-->

Notification

×

Iklan

iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Bupati Tangerang Zaki : 12 Negara Akan Singgah ke Desa Ketapang Lewat Program Mapan

Tuesday, February 1, 2022 | 10:09 AM WIB Last Updated 2022-02-01T03:09:35Z
iklan

Bupati Tangerang Zaki : 12 Negara Akan Singgah ke Desa Ketapang Lewat Program Mapan

 

Mauk - comunitynews - Teritori pelestarian mangrove dan ekowisata Ketapang Aquaculture di Desa Ketapang, Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang bisa menjadi lokasi moment besar tingkat internasional, yaitu Partnership in Environmental Manajemen for the Seas of East Asia (PEMSEA) Network of Local Government (PNLG) Rapat Summit 2022.


PNLG sebagai Organisasi Kerja sama Pengendalian Laut dan Pesisir Negara-Negara di Asia Timur yang dibuat PBB. Gagasannya acara ini akan diadakan pada Oktober 2022.


"Kita pastikan persiapan semua. Ketapang Aquaculture bisa menjadi tempat untuk PEMSEA Rapat Summit 2022," kata Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar yang Wakil Presiden PNLG, Jumat 21 Januari 2022.


Diputuskannya Kabupaten Tangerang sebagai lokasi moment itu karena kesuksesan Pemkab mengatur menata dan meningkatkan daerah pesisir, baik fasilitas dan ekosistemnya atau pendayagunaan penduduknya.


Zaki menerangkan acara itu berangkat dari kesuksesan program Gerbang Mapan yang disebut hasil kerjasama beragam pihak untuk merehabilitasi pesisir pantai. Menurutnya, lewat program Gerbang Mapan, kehidupan warga pesisir bisa jadi lebih baik.


"Kesuksesan itu dapat dipandang dari pengaturan ekosistem pesisir dimulai dari warga sampai lingkungannya. Pelestarian mangrove telah diawali dari 2013, saat ini telah kelihatan hasilnya ," tutur Zaki.


Sekarang ini, di Ketapang Aquaculture ada 16 varietas mangrove dan ada 200 ribu lebih pohon dan bibit. Karena ada penanaman mangrove itu akan memberi imbas positif di lingkungan, seperti menahan abrasi yang sekarang ini telah mengonsumsi pantai lebih dari 1 km.


Untuk pengaturan warga diberi program pembuatan rumah, diberi perahu, sampai jaringan ikan. Karena gara-gara abrasi, makin hari nelayan makin jauh cari ikan.


"Ada 200-an kepala keluarga sebagai nelayan di Ketapang, kita bangunin koperasi. Selanjutnya dibangunkan rumah melalui kerjasama Kementerian PUPR, Pemerintah provinsi dan Pemkab. Disiapkan air bersih melalui Perumdam," terang Zaki.


Zaki minta support ke seluruh pihak supaya kasus wabah semakin menurun, hingga PAMSEA Rapat Summit yang disebut jadwal teratur asosiasi beberapa kota pesisir pantai di Asia Timur bisa diadakan di Oktober 2022 .


"Kelak ada sekitaran 12 negara partner PAMSEA yang nanti akan bertandang ke Desa Ketapang," ujarnya.


×
Berita Terbaru Update