-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

iklan

Iklan

Tag Terpopuler

19 Jui Hari Ayah Hari Ayah Sedunia 2022, Lalu Bagaimana Sejarah Hari Ayah Sedunia?

Sunday, June 19, 2022 | 5:55 PM WIB Last Updated 2022-06-19T10:56:33Z
iklan

 

Hari ayah sedunia
19 Jui Hari Ayah Hari Ayah Sedunia 2022, Lalu Bagaimana Sejarah Hari Ayah Sedunia?

Hari Ayah hari ayah sedunia - Comunitynews - Hari Ayah Sedunia 2022 atau International Father's Day diperingati hari ini, Minggu (19/6/2022).


Tiap tanggal 19 Juni memang diperingati sebagai Hari Ayah Sedunia yang umumnya dirayakan di Amerika Serikat, India, Spanyol dan negara yang lain ikutinya.


Hari Ayah Sedunia ini berlainan dengan Hari Ayah Nasional di Indonesia yang diperingati tiap tanggal 12 November.


Hari Ayah Nasional diprakarsai oleh Perkumpulan Putra Ibu Pertiwi (PPIP). dan pertama kalinya diperingati pada 12 November 2006.


Lalu, bagaimana. sejarah Hari Ayah Sedunia?


Sejarah Hari Ayah Sedunia


Merilis Hindustan Times, Hari Ayah yang dirayakan tanggal 19 Juni sebagai adat masyarakat Amerika Serikat untuk menghargai figur ayah.


Peringatan ini pertama kalinya diusulkan oleh Sonora Smart Dodd dari Spokane, Washington di tahun 1909.


Ayah Sonora ialah veteran Perang Sipil William Jackson Smart, orangtua tunggal yang memperbesar enam anaknya seorang diri.


Hari Ayah disahkan pertama kalinya di Amerika Serikat (AS) pada awa


Sesudah dengar ceramah mengenai Hari Ibu di Gereja Episkopal Metodis Pusat di tahun 1909, Sonora memberitahu pendetanya jika Hari Ayah harus diselenggarakan seperti Hari Ibu.


dia merekomendasikan untuk rayakan Hari Ayah pada 5 Juni karena hari itu sebagai ulang tahun ayahnya.


Tetapi, beberapa pendeta dari Spokane Ministerial Alliance tidak punyai cukup waktu untuk menyiapkan ceramah mereka, dan perayaan itu diundur sampai Minggu ke-3 bulan Juni.


Hari Ayah Sedunia lalu pertama kalinya dirayakan di Spokane YMCA pada 19 Juni 1910.


Pengesahan Hari Ayah yang diusulkan oleh Sonora awalannya tidak dianggap. Pemerintahan menampik ada keinginan peringatan ini untuk jadi hari liburan nasional.


Walau begitu, di tahun 1966, Presiden Lyndon B. Johnson pada akhirnya keluarkan proklamasi presiden pertama untuk menghargai ayah, lyang dirayakan hari Minggu ke-3 pada bulan Juni.


Pada periode kedudukan Presiden Richard Nixon, 19 Juni disahkan sebagai hari liburan nasional tetap. Dia menandatanganinya jadi undang-undang di tahun 1972.



Di Hari Ayah tiap tahunnya, anak-anak mengaku dan menghargakan ayah dan sosok mereka yang mainkan peranan penting di kehidupan mereka, baik secara emosional, moral, atau sampai keuangan.


Di hari itu, anak-anak menyadari keutamaan peranan seseorang ayah di kehidupan satu orang dan mengaku peran ayah buat keluarga mereka sendiri dan penduduk pada biasanya.


Buat rayakan moment itu, anak-anak beli atau membikin hadiah buat ayah atau sosok seperti ayah mereka.

×
Berita Terbaru Update