-->

Notification

×

Iklan

iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Data Terbaru Dikabarkan Gunung Raung Meletus Dengan 4 Tingkatan Yang Wajib di Ketahui

Thursday, July 28, 2022 | 4:03 PM WIB Last Updated 2022-07-28T09:03:05Z
iklan
Data Terbaru Dikabarkan Gunung Raung Meletus Dengan 4 Tingkatan Yang Wajib di Ketahui
Data Terbaru Dikabarkan Gunung Raung Meletus Dengan 4 Tingkatan Yang Wajib di Ketahui



Gunung Raung Meletus - comunitynews - Status Gunung Raung terbaru harus dipahami oleh warga, khususnya yang ada di daerah sekitaran Gunung Raung. Dijumpai Gunung Raung di Jawa Timur meletus pada Rabu (27/7/2022).

yuk Baca data terbaru sekitar status Gunung Raung di bawah ini.


Berikut Informasi Gunung Raung Meletus


Gunung Raung meletus di hari Rabu, 27 Juli 2022, sekitaran jam 17.19 WIB. Hal tersebut dibetulkan oleh Kepala pos penilaian Gunung Api (PPGA) Raung, Mukijo


"Betul. Gunung Raung meletus sekitaran jam 17.19 WIB," ucapnya, seperti diambil dari berbaga sumber, Rabu (27/7/2022).


Gunung Raung meletus sepanjang sekitaran 9 menit. Dalam rekaman seismograf, kata Mukijo, Gunung Raung erupsi sepanjang 9 menit.


"Berjalan sekitaran 9 menit. Start pukul 17.19 WIB sampai jam 17.28 WIB," tegasnya.


Faksi PPGA Raung memperoleh gambar atau foto Gunung Raung meletus itu dari Jampit Bondowoso. Asap abu-abu mengepul di arah barat dan barat laut.


Status Gunung Raung Tingkat 1 dan Jarak Aman 2 Km


Gunung Raung yang alami erupsi itu berada di tepian Banyuwangi, Jember dan Bondowoso. Sampai sekarang ini, status Gunung Raung masih normal. Status Gunung Raung sekarang ini ialah Tingkat 1.


"Sampai sekarang ini tidak terekam ada erupsi susulan," tutur Mukijo.


Kepala Pos Penilaian Gunung Api (PPGA) Raung Mukijo menghimbau ke masyarakat sekitaran yang tinggal di dekat Gunung Raung tidak untuk melakukan aktivitas sepanjang 2 km dari pucuk Gunung Raung.


"Jarak aman 2 km dari pucuk," kata Mukijo


Apasih yang dimaksud Itu Status Gunung Raung Tingkat 1?


Status Gunung Raung terbaru telah didapati, yakni dengan status normal (tingkat 1). Lalu, apakah yang dimaksud dengan tingkat 1 status Gunung Raung? Dan apa tingkat atau jenjang status gunung api di Indonesia? Baca penuturannya di bawah ini.


Dikutip dari situs sah Indonesiabaik.id, tiap negara mempunyai mekanisme atau status peringatan dalam menganalisis kegiatan vulkanik gunung api yang berbeda. Indonesia memakai mekanisme peringatan dari tingkat aktif normal, sampai tingkat awas. Sementara di Rusia, mereka memakai mekanisme peringatan berbentuk warna.


Untuk dipahami, tingkat 1, seperti status Gunung Raung sekarang ini, itu sebagai status yang termasuk normal. Adapun status awas sebagai status paling bahaya dalam mekanisme peringatan kegiatan vulkanis gunung api di Indonesia.


Jenjang Tingkat Status Gunung Api di Indonesia


Masih merilis dari situs yang serupa, tingkat status peringatan kegiatan vulkanis gunung api di Indonesia ada empat jenjang status. Masing-masing tingkat status mengisyaratkan keadaan dan kegiatan vulkanik gunung api yang berbeda.


Berikut jenjang tingkat status gunung api di Indonesia:


Tingkat 1: Aktif Normal


Status Aktif Normal ialah tidak ada peralihan kegiatan secara visual, seismik, dan peristiwa vulkanik pada gunung api yang dilihat. Ini memberikan tidak ada letusan sampai periode waktu tertentu. Pada status tingkat 1, berdasar penilaian hasil dari visual, kegempaan dan tanda-tanda vulkanik yang lain, aktivitas gunung api itu tidak menunjukkan ada abnormalitas . Maka, status Gunung Raung tingkat 1 masih terhitung normal.


Tingkat 2: Siaga


Status Siaga ialah memperlihatkan kegiatan seismik mulai bertambah dan memulai ada peristiwa vulkanik. Pada status tingkat 2 mulai kelihatan peralihan visual disekitaran kawah. Mulai terjadi masalah magmatik, tektonik, atau hidrotermal, tetapi diprediksi tidak terjadi erupsi dalam periode waktu tertentu.


Tingkat 3: Waspada


Status Waspada ialah ada kenaikan seismik yang disokong dengan pengawasan vulkanik yang lain. Tingkat ini kelihatan terang peralihan baik secara visual atau peralihan kegiatan kawah. Menurut analitis data pengamatan, keadaan itu akan dituruti dengan letusan khusus. Maknanya, bila kenaikan kegiatan gunung api jadi berlanjut, peluang erupsi besar kemungkinan terjadi dalam periode dua minggu.


Tingkat 4: Awas atau waspada


Status Awas ialah keadaan paling berpeluang terjadinya erupsi atau letusan. Status Awas mengatakan letusan khusus yang diteruskan dengan letusan awalnya, dituruti semburan abu dan uap. Kemudian akan dituruti dengan erupsi besar. Pada keadaan itu, peluang erupsi besar akan berjalan dalam periode 24 jam.

Demikianlah informasi sekitar status Gunung Raung dan jenjang status tingkat gunung api di Indonesia.

×
Berita Terbaru Update