-->

Notification

×

Iklan

iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Tips Menjaga Kesehatan Tubuh dengan Pola Makan Sehat dan Gaya Hidup Seimbang

Friday, March 24, 2023 | 6:06 AM WIB Last Updated 2023-03-23T23:06:31Z
iklan

 Pola Makan Sehat Gaya Hidup Seimbang

Tips Menjaga Kesehatan Tubuh dengan Pola Makan Sehat dan Gaya Hidup Seimbang
Tips Menjaga Kesehatan Tubuh dengan Pola Makan Sehat dan Gaya Hidup Seimbang

pola makan sehat - comunitynews - Semua orang ingin memiliki tubuh yang sehat, namun untuk mencapainya diperlukan konsistensi dalam menjalankan kebiasaan baik setiap hari. Meskipun sebenarnya menjaga kesehatan tubuh tidaklah terlalu sulit.

Ada beberapa tips untuk menjaga kesehatan tubuh, salah satunya adalah dengan memperhatikan makanan yang dikonsumsi setiap hari. Konsumsilah makanan yang mengandung karbohidrat sehat seperti nasi merah, oat, quinoa, dan roti gandum. Selain itu, perbanyak pula konsumsi lemak sehat seperti alpukat, biji-bijian, ikan laut, ikan air tawar, dan kacang-kacangan, serta makanan yang mengandung vitamin dan mineral seperti asparagus, brokoli, kale, kembang kol, mentimun, jamur, kubis, lobak, labu, paprika, terong, dan wortel. Protein juga penting untuk tubuh dan bisa didapatkan dari daging tanpa lemak, produk olahan susu, susu, dan telur. Selain itu, konsumsi buah-buahan seperti anggur, apel, blueberry, jeruk, kiwi, lemon, mangga, nanas, pir, pisang, stroberi, dan lainnya juga sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Makanan sehat tersebut sangat penting untuk dikonsumsi agar tubuh tetap sehat. Jika seseorang terbiasa makan sembarangan, hal tersebut bisa membahayakan kesehatannya di masa depan.

Dokter Gizi, dr. Pande Putu Agus Mahendra, M.Gizi, Sp.GK menjelaskan bahwa banyak makanan dan minuman sehari-hari yang bisa memicu berbagai penyakit di masa mendatang, seperti Penyakit Tidak Menular (PTM) seperti hipertensi dan diabetes.

"Dalam keseharian, makanan dan minuman bisa menyebabkan penyakit tidak menular seperti diabetes dan hipertensi," kata dr. Pande.

"Banyak yang tidak menyadari, misalnya minum kopi susu. Kandungan gulanya cukup tinggi," lanjutnya.

Selain itu, ada beberapa makanan yang juga bisa memicu PTM seperti gorengan tempe, bakwan, dan ayam goreng, serta makanan cepat saji atau junk food, dan makanan nasi padang jika dikonsumsi terus menerus dan sering.

Hipertensi dan diabetes adalah penyakit yang bisa muncul akibat pola makan yang tidak sehat. Oleh karena itu, penting untuk selalu aware terhadap apa yang dikonsumsi agar kesehatan tubuh terjaga. Hal ini karena apa yang dikonsumsi saat usia muda akan berpengaruh pada masa depan.

"Begitu juga untuk makanan-makanan siap saji seperti ayam goreng tepung. Tepung dan minyaknya keserap lebih banyak ke tepungnya. Kalau bikin tempe mendoan dan bakwan tepungnya tinggi, jadi menyerap banyak minyak. Belum lagi ditambah masakan padang, dagingnya bagus tapi santannya banyak kalori. Itu yang tidak kita sadari," tambah dr. P


Selain itu, Dr. Pande juga menekankan pentingnya menjaga pola makan yang seimbang dengan olahraga teratur untuk menjaga kesehatan tubuh secara optimal.

"Jadi kalau pola makannya sudah kurang baik, misalnya ada faktor risiko diabetes atau hipertensi, itu perlu dibatasi. Makanan yang memiliki kandungan gula dan garam tinggi perlu dihindari. Olahraga juga sangat penting, minimal 30 menit setiap hari," ujar Dr. Pande.

Olahraga rutin dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah, mengurangi risiko penyakit jantung, diabetes, serta membantu menjaga berat badan yang sehat.

Dalam menjaga kesehatan tubuh, tidak hanya pola makan yang harus diperhatikan, tetapi juga pola tidur yang cukup, menghindari kebiasaan merokok dan mengonsumsi alkohol secara berlebihan, serta mengelola stres dengan baik.

Dengan menjaga pola makan yang sehat dan gaya hidup yang seimbang, diharapkan dapat membantu menjaga kesehatan tubuh secara optimal dan mengurangi risiko terkena penyakit tidak menular di masa mendatang.
×
Berita Terbaru Update