Harga Emas Antam Turun setelah Pekan Kemarin Mencapai Rekor Tertinggi

Harga Emas Antam
Ilustrasi: Harga Emas Antam Turun setelah Pekan Kemarin Mencapai Rekor Tertinggi

Harga Emas Antam (comunitynews) - Pada Rabu (24/4/2024), harga emas Logam Mulia produksi PT Aneka Tambang Tbk di butik emas LM Graha Dipta Pulo Gadung turun sebesar Rp5.000 menjadi Rp1.320.000 per gram. Penurunan ini terjadi selama tiga hari berturut-turut setelah harga emas Antam mencapai level All Time High pekan lalu. Dalam tiga hari terakhir, harga emas Antam telah turun sebesar Rp27.000 per gram.

Harga buyback (harga saat menjual emas kembali) juga mengalami penurunan sebesar Rp5.000 dibandingkan hari sebelumnya, menjadi Rp1.218.000 per gram.

Penurunan harga emas Antam ini sejalan dengan penurunan harga emas dunia. Menurut data Refinitiv, pada perdagangan Selasa (23/4/2024), harga emas ditutup di posisi US$2.321,81 per troy ons, mengalami pelemahan sebesar 0,19% dibandingkan hari sebelumnya. Posisi penutupan tersebut merupakan yang terendah sejak 4 April 2024, atau hampir 3 minggu yang lalu.

Penurunan harga emas global dipengaruhi oleh meredanya ketegangan geopolitik di Timur Tengah setelah Iran mengabaikan serangan Israel minggu lalu dan menyatakan tidak akan meresponsnya.

Emas dianggap sebagai aset safe haven yang dicari investor saat ketegangan geopolitik meningkat, seperti yang terjadi di Timur Tengah pekan lalu.

"Ketidakpastian terkait situasi di Timur Tengah mulai mereda, sehingga pasar berbondong-bondong menjual emas. Namun, pertanyaannya sekarang adalah sampai kapan harga emas akan terus melemah?" ujar Daniel Ghali, seorang analis dari TD Securities, seperti dilaporkan oleh Reuters.

Dilansir dari Laman CNBC

0 Response to "Harga Emas Antam Turun setelah Pekan Kemarin Mencapai Rekor Tertinggi"

Iklan Atas artikel




Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Loading...

Iklan Bawah Artikel

Loading...