-->

Notification

×

Iklan

iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Puasa Senin Kamis Bulan Syawal Seperti Apakah Hukumnya

Thursday, May 12, 2022 | 6:28 AM WIB Last Updated 2022-05-11T23:28:50Z
iklan

 

Puasa Senin Kamis bulan Syawal
Ilustrasi : Puasa Senin Kamis Bulan Syawal Seperti Apakah Hukumnya, sumber gambar Pixabay Istock


Puasa Senin Kamis bulan Syawal - comunitynews - Sesudah lewat puasa Ramadhan, kaum muslim disongsong dengan Hari Raya Idul Fitri di bulan Syawal. Di bulan Syawal, ada beribadah sebagai sunnah dalam Islam yang bisa datangkan pahala yang berlimpah. Beribadah itu adalah puasa Syawal sepanjang 6 hari. Berikut niat puasa syawal dan senin kamis.


Puasa Syawal dapat diimbangi dengan puasa sunnah senin kamis dengan membaca niat puasa syawal dan senin kamis. Puasa Syawal mempunyai kelebihan seperti jalankan puasa sepanjang setahun penuh. Ini seperti sabda Rasulullah SAW dalam hadist yang diriwayatkan oleh Imam Muslim seperti berikut.


"Barangsiapa yang berpuasa Ramadan selanjutnya berpuasa enam hari di bulan Syawal, karena itu ia berpuasa seperti satu tahun penuh." (HR. Muslim).


Dalam pada itu hadist kisah Imam Muslim menerangkan kelebihan puasa Senin dan Kamis yang dapat memperoleh ampunan dari Allah SWT yang mengeluarkan bunyi seperti berikut.


"Pintu surga dibuka di hari Senin dan kamis. Tiap hamba yang tidak melakukan perbuatan syirik pada Allah sedikit akan diampuni (di hari itu) terkecuali seorang yang mempunyai pertikaian (perseteruan) di antara dianya dan saudaranya. Kelak akan disebutkan dari mereka, akhirkan masalah mereka sampai mereka berdua berdamai, akhirkan masalah mereka sampai mereka berdua berdamai." (HR. Muslim).


Saat sebelum ketahui niat puasa syawal dan senin kamis, kenali dahulu bagaimana hukum saat jalankan puasa Syawal yang dikombinasi dengan puasa sunnah Senin dan Kamis? Apa dalam Islam ke-2 puasa itu dibolehkan?


Menurut beberapa ulama, menyatukan puasa Syawal dengan puasa Senin dan Kamis hukumnya ialah dibolehkan. Ini karena puasa Syawal dan puasa Senin dan Kamis yaitu sama puasa sunah yang dibolehkan untuk dipadukan.


Bila seorang muslim ingin melakukan puasa Syawal pada hari Senin atau Kamis, karena itu dibolehkan untuk lakukan ke-2 niat secara sekalian yaitu niat puasa Syawal dan niat puasa Senin dan Kamis. Hal ini berlaku untuk puasa sunah Arafah dan puasa Asyura.


Bacaan Niat Puasa Syawal dan Senin Kamis


Saat sebelum melakukan puasa, disarankan untuk membaca niat lebih dulu. Berikut bacaan niat puasa Syawal dan Senin Kamis yang dapat kamu kenali.


Niat Puasa Syawal


"Nawaitu Shauma Ghadin ‘Ansittatin Min Syawaali Sunnatan Lillaahi Ta'aalaa."


Maknanya: " Saya niat berpuasa sunnah 6 Hari bulan Syawal karena Allah Ta'ala."


Niat Puasa Senin


"Nawaitu sauma yaumal itsnaini sunnatan lillahi ta'ala. Saya niat puasa hari Senin, sunah karena Allah Ta'ala."


Maknanya: " Saya niat puasa sunnah hari Senin, sunah karena Allah Ta'ala."


Niat Puasa Kamis


"Nawaitu sauma yaumal khomiisi sunnatan lillahi ta'ala."


Maknanya: " Saya niat puasa sunnah hari Kamis, sunah karena Allah Ta'ala."


Tersebut info sekitar niat puasa Syawal dan Senin Kamis yang bisa kamu ketahui. Mudah-mudahan berguna!

×
Berita Terbaru Update