Buku Nikah Digital Kemenag Telah Tersebar 15 Kota dan Kabupaten

Buku Nikah Digital Kemenag Telah Tersebar 15 Kota dan Kabupaten
Gambar hanya Ilustrasi
 

Lampung - comunitynews - Buku Nikah Digital kemenag kini di Kantor Daerah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Propinsi Lampung menyebutkan pasangan calon pengantin langsung bisa memperoleh buku nikah sekalian kartu nikah digital.


"Buku nikah digital kemenag langsung bisa dibikin, baik pasangan yang hendak menikah maupun pasangan yang telah menikah tapi belum memiliki," kata Kepala Kanwil Kemenag Lampung, Juanda Naim, Minggu, 9 Januari 2022.


Di Lampung, katanya, pembikinan Buku nikah digital kemenag dapat dilaksanakan lewat 225 Kantor Urusan Agama (KUA) yang menyebar di 15 kabupaten/kota.


"Karena buku nikah terlampau besar ukuran. Jika Buku nikah digital kemenag akan mempermudah pasangan membawa kemanapun. Bukunya diletakkan, kartunya dapat ditempatkan di dompet," terang ia.


"Buku nikah digital kemenag telah terintergrasi dengan Mekanisme Info Management Nikah (Simakah di Web resmi)," tambahnya.


Walau demikian, dia mengaku masih tetap ada beberapa wilayah yang memperoleh kesusahan koneksi internet hingga mengusik jalannya proses pembikinan buku nikah digital.


"Kadang ada masalah untuk beberapa KUA di wilayah terasing," katanya.


Juanda meneruskan, kartu nikah digital itu sudah diterapkan secara nasional semenjak Agustus 2021. Kartu nikah digital tidak identik gantikan buku nikah, tetapi, cuman memiliki sifat memudahkan.


Pembikinan Buku nikah digital kemenag juga tanpa di pungut biaya ongkos seperser pun.


"Bila pendataan pernikahan dilaksanakan di saat jam kerja, jadi tidak dikenai ongkos atau 0 rupiah. Namun bila di luar jam kerja dikenai ongkos Rp600 ribu," terang ia.

0 Response to "Buku Nikah Digital Kemenag Telah Tersebar 15 Kota dan Kabupaten"

Iklan Atas artikel




Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Loading...

Iklan Bawah Artikel

Loading...