Cara Sholat Tahajud: Niat, Tata Cara, dan Bacaan Surat Pendek

 Niat Sholat Tahajud

Cara Sholat Tahajud: Niat, Tata Cara, dan Bacaan Surat Pendek
ilustrasi: Cara Sholat Tahajud: Niat, Tata Cara, dan Bacaan Surat Pendek

Doa Sholat Tahajud - comunitynews - Sholat tahajud adalah sholat sunnah yang dilakukan pada malam hari setelah bangun tidur. Sholat tahajud dilakukan dengan dua rakaat sholat dan satu salam. Pada artikel ini, akan dijelaskan niat sholat tahajud lengkap dengan tata cara mengerjakannya, bacaan surat pendek, serta doa setelah sholat tahajud.

Niat Sholat Tahajud


Niat sholat tahajud adalah sebagai berikut:

أُصَلِّيْ سُنَّةَ التَهَجُّدِ رَكْعَتَيْنِ لِلّٰهِ تَعَالَى

Artinya: "Saya berniat melaksanakan sholat sunnah tahajud dua rakaat karena Allah ta'ala."

Niat sholat tahajud tidak hanya diucapkan secara lisan, tetapi juga harus diniatkan di dalam hati bersamaan dengan takbiratul ihram.

Tata Cara Mengerjakan Sholat Tahajud


Tata cara mengerjakan sholat tahajud tidak jauh berbeda dengan sholat sunnah pada umumnya, yaitu dengan dua rakaat sholat dan satu salam. Yang membedakan sholat tahajud dengan sholat sunnah lainnya adalah waktu pelaksanaannya, yaitu pada malam hari setelah bangun tidur.

Berikut adalah tata cara mengerjakan sholat tahajud:


  1. Membaca niat sholat tahajud.
  2. Takbiratul ihram diikuti dengan doa iftitah.
  3. Membaca surat Al-Fatihah.
  4. Membaca surat pendek (surat apa saja yang ada di dalam Al-Qur'an, baik surat pendek maupun tidak).
  5. Rukuk.
  6. Itidal.
  7. Sujud.
  8. Duduk di antara dua sujud.
  9. Sujud.
  10. Berdiri dan mengulang gerakan sholat seperti pada rakaat pertama.
  11. Membaca doa tahiyat akhir pada rakaat kedua.
  12. Salam.
  13. Bacaan Surat Pendek

Dalam sholat tahajud, tidak ada surat pendek yang dikhususkan untuk dibaca. Kita dapat membaca surat apa saja yang ada di dalam Al-Qur'an, baik surat pendek maupun tidak.

Doa Setelah Sholat Tahajud


Setelah selesai mengerjakan sholat tahajud, kita dapat membaca doa sebagai bentuk syukur dan memohon kepada Allah ta'ala. Berikut adalah contoh doa setelah sholat tahajud:


 اَللهم رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ قَيِّمُ السَّمَوَاتِ وَاْلأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ مَلِكُ السَّمَوَاتِ واْلأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ نُوْرُ السَّمَوَاتِ وَاْلأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ الْحَقُّ، وَوَعْدُكَ الْحَقُّ، وَلِقَاءُكَ حَقٌّ، وَقَوْلُكَ حَقٌّ، وَالْجَنَّةُ حَقٌّ، وَالنَّارُ حَقٌّ، وَالنَّبِيُّوْنَ حَقٌّ، وَمُحَمَّدٌ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَقٌّ، وَالسَّاعَةُ حَقٌّ. اَللهم لَكَ أَسْلَمْتُ، وَبِكَ آمَنْتُ، وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ، وَإِلَيْكَ أَنَبْتُ، وَبِكَ خَاصَمْتُ، وَإِلَيْكَ حَاكَمْتُ، فَاغْفِرْ لِيْ مَا قَدَّمْتُ وَمَا أَخَّرْتُ وَمَا أَسْرَرْتُ وَمَا أَعْلَنْتُ وَمَا أَنْتَ أَعْلَمُ بِهِ مِنِّي. أَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَأَنْتَ الْمُؤَخِّرُ لآ اِلَهَ إِلَّا أَنْتَ. وَلَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللهِ  

Artinya: Ya Allah ya Tuhan kami, segala puji bagi-Mu, Engkaulah penegak langit dan bumi serta makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkaulah penguasa langit dan bumi serta seluruh makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkaulah cahaya langit, dan bumi serta seluruh makhluk di dalamnya.

Segala puji bagi-Mu, Engkaulah yang Maha Benar. Janji-Mu adalah benar, pertemuan dengan-Mu kelak adalah benar, Firman-Mu benar adanya, surga itu nyata, neraka pun demikian. Para nabi itu benar demikian pula Nabi Muhammad itu benar, dan hari Kiamat itu benar.


Wahai Tuhanku, hanya kepada-Mu aku berserah diri dan hanya kepada-Mu pula aku beriman. Kepada-Mu aku pasrah dan kepada-Mu aku kembali. Karena-Mu aku rela bertikai.

Hanya pada-Mu dasar putusanku, maka dari itu ampuni dosaku yang telah lalu dan yang kemudian, dosa yang kusembunyikan dan yang kunyatakan, dosa lain yang lebih Kamu ketahui ketimbang aku.

Engkau Yang Maha Terdahulu, Engkaulah Yang Maha Kelak, tidak ada Tuhan selain Engkau dan tidak ada daya upaya dan tidak ada kekuatan selain dari pertolongan Allah.

0 Response to "Cara Sholat Tahajud: Niat, Tata Cara, dan Bacaan Surat Pendek"

Iklan Atas artikel




Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Loading...

Iklan Bawah Artikel

Loading...