Home
Kota serang
Pembinaan dan Pelantikan Panwascam
Walantaka
Pembinaan dan Pelantikan Panwascam Walantaka Serang
Pembinaan dan Pelantikan Panwascam Walantaka Serang

SERANG (comunitynews) - Sabtu, 1 Juni 2024, SMPN 8 Walantaka menjadi saksi pentingnya acara pembinaan dan pelantikan Panwascam Kota Serang. Kegiatan yang dihadiri oleh Ketua Panwascam Kota Serang, Fahmi, ini menyoroti pelantikan dan pembekalan Panwaslu Kelurahan/Desa.

"Pada hari ini, kita melantik dan memberikan pembekalan kepada Panwaslu Kelurahan/Desa. Di Kecamatan Walantaka, terdapat 14 Kelurahan yang telah hadir dan dilantik sebanyak 14 orang," ujar Fahmi saat memberikan penjelasan. 

Kegiatan ini, lanjut Fahmi, juga berkaitan dengan penguatan kompetensi Kelurahan/Desa dalam menghadapi pengawasan pada Pilkada tahun 2024. Kompetensi ini nantinya akan terus dikuatkan melalui pertemuan-pertemuan rutin dan pembahasan terkait potensi kerawanan serta pelanggaran yang mungkin terjadi. Selain itu, kajian dari sisi undang-undang juga akan dilakukan.

"Insya Allah, dari kegiatan ini mereka sudah bisa langsung bekerja melakukan pengawasan. Saat ini juga sudah berjalan pemetaan TPS dari PPK sehingga nanti TKD juga langsung turun untuk sosialisasi dan pengawasan terkait pemetaan TPS," tambahnya.

Fahmi juga menjelaskan bahwa Panwaslu Kelurahan/Desa akan melakukan pemetaan potensi kerawanan di daerah masing-masing. 

"Pemetaan potensi kerawanan ini nantinya akan didiskusikan, dan kita akan menetapkan strategi untuk menyusutkan atau mengurangi potensi-potensi kerawanan yang mungkin akan terjadi di Pilkada," katanya.

Dia juga menyoroti pelanggaran administrasi yang sering terjadi, seperti pada Pemilu 2024 lalu, dimana banyak TPS yang tidak memasang stiker di rumah-rumah pemilih, yang seharusnya menjadi prosedur tetap. 

"Hal ini perlu diperhatikan agar tidak terulang kembali," tegas Fahmi.

Fahmi berharap kegiatan ini dapat membangun keberanian dan mental yang kuat bagi teman-teman PKD. 

"Gesekan di masyarakat mungkin akan lebih besar sehingga PKD harus memperkuat mental dan menambah kompetensi agar memiliki daya kreativitas dalam rangka melakukan pencegahan dan penanganan pelanggaran di lapangan," pungkasnya.

Dengan pelantikan dan pembinaan ini, diharapkan Panwaslu Kelurahan/Desa di Kecamatan Walantaka siap menghadapi tantangan Pilkada 2024 dengan lebih kompeten dan berintegritas.

Red

Blog authors