0
Home  ›  Internasional  ›  kecelakaan kereta di india  ›  odong odong tertabrak kereta api

Kecelakaan Kereta di India: Tragedi Tabrakan Mematikan di Odisha 2023

"Kecelakaan Kereta di India - comunitynews - Kecelakaan yang terjadi di India pada malam Jumat (2/6/2023) kembali mengguncang dengan hebat"

 Kecelakaan Kereta di India

Kecelakaan Kereta di India
Kecelakaan Kereta di India: Tragedi Tabrakan Mematikan di Odisha 2023 foto : sumber terpercaya

Kecelakaan Kereta di India - comunitynews - Kecelakaan yang terjadi di India pada malam Jumat (2/6/2023) kembali mengguncang dengan hebat. Dalam kejadian ini, jumlah korban tewas mencapai 288 jiwa sementara 900 orang lainnya mengalami luka-luka yang parah.

Kecelakaan tragis ini terjadi di Odisha, India, sebagai akibat dari suatu tabrakan yang mengguncangkan. Pada pukul 19:00 waktu setempat pada Jumat malam, tepatnya, Howrah Superfast Express, yang beroperasi dari Bangalore menuju Howrah, Benggala Barat, bertabrakan dengan Coromandel Express, yang berlayar dari Kolkata menuju Chennai.

Tabrakan ini merupakan salah satu bencana paling dahsyat yang pernah terjadi di India. Sebelum tragedi yang terjadi di Odisha ini, negara tersebut pernah beberapa kali dilanda kecelakaan kereta api yang merenggut nyawa ratusan orang.

Kereta api telah menjadi sarana transportasi yang sangat diminati di India, mengingat bahwa seluruh wilayah negara ini terdiri dari daratan. Sebelum terjadinya kecelakaan di Odisha, tercatat sudah ada delapan insiden tragis yang melibatkan moda transportasi kereta api di India. 

Di samping India, beberapa kecelakaan kereta api yang mengguncang juga pernah terjadi di berbagai negara. Tragedi Queen of the Sea Land menjadi salah satu peristiwa yang amat menyakitkan. Tidak hanya menelan korban jiwa dalam jumlah ribuan, tetapi insiden ini juga sangat menyedihkan karena diakibatkan oleh bencana alam yang terjadi ribuan kilometer jauhnya dari lokasi kejadian.

Gempa dahsyat yang melanda Aceh pada bulan Desember 2004 mengakibatkan terjadinya tsunami di sejumlah negara Asia, termasuk di Sri Lanka. Akibat dari tsunami tersebut, kereta api Queen of the Sea Land terseret dan menyebabkan kematian ribuan penumpangnya.

Indonesia juga pernah beberapa kali mengalami kecelakaan kereta api yang mematikan. Salah satu tragedi paling mengerikan adalah Tragedi Bintaro pada tahun 1987 yang menyebabkan kematian 153 orang.

Ikuti artikel menarik lainya di Google News
Post a Comment
Search
Menu
Theme
Share
Additional JS