Menghindari Kerumunan Puncak Arus Mudik Lebaran 2023

 Arus Mudik Lebaran 2023

Menghindari Kerumunan Puncak Arus Mudik Lebaran 2023
ilustrasi:Menghindari Kerumunan Puncak Arus Mudik Lebaran 2023

Arus Mudik Lebaran 2023 - comunitynews - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) meminta masyarakat untuk mengatur waktu mudik guna menghindari kerumunan pada masa puncak arus mudik, yaitu pada H-4 hingga H-1 atau tanggal 18 hingga 22 April 2023.

Puncak arus mudik sebelumnya diprediksi terjadi pada H-1 atau tanggal 21 April. Namun, dengan adanya penyesuaian waktu cuti bersama, maka kemungkinan besar akan terjadi lonjakan penumpang sejak tanggal 18 April malam.

Oleh karena itu, Kepala Humas Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, Pitra Setiawan, dalam keterangannya pada Senin (17/4), mengimbau masyarakat untuk mudik lebih awal dan menghindari puncak arus mudik.

Untuk menyukseskan penyelenggaraan Angkutan Lebaran, peran aktif masyarakat sangat diharapkan. Selain pemerintah, masyarakat juga bertanggung jawab untuk merencanakan dan mengatur perjalanan dengan baik sebelum melakukan perjalanan.

Untuk memastikan perjalanan mudik lancar dan selamat, para pemudik perlu memperhatikan beberapa hal, seperti menyiapkan kendaraan dan kondisi fisik pengemudi, rute, dan waktu perjalanan. Seiring dengan meningkatnya pergerakan pemudik motor pada akhir pekan lalu, Pitra juga mengimbau para pemudik motor yang menggunakan jalan arteri nasional untuk memperhatikan waktu istirahat setiap 4 jam. Ditjen Hubdat juga menyediakan rest area di UPPKB seperti Losarang dan Balonggandu yang bisa digunakan para pemudik motor untuk beristirahat.

Selama perjalanan, meskipun tidak terjadi kemacetan, para pemudik tetap perlu berhati-hati dan mematuhi rambu-rambu lalu lintas serta arahan petugas di lapangan. Pitra juga meminta para pemudik yang melewati jalur arteri untuk mewaspadai adanya pasar tumpah di kanan-kiri jalan.

Dengan mengatur waktu mudik dengan baik dan memperhatikan beberapa hal yang perlu dipersiapkan, diharapkan masyarakat bisa menghindari kerumunan pada masa puncak arus mudik dan merayakan Lebaran dengan selamat bersama keluarga.

0 Response to "Menghindari Kerumunan Puncak Arus Mudik Lebaran 2023"

Iklan Atas artikel




Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Loading...

Iklan Bawah Artikel

Loading...