Arab Saudi Idul Adha Idul Adha

Arab Saudi Idul Adha: Perbedaan Jadwal Indonesia dan Arab Saudi Memilih Tanggal yang Berbeda

comunitynews
4:37 PM
0 Comments
Home
Arab Saudi Idul Adha
Idul Adha
Arab Saudi Idul Adha: Perbedaan Jadwal Indonesia dan Arab Saudi Memilih Tanggal yang Berbeda

 Arab Saudi Idul Adha

Arab Saudi Idul Adha
Ilustrasi: Arab Saudi Idul Adha: Perbedaan Jadwal Indonesia dan Arab Saudi Memilih Tanggal yang Berbeda

Arab Saudi Idul Adha - comunitynews - di kutip dari Timeout Riyadh dalam kalender religius, terdapat perbedaan menarik antara Indonesia dan Arab Saudi dalam menentukan jadwal Hari Raya Idul Adha. Kementerian Agama Republik Indonesia telah mengumumkan bahwa perayaan Idul Adha akan berlangsung pada Kamis, 29 Juni 2023. Sementara itu, di Arab Saudi, Hari Raya Haji diperingati pada Rabu, 28 Juni 2023.

Seperti yang kita ketahui, Haji adalah salah satu perjalanan spiritual terbesar yang dilakukan oleh umat Islam setiap tahunnya. Pada bulan Dzulhijjah, para jamaah Muslim dari seluruh dunia berkumpul di kota suci Mekah, Arab Saudi, untuk melaksanakan ibadah Haji.

Ternyata, pengumuman tanggal penting ini tidak hanya bergantung pada hitungan kalender, tetapi juga melibatkan pemantauan bulan sabit. Berdasarkan laporan Timeout Riyadh, pemerintah Arab Saudi melakukan pemantauan bulan dan menetapkan bahwa Hari Arafah akan terjadi pada Selasa, 27 Juni. Sehingga, Hari Raya Idul Adha dirayakan pada hari Rabu, 28 Juni.

Sangat menarik melihat ribuan peziarah Muslim dari berbagai belahan dunia datang ke Mekah pada hari ketujuh bulan Dzulhijjah. Pada tanggal 25 Juni tahun ini, mereka memasuki Mekah dengan penuh harap dan niat suci untuk menjalankan ibadah Haji.

Dalam keadaan ihram, mereka mengenakan pakaian yang sederhana dan berbeda dari pakaian sehari-hari. Bagi para pria, ihram berarti mengenakan kain putih tanpa jahitan, dengan satu lembar kain dililitkan di pinggang dan satu lagi disampirkan di bahu kiri, menampilkan kerendahan hati dan kesatuan spiritual di antara mereka.

Sedangkan jamaah perempuan diperbolehkan memilih pakaian sederhana mereka sendiri, dengan tetap mematuhi aturan berhijab dan tidak menutupi wajah.

Meskipun terdapat perbedaan jadwal antara Indonesia dan Arab Saudi, makna dan tujuan dari perayaan Hari Raya Idul Adha tetap sama. Perayaan ini adalah momen untuk menghormati perjalanan Nabi Ibrahim dan pengorbanannya yang menginspirasi umat Muslim di seluruh dunia.

Ikuti kami di Google News 

Blog authors