Tentang G30S PKI: Sebuah Sorotan pada Peristiwa Kelam Tanggal 30 September

 Tentang G30S PKI

Tentang G30S PKI
Ilustrasi: Tentang G30S PKI: Sebuah Sorotan pada Peristiwa Kelam Tanggal 30 September

Tentang G30S PKI - comunitynews - Tanggal 30 September mengingatkan kita pada peristiwa tragis G30S PKI tahun 1965 yang berlalu.

Peristiwa G30S PKI adalah babak kelam dalam sejarah Indonesia yang tidak bisa dilupakan.

Setiap tahun, tanggal 30 September menjadi pengingat akan kejadian kelam G30S/PKI, pemberontakan yang dipimpin oleh DN Aidit dari PKI. Pada tanggal ini, aksi penculikan dan pembunuhan terhadap sejumlah jenderal Angkatan Darat terjadi.

Berikut adalah kronologi peristiwa G30S PKI ini:


Peristiwa tragis ini terjadi di tengah malam, saat pergantian dari Kamis, 30 September 1956, ke Jumat, 1 Oktober 1965.

Aksi kudeta yang sebelumnya dikenal dengan Operasi Takari ini kemudian berubah menjadi Gerakan 30 September.

Mereka menculik dan membunuh para perwira tinggi Angkatan Darat, berhasil menculik enam perwira tinggi Angkatan Darat pada tanggal 30 September.

Enam jenderal yang gugur dalam peristiwa G30S PKI antara lain Letnan Jenderal Anumerta Ahmad Yani, Mayor Jenderal Raden Soeprapto, Mayor Jenderal Mas Tirtodarmo Haryono, Mayor Jenderal Siswondo Parman, Brigadir Jenderal Donald Isaac Panjaitan, dan Brigadir Jenderal Sutoyo Siswomiharjo.

Tak hanya para jenderal, ajudan Menhankam/Kasab Jenderal Nasution, Letnan Satu Pierre Andreas Tendean, dan pengawal Wakil Perdana Menteri II Dr. J. Leimena, Brigadir Polisi Satsuit Tubun juga gugur.

Salah satu Jenderal yang berhasil selamat dari serangan PKI adalah AH Nasution, namun putrinya yang bernama Ade Irma Suryani Nasution tidak bisa diselamatkan.

Di Yogyakarta, G30S PKI yang dipimpin oleh Mayor Mulyono juga menyebabkan gugurnya TNI Angkatan Darat, Kolonel Katamso dan Letnan Kolonel Sugiyono.

Kolonel Katamso adalah Komandan Korem 072/Yogyakarta, sedangkan Letnan Kolonel Sugiyono adalah Kepala Staf Korem. Keduanya diculik dan gugur di Desa Kentungan, sebelah utara Yogyakarta. Kejadian ini meninggalkan luka mendalam dalam sejarah bangsa Indonesia.

0 Response to "Tentang G30S PKI: Sebuah Sorotan pada Peristiwa Kelam Tanggal 30 September"

Iklan Atas artikel




Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Loading...

Iklan Bawah Artikel

Loading...