Doa Malam Lailatul Qadar: Antara Anjuran dan Amalan

Doa Malam Lailatul Qadar

Doa Malam Lailatul Qadar
Ilustrasi: Doa Malam Lailatul Qadar

Doa Malam Lailatul Qadar (comunitynews) - Nabi Muhammad SAW sangat menganjurkan untuk mengamati doa pada malam Lailatul Qadar. Dalam hadis-hadits yang diriwayatkan oleh At-Tirmidzi dan lima imam hadits lainnya, disebutkan betapa berharganya melakukan doa pada malam yang penuh berkah ini. 

Ketika Siti Aisyah bertanya tentang apa yang dapat dilakukan pada malam Lailatul Qadar, Rasulullah menjelaskan doa ini. Dalam artikel "Doa Malam Lailatul Qadar" dikutip dari laman NU Online, yang ditulis oleh Ustadz Alhafiz Kurniawan, disebutkan bahwa ada dua jenis doa yang sangat dianjurkan untuk dibaca pada malam tersebut. Kedua jenis doa ini berdasarkan hadits yang kuat dan dapat diamalkan.

Doa Pertama:


اَللَّهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ كَرِيمٌ تُحِبُّ اَلْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّي
Allāhumma innaka afuwwun karīmun tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘annī
Artinya, “Ya Allah, sungguh Engkau Maha Pemaaf yang Pemurah. Engkau juga menyukai maaf. Oleh karena itu, maafkanlah aku (maafkanlah kami).”

Doa Kedua:



اَللَّهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ تُحِبُّ اَلْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّي
Allāhumma innaka afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘annī
Artinya, “Ya Allah, sungguh Engkau Maha Pemaaf. Engkau juga menyukai maaf. Oleh karena itu, maafkanlah aku (maafkanlah kami).”

Ustadz Alhafiz mengatakan bahwa doa pertama didasarkan pada hadits Nabi yang diriwayatkan oleh Imam At-Tirmidzi, sementara doa kedua didasarkan pada riwayat dari lima imam hadits, kecuali Imam Abu Dawud.

Doa Lailatul Qadar dapat dibaca sepanjang bulan Ramadhan, atau secara khusus pada sepuluh hari terakhir Ramadhan, menurut sebagian besar ulama Mazhab Syafi'i. Mereka percaya bahwa itu jatuh pada waktu itu karena ada hadits yang menunjukkan bahwa Rasulullah meningkatkan ibadahnya pada sepuluh malam terakhir Ramadhan. Oleh karena itu, disarankan agar kita memperbanyak doa saat itu.

Doa malam Lailatul Qadar dapat dibaca dengan istiqamah selama ramadhan, baik secara individual maupun berjamaah di masjid-masjid, dalam upaya mendapatkan berkah pada malam yang dijanjikan keutamaannya. Kita memohon ampunan dan rahmat dari Allah SWT, Sang Maha Pemaaf dan Pemurah, saat kita membaca doa ini. Di malam yang penuh berkah ini, semoga amalan kita diterima dan dilipatgandakan pahalanya.

Sumber dari laman web NU

0 Response to "Doa Malam Lailatul Qadar: Antara Anjuran dan Amalan"

Iklan Atas artikel




Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Loading...

Iklan Bawah Artikel

Loading...