Pulau Terbesar di Dunia: 2 Diantaranya Pulau Tak Memiliki Gunung Berapi

 

Pulau terbesar di dunia
Pulau Terbesar di Dunia,2 Diantaranya Pulau Tak Memiliki Gunung Berapi(ilustrasi)

Pulau terbesar di dunia - Comunitynews - Indonesia dikenali sebagai salah satunya negara yang mempunyai pulau memiliki ukuran besar atau bahkan juga kecil dengan jumlah yang lumayan banyak. Dari jumlahnya pulau yang ada di Indonesia, ada dua pulau besar di indonesia yang tidak mempunyai gunung berapi ialah Pulau Papua dan Pulau Kalimantan. Untuk pahaminya lebih dalam, silahkan kita baca paparannya dalam artikel di bawah.


Nama Pulau Besar di Indonesia yang Tidak Mempunyai Gunung Berapi


Sebagai negara besar yang mempunyai kekayaan alam yang berlimpah, Indonesia mempunyai rentang alam yang unik dan berlainan dengan negara yang lain. Ini bisa kita kenali dari banyaknya pulau yang ada di Indonesia. Penyebaran dan jumlah pulau yang ada di Indonesia disebut dalam buku dengan judul Journey to Wisdom yang dicatat oleh Dr. H. Dayat Hidayat, MM,Tegar Yuwono, SS, MM (2020: 86).


Tercatat dalam buku itu jika Indonesia mempunyai pulau paling banyak di dunia yang menurut pengkajian citra satelit sejumlah 18.306 pulau. Pulau yang telah dinamakan sekitar 7.870 dan yang belum dinamakan 9.634 pulau. Indonesia ialah negara maritim terbesar di dunia, mempunyai luas laut 93.000 km2 dengan panjang pantai sekitaran 82.000 m2 atau 25% panjang pantai yang ada di semua dunia.


Di tiap pulau yang menyebar di Indonesia mempunyai kekhasan alam yang diikuti dari keanekaragaman rentang alam, terutamanya penyebaran gunung berapi yang ada di Indonesia. Tidaklah aneh bahkan juga Indonesia dikenal juga sebagai negara yang berada dalam tempat ring of fire atau negara yang berada di lajur cincin api.


Penyebaran jumlah gunung berapi di semua daerah Indonesia disebut dengan detail dalam buku dengan judul Modul Pengetahuan Pengetahuan Sosial Edisi PJJ (Evaluasi Jarak Jauh) pada Periode Wabah COVID-19 untuk SMP Kelas VII yang diatur oleh Tenia Kurniawati, M.Pd, ‎Andri Setiawan, M.Pd (2020:37) yang mengatakan jika penyebaran gunung berapi terbesar di Indonesia ada di sejauh Pulau Sumatra, Pulau Jawa sampai ke Pulau Nusa Tenggara.


Walau gunung berapi menyebar di semua daerah di Indonesia, ada dua pulau besar di Indonesia yang tidak mempunyai gunung berapi. Seperti yang disebut dalam buku dengan judul Tata Ruangan Air Tanah yang diatur oleh Robert J. Kodoatie (2021: 191) yang menjelaskan jika Pulau Sumatra dan Pulau Jawa dilewati oleh gunung berapi tetapi Kalimantan dan Papua tidak mempunyai gunung berapi dan Sulawesi cuma ada gunung berapi di Propinsi Sulawesi Utara.


Keterangan perihal penyebaran gunung api yang ada di Indonesia bisa Anda kenali untuk mengenali keunikan bentang alam di Indonesia lebih dalam.


Beberapa Pulau Terbesar di Dunia, salah satunya  ada di Indonesia


Beberapa Pulau Terbesar di Dunia, salah satunya  ada di Indonesia
Beberapa Pulau Terbesar di Dunia, salah satunya  ada di Indonesia(Ilustrasi)


Berdasar luas daerah, Greenland sebagai pulau terbesar di dunia dengan luas capai 2,166 juta km persegi. Berada di Samudra Atlantik Utara, Greenland sebagai sisi dari Denmark.


Pulau sebagai daerah dataran yang lebih kecil dari benua dan semuanya dikitari oleh air. Pulau bisa tercipta di samudra, laut, danau, atau sungai. Satu kelompok pulau disebutkan kepulauan.


Indonesia terhitung negara kepulauan dengan keseluruhan capai 17.508 pulau di mana 6.00 salah satunya tidak ditempati, menurut publisitas Kedutaan Besar Republik Indonesia. Mencuplik National Geographic, ada enam tipe pulau, yakni:


  • Kontinental.
  • Pasang surut.
  • Penghambat.
  • Samudera.
  • Karang.
  • Buatan.


Berdasar luas daerah, Greenland sebagai pulau terbesar di dunia dengan luas capai 2,166 juta km (km) persegi. Berada di Samudra Atlantik Utara, Greenland sebagai sisi dari Kerajaan Denmark.


Selainnya Greenland, ada beberapa pulau besar yang lain menyebar di semua dunia. Berikut daftar pulau terbesar di dunia berdasar luas daerah.


1. Greenland


Greenland tempati urutan kesatu sebagai pulau terbesar di dunia. Pulau itu mempunyai nama tradisionil Kalaallisut Kalaallit Nunaat yang memiliki arti "Tanah Kalaallit". Suku Kalaallit ialah beberapa orang Inuit Greenland asli yang menempati daerah barat negara tersebut.


Merilis National Geographic, Greenland populer akan gletser dan udaranya yang dingin. Dua pertiga dari Pulau Greenland berada di atas Lingkaran Arktik, hingga membuat cuaca dingin selama setahun.


Warga Greenland alami 24 jam cahaya matahari saat musim panas dengan temperatur cuma capai sekitaran 4°C. Dan saat musim dingin, langit terlihat gelap pekat dan temperatur turun sampai minus 34°C.


2. Papua Nugini


Tempati urutan ke-2 sebagai pulau terbesar di dunia, Pulau Papua Nugini ada dalam daerah kekuasaan Papua Nugini dan Indonesia. Luas pulau ini ialah 785.753 km persegi dan berada di Oceania di barat daya Samudra Pasifik.


Sisi timur pulau ini terhitung dalam negara Papua Nugini. Dan sisi barat sebagai daerah dari Indonesia, yakni Propinsi Papua dan Papua Barat. Beberapa kota terbesar di Pulau Papua Nugini ialah Jayapura (Ibukota Papua, Indonesia) dan Port Moresby (Ibukota Papua Nugini).


3. Kalimantan


Kalimantan sebagai pulau terbesar ke-3 dengan luas capai 748.168 km persegi. Pulau ini dikitari oleh Laut Jawa di selatan, Laut Sulawesi di timur, dan Laut Cina Selatan di utara. Secara administratif, Kalimantan terhitung ke daerah tiga negara, yakni Indonesia, Brunei Darussalam, dan Malaysia.


Selat Makassar pisahkan Kalimantan dari Sulawesi di timur dan tenggara. Dan beberapa laut dangkal dan selat terhampar di antara Kalimantan dan Sumatera di barat. Kalimantan sebagai rumah untuk gajah kerdil Kalimantan yang populer dan beruang madu Kalimantan, ke-2 nya sebagai spesies gajah dan beruang paling kecil di dunia.


4. Madagaskar


Sekitaran 482 km timur Afrika selatan, di seberang Selat Mozambik, berada pulau Madagaskar dengan luas capai 587.041 km persegi, menjadikan pulau terbesar ke-4 di dunia. Madagaskar berada di barat daya Samudra Hindia dan dipisah dari pantai Afrika oleh Selat Mozambik dengan lebar 400 km.


Madagaskar populer dengan satwa liar dan keberagaman hayatinya yang unik. Beberapa satwa dan tumbuhan seperti lemur, bunglon beragam warna, anggrek yang memikat, dan pohon baobab yang membubung tinggi sebagai keunikan dari Madagaskar.


5. Pulau Baffin


Pulau ini sebagai pulau terbesar di Kanada sekalian pulau ke-5 terbesar di dunia dengan luas permukaan atasnya 507.451 km persegi. Pulau Baffin ada di atas Lingkaran Arktik di pinggir paling timur daerah Nunavut di Kanada, dekat sama Greenland tenggara.


Pulau Baffin dikelompokkan sebagai daratan tinggi. Lanskapnya meliputi permukaan daratan tinggi dengan palung glasial. Pulau ini tidak memiliki penghuni terkecuali di beberapa permukiman pesisir kecil yang berada di sejauh Teluk Frobisher.


6. Sumatera


Sumatera ialah sebuah pulau di sisi barat Indonesia di Benua Asia. Pulau Sumatera sebagai pulau terbesar ke enam di dunia dengan luas 473.481 km persegi. Sumatera mempunyai beberapa rimba tropis dengan beragam spesies sangat jarang.


Sumatera dipisah di timur laut dari Semenanjung Malaya oleh Selat Malaka dan di selatan dari Jawa oleh Selat Sunda. Cuaca pulau ini tropis, panas, dan lembab. Titik paling tingginya ada di serangkaian Pegunungan Barisan dengan gunung berapi aktif Gunung Kerinci sebagai titik paling tinggi pada 3.805 m.


7. Honshu


Pulau Honshu ialah pulau khusus di Jepang dengan luas capai 227.960 km persegi. Beberapa kota besar seperti Tokyo dan Kyoto berada di pulau ini. Honshu sebagai pulau paling padat di Jepang, diprediksi sekitaran 83% komunitas Jepang tinggal di pulau ini.


Pulau Honshu berada di di antara Samudra Pasifik di timur dan Laut Jepang di barat. Gunung paling tinggi di Jepang, Gunung Fuji, dan danau paling besarnya, Danau Biwa, berada di Pulau Honshu.

0 Response to "Pulau Terbesar di Dunia: 2 Diantaranya Pulau Tak Memiliki Gunung Berapi"

Iklan Atas artikel




Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Loading...

Iklan Bawah Artikel

Loading...