-->

Notification

×

Iklan

iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Malam Nisfu Syaban 2024: Keistimewaan, Waktu, dan Amalannya

Monday, February 19, 2024 | 6:49 AM WIB Last Updated 2024-02-18T23:49:10Z
iklan

Malam Nisfu Syaban 2024

Malam Nisfu Syaban 2024
Ilustrasi: Malam Nisfu Syaban 2024

Malam Nisfu Syaban 2024 (comunitynews) - Malam Nisfu Syaban, momen berkah di bulan Syaban, menandai pertengahan bulan dengan 300 pintu rahmat dan ampunan Allah SWT yang terbuka. Kapan tepatnya? Mari kita temukan jawabannya bersama-sama, dan bahkan lebih penting, temukan keutamaan serta amalan yang dapat menghiasi malam istimewa ini.

Waktu Malam Nisfu Syaban


Menurut Lembaga Falakiyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (LFPBNU), malam Nisfu Syaban pada tahun 2024 jatuh pada Ahad, 25 Februari. Awal bulan Syaban sendiri dimulai pada 11 Februari 2024. Oleh karena itu, matahari tenggelam pada Sabtu, 24 Februari 2023, menandakan awal Nisfu Syaban.

 Keutamaan Malam Nisfu Syaban


Malam Nisfu Syaban memancarkan keberkahan dengan beberapa keistimewaan, seperti:

- Doa Dikabulkan: Doa pada malam ini memiliki potensi besar untuk dikabulkan oleh Allah SWT.
  
- Pengampunan Dosa: Kesempatan besar mendapat pengampunan dosa, membuatnya disebut sebagai "lailatul maghfirah" atau malam pengampunan.
  
- Meningkatkan Rezeki dan Keselamatan: Malam penuh syafaat dan kebajikan ini juga diyakini dapat meningkatkan rezeki dan keselamatan.
  

 Amalan Malam Nisfu Syaban


1. Memperbanyak Doa


Bulan Syaban dipandang sebagai bulan penuh berkah dan pengampunan. Dalam riwayat Abu Bakar, Rasulullah SAW menyatakan bahwa rahmat Allah turun ke bumi pada malam Nisfu Syaban. Doa dianjurkan agar mencakup segala hal, kecuali dosa, musyrik, dan kebencian dalam hati.

 2. Membaca Dua Kalimat Syahadat


Selain doa, membaca dua kalimat syahadat sangat dianjurkan. Sayyid Muhammad bin Alawi menekankan keutamaan membaca kalimat ini pada malam yang istimewa. Dua kalimat syahadat merupakan pengakuan iman terhadap keesaan Allah dan kenabian Muhammad sebagai utusan-Nya.

 3. Memperbanyak Istighfar


Istighfar, permohonan ampun, menjadi amalan utama pada malam Nisfu Syaban. Sayyid Muhammad bin Alwi menjelaskan pentingnya beristighfar, terutama pada waktu yang penuh keutamaan seperti malam pertengahan bulan Syaban. Selain membuka pintu rezeki, istighfar juga menunjukkan kesadaran kita terhadap kesalahan dan kerinduan untuk meminta pengampunan kepada Allah.

 Penutup

Malam Nisfu Syaban adalah momentum untuk mendekatkan diri kepada Allah, memohon ampunan, dan meraih berkah-Nya. Dengan mempraktikkan amalan-amalan yang dianjurkan, kita dapat merasakan keutamaan malam istimewa ini secara penuh. Semoga informasi ini bermanfaat dan menginspirasi untuk menjalani malam Nisfu Syaban dengan penuh keberkahan.

dikutip dari Tempo
×
Berita Terbaru Update