-->

Notification

×

Iklan

iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Mengatasi Pneumonia: Langkah-Langkah Kesehatan di Lampung Selatan

Saturday, December 9, 2023 | 10:50 PM WIB Last Updated 2023-12-09T15:50:09Z
iklan
Mengatasi Pneumonia: Langkah-Langkah Kesehatan di Lampung Selatan
Ilustrasi: Mengatasi Pneumonia: Langkah-Langkah Kesehatan di Lampung Selatan

Kab.LamSel - comunitynews - Kejadian pneumonia (radang paru-paru) di Lampung Selatan selama periode Januari hingga Oktober 2023 mencapai 201 kasus, sementara kasus non-pneumonia (batuk-pilek) mencapai 13.330 kasus. Kabar ini disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lampung Selatan, Devi Arminanto, pada hari Rabu, 6 Desember 2023.

Devi mengungkapkan bahwa untuk mengurangi angka kasus pneumonia dan non-pneumonia di Lampung Selatan, langkah-langkah koordinatif telah diambil dengan melibatkan promkes, puskesmas, dan sektor lainnya. Upaya juga ditingkatkan melalui promosi kesehatan, yang melibatkan edukasi untuk meningkatkan pemahaman masyarakat mengenai penyakit pneumonia.

"Kami mendorong masyarakat untuk aktif melakukan pencegahan melalui imunisasi, sebagai langkah perlindungan dari berbagai penyakit, termasuk pneumonia," ujarnya.

Selain itu, penting untuk menjaga kebersihan tangan, terutama setelah membuang lendir. Jika sulit mendapatkan air, hand sanitizer dapat digunakan sebagai alternatif. Konsumsi alkohol sebaiknya dihindari, karena dapat meningkatkan risiko terkena pneumonia dan komplikasi lainnya, serta menurunkan daya tahan tubuh terhadap infeksi.

Devi menekankan pentingnya gaya hidup sehat, termasuk melakukan olahraga secara teratur, mengonsumsi buah dan sayur, serta menjaga pola tidur yang cukup. Dia juga memberi imbauan agar masyarakat berhenti merokok, karena merokok dapat merusak paru-paru dan meningkatkan risiko infeksi pneumonia. Di Lampung Selatan, sudah ada 60% puskesmas yang menjalankan program upaya berhenti merokok (UBM), sebagai inisiatif dari Dinas Kesehatan Lamsel.

Roni
×
Berita Terbaru Update