-->

Notification

×

Iklan

iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Prihal Bantuan Panglima TNI Autopsi Brigadir j Siap Membantu Polri Bila Memang Nanti di Minta Bantuan

Saturday, July 23, 2022 | 7:12 AM WIB Last Updated 2022-07-23T07:02:03Z
iklan

 

Panglima TNI autopsi brigadir j
Prihal Bantuan Panglima TNI Autopsi Brigadir j Siap Membantu Polri Bila Memang Nanti di Minta Bantuan 


Panglima TNI autopsi - Jakarta - comunitynews - Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa menjelaskan siap menolong(membantu) Polri lakukan autopsi ulangi Jenazah  Brigadir Nopryansah Yosua Hutabarat atau Brigadir J.


"Jadi saya, TNI, siap menolong," kata Andika di Mako Kolinlamil Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jumat, 22 Juli 2022.


TNI mempunyai tiga rumah sakit kelas A dan beragam rumah sakit kelas di bawahnya yang menyebar di beberapa wilayah. Dengan kekuatan itu, ucapnya, TNI siap menolong ekshumasi Jenazah Brigadir J.


Andika menjelaskan, TNI akan mempersiapkan rumah sakit, team dokter senior, sampai perlengkapan klinis terbaik yang diperlukan untuk ekshumasi itu.


"Kami tentu datangkan dokter-dokter atau semua piranti medis yang dibutuhkan, yang terbaik, karena ini merupakan misi kemanusiaan," kata bekas Kepala Staff TNI Angkatan Darat (Kasad) itu.


Akan tetapi, imbuhnya, faksinya sampai sekarang belum terima dengan cara resmi keinginan berkaitan hal itu, baik dari keluarga Brigadir J atau faksi kepolisian.


Bila memang nanti TNI diminta bantuan berkaitan hal itu, ucapnya, karena itu faksinya akan memantau langsung objecttivitas proses itu, baik dari penyeleksian rumah sakit atau team dokter yang hendak diikutsertakan untuk menolong. DIa memperjelas akan pastikan proses itu tidak diintervensi oleh siapa pun.


"Hingga mereka dapat memberi penilaian atau misalkan sumbangsih dari sisi keilmuan itu lebih optimal dan yang lebih bernilai memang terkendali dalam makna tidak interferensi sedikit pun hingga mereka dapat memberi penilaian yang betul-betul objektif," terangnya.


Awalnya, Mabes Polri menjelaskan belum memutuskan lokasi autopsi ulangi Brigadir J. Tetapi, Kepala Seksi Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo menjelaskan autopsi ulangi akan dilaksanakan di Jambi.


"Rumah sakit dari keinginan faksi advokat ada banyak rumah sakit yang satu diantaranya RSCM, RSPAD bisa. Faksi advokat sampaikan semacam itu. Dari beragam rumah sakit, dokter-dokter memang berpengalaman di bagian kedokteran forensik itu akan didatangkan," ucapnya ke reporter di Gedung Seksi Humas Polri, Jumat.


Ia menjelaskan, faksi keluarga Brigadir J minta autopsi ulangi di RSCM. Tetapi, lokasi ini tidak dapat ditegaskan karena masih juga dalam tahapan komunikasi. Begitu halnya waktu autopsi ulangi Brigadir J.


"Ya selekas mungkin. Secepatnya jika misalkan pekan depan, pekan depan pasti dilaksanakan oleh penyidik. Penyidik tidak ingin ambil resiko," katanya.

×
Berita Terbaru Update