorang pakar fisiologi olahraga dari Kampus Columbia dan anggota Dewan Penasihat Kesehatan dan Kesehatan Peloton, seperti dikutip dari realsimple.com, saat seorang duduk atau tiduran sepanjang beberapa jam tetapi tidak pada kondisi tidur, badan mereka malah seperti ‘dirusak'.


Dan sayang tidak perlu waktu yang lama untuk rutinitas itu menghancurkan badan kita! Kenyataannya, riset memperlihatkan jika perlu dua minggu tanpa kegiatan (pada orang muda dan sehat) untuk mengakibatkan permasalahan kesehatan yang cukup berarti, terhitung menyusutnya massa otot dan peralihan metabolisme.


Baiknya, kita cuma mempunyai waktu kurang dari 60 menit untuk bermalasan atau cuma diam duduk saja . Maka benar-benar dianjurkan untuk kita bergerak untuk membuat badan bekerja.


"Diakhir tiap jam, menargetkan pergerakan waktu tiga sampai enam menit. Bisa dengan berdiri saja, jalanan atau kerjakan sit to stand dari bangku," ungkapkan Joe Holder, Pelatih Khusus Nike dan konselor kesehatan dan kebugaran. Pergerakan ini akan membuat darah mengucur, sesudah Anda ada dalam status diam yang lumayan lama.


Demikian informasi khusus hidup kurang bergerak Atau Sedentary Lifestyle semoga bermanfaat untuk tetap menjaga badan atau tubuh ini selalu aktif guna kesehatan mental dan fisik, mari bergegas meningkatkan rutinitas fisik selalu aktif bergerak.

×
Berita Terbaru Update