-->

Notification

×

Iklan

iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Hoax: Video Viral Tangkuban Perahu Erupsi Ternyata Rekaman 2019

Friday, December 8, 2023 | 9:11 AM WIB Last Updated 2023-12-08T02:11:46Z
iklan

Tangkuban Perahu Erupsi

Tangkuban Perahu Erupsi
Ilustrasi: Hoax: Video Viral Tangkuban Perahu Erupsi Ternyata Rekaman 2019

Tangkuban Perahu Erupsi - comunitynews - Pada hari Kamis (7/12) lalu, isu erupsi Gunung Tangkuban Perahu menghebohkan internet. Banyak netizen mulai mempertanyakan kebenaran informasi setelah video viral tersebar. Dalam video tersebut, kawah Ratu Gunung Tangkuban Perahu tampaknya meletus, memaksa pengunjung yang melihatnya untuk keluar dari kendaraan mereka.

Namun, faktanya adalah bahwa informasi tersebut tidak akurat dan palsu. Video viral itu sebenarnya diambil saat Gunung Tangkuban Perahu di Subang erupsi pada 2019. Ini secara resmi dikonfirmasi oleh Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) melalui akun resmi mereka.

"Video tersebut merupakan rekaman Erupsi Gunung Tangkuban Perahu pada tahun 2019," ungkap akun tersebut pada Jumat (8/12/2023).

Selain itu, pada 7 September 2019, Gunung Tangkuban Perahu meletus selama kurang lebih 3 menit 17 detik. Adzan Anugrah Indiarsyah, Ketua Pos Pengamatan Gunung Api Tangkuban Parahu, juga memastikan bahwa berita tentang erupsi yang mengejutkan di internet tidak benar.

Kondisi Gunung Tangkuban Perahu tetap normal, kata Adzan. "Untuk tingkat aktivitas Gunung Tangkuban Perahu, sampai saat ini masih berada pada Level Normal I," katanya, menurut beberapa sumber.

Penegasan ini dimaksudkan untuk meredakan kekhawatiran masyarakat tentang erupsi baru-baru ini. Untuk menghindari penyebaran berita palsu yang dapat menimbulkan kepanikan di masyarakat, sangat penting untuk selalu memverifikasi informasi sebelum menyebarkannya.
×
Berita Terbaru Update