0
Home  ›  Berita desa  ›  Bumdes Desa  ›  desa Rawi penengahan

BumDes Desa Rawi Jadi Sorotan Masyarakat Diduga Tidak Tepat Sasaran Realisasi Anggaran

"BumDes Desa - comunitynews - BUMDES Desa Rawi Jadi Sorotan Masyarakat Diduga Tidak Tepat Sasaran Realisasi Anggaran, saat ini warga Desa Rawi Kecamata"

BumDes Desa Rawi Jadi Sorotan Masyarakat Diduga Tidak Tepat Sasaran Realisasi Anggaran
BumDes Desa Rawi Jadi Sorotan Masyarakat Diduga Tidak Tepat Sasaran Realisasi Anggaran


BumDes Desa - comunitynews - BUMDES Desa Rawi Jadi Sorotan Masyarakat Diduga Tidak Tepat Sasaran Realisasi Anggaran, saat ini warga Desa Rawi Kecamatan penengahan Kabupaten lampung Selatan kembali mengeluhkan tentang tidak tepatnya sasaran realisasi anggaran penyertaan tambahan modal untuk Bumdes dikatakan nya masyarakat sekitar kepada awak media sabtu (30/7/2022).


Menurut warga setempat kepada awak media dimana dana BUMDes diduga disalahgunakan oleh Oknum Oknum , lantas kemana peran Kepala DESA ? menurut warga sekitar bahwa dalam penggunaan dana tersebut tidak sesuai dengan prosedur pengelolaan yang ditetapkan , apalagi pengurus BUMDes juga tidak jelas , bahkan sejumlah warga justru tidak mengetahui siapa pengurus BUMDes  Rawi, jika memang ada pengurus seharusnya Kades menyerahkan anggaran tersebut ke pengurus BUMDes agar realisasinya bisa tepat sasaran sesuai yang direncanakan , selanjutnya pelaksana operasional wajib melaporkan pertanggung jawaban pengurusan dan pengelolaan BUMDes kepada Kepala Desa secara berkala.


Penyertaan modal dari Pemerintah Desa dalam bentuk pembiayaan dan kekayaan desa yang diserahkan untuk dikelola sebagai bagian dari usaha BUMDes untuk dikembangkan agar bisa meningkatkan pendapatan asli desa. Ungkapnya


Sejauh ini, lanjutnya keberadaan BUMDes tidak begitu memberikan dampak baik bagi Desa Rawi, lantaran BUMDes diduga diberikan dalam bentuk bantuan yang disalurkan oleh Kepala Desa Rawi kepada warga tertentu yang ditunjuk oleh Pemerintah Desa.


"Anehnya, BUMDES diberikan dalam bentuk bantuan kepada warga, kriteria warga yang menerima bantuan dari BUMDes juga tidak jelas . Apakah warga miskin atau warga kriteria bagaimana yang berhak menerima. Justru yang menerima bantuan itu warga yang terbilang mampu,"terangnya.


"Kita minta pihak Inspektorat  bisa turun, mengecek langsung BUMDes Rawi. Untuk memastikan keberadaan dan alokasi BUMDes tersebut. Selain itu BUMDes tidak jelas unit usaha yang dikembangkan, sudah empat tahun pernyataan modal dan tidak memberikan manfaat ke masyarakat," terangnya.


Ditambahkannya, selain BUMDes realisasi Dana Desa Rawi juga dinilai tidak transparan dalam pelaksanaannya. Bahkan sampai sekarang tidak ada transparansi dalam pengelolaan dana desa, termasuk pemasangan info grafik di desa hingga membingungkan masyarakat setempat .


"Permasalahan kinerja Kepala Desa Rawi sudah sering dikeluhkan, bahkan tidak pernah melaksanakan Musdes setiap pembahasan RKPD sehingga warga tidak jelas kemana peruntukkan Dana Desa kita juga meminta kepada tim kecamatan lebih jeli mengevaluasi RKPDes Agar tidak terjadi gejolak di masyarakat," terangnya.


Saat awak media wawancara dengan sekretaris "Z' BUMDes desa Rawi, yang engan di sebutkan namanya, " benar bang saya adalah sekretaris BUMDes desa Rawi, kalau untuk pengelolaan administrasi kemarin saya, dan sekarang sudah saya serahkan lagi ama ketua BUMDes nya, karna itu di tanyain ama ketua, sekarang saya tidak bekecimpung lagi di BUMDes. Ujar nya, Z

Tambah nya, "bang kalau uang yang di kelola di BUMDes saya juga gak paham, karna ketua lah yang lebih tau tentang dana BUMDes itu, waktu saya catat pun bayak nya kejangagalan, entah untung berapa, dan rugi nya berapa,' yang jelas menurut saya dana BUMDes itu tidak tepat sasaran nya. Papar nya, Z


Bila mana berita ini terbit masih proses klarifikasi dan masih mengandung azas praduga tak bersalah, belum ada hak jawab dari ketua BUMDes desa Rawi kec. penegahan keb. Lampung selatan.Sabtu, 30/juli/2022.


Meong

Post a Comment
Search
Menu
Theme
Share
Additional JS