-->

Notification

×

Iklan

iklan

Iklan

Tag Terpopuler

SDN 4 Bumi Daya Diduga Kuat Dalam peyalah Gunaan Dana BOS

Thursday, April 14, 2022 | 4:40 PM WIB Last Updated 2022-04-14T09:49:40Z
iklan

 

SDN 4 Bumi Daya Diduga Kuat Dalam peyalah Gunaan Dana BOS


Dana Bos - Comunitynews - Kalinda- lampung selatan kec. Palas.Penggunaan anggaran dana Biaya Operasional Sekolah (Bos) untuk Sekolah dasar nengri 4 bumidaya diduga tidak tepat sasaran.


Kuat dugaan bahwa sekolah SD 4 Nengri Bumidaya kec.palas yang mendapat dana Bos yang pencairan dana setiap tiga bulan berjalan hanya untuk memperkaya diri sendiri atau kelompok maupun golongan tertentu saja.

 

Pantauan awak media Aliansi Indonesia . jelaskan, kuat dugaan dalam setiap item penggunaan anggaran BOS  para oknum sekolah melalui kepala sekolah banyak melakukan penyimpangan dalam realisasinya, hal ini diduga tidak sesuai dengan juklak dan juknis Bos.Seperti diketahui, 


Sambung nya,  pemerintah melalui kementerian pendidikan Nasional APBN telah mengucurkan anggaran setiap tahun dengan satuan biaya untuk perhitungan besarnya dana Bos yang di berikan Pemerintah pusat kepada sekolah dasar  sebesar Rp.900000 per siswa setiap tahun berjalan.Selanjutnya, setiap penggunaan dana pihak guru jarang mengetahui realisasi penggunaan dana BOS pihak sekolah. Karena pihak sekolah jarang sekali mencantumkan realisasi dana Bos dipapan  informasi sekolah.


Padahal seharusnya berdasarkan juklak dan juknis bos setiap item penggunaan anggaran harus dilakukan secara transparan setiap tahap pencairan.





Selain itu ada dugaan kwitansi fiiktif dan pelaporan SPJ tumpang tindih yang dibuat oleh oknum bendahara atas arahan oknum kepala sekolah seperti biaya ATK, biaya Makan minum ( sanck ) dan biaya rapat – rapat guru dan Komite sekolah. Di tambah lagi perawatan sekolah, sarana dan prasarana pun di duga tidak ada.


Saat di konfirmasi  dengan bendahara sekolah ibu, Turiah, " kalau kerjaan saya mah tidak ada yang salah, bahkan di kerjakan sesuai dengan aturan yang ada, bahkan saya menjabat bendahara sudah lama dan kerjaan saya baik-baik saja. Ujar nya. (Turiah)


Saat awak media aliansi mencoba menemui kepala sekolah SDN 4 bumidaya, tidak pernah ketemu. Mungkin beliau lagi ada urusan dengan kedinasan.


Pada hari rabu tanggal 14/04/2022 awak media mencoba mengkompirmasi kepada kepala sekolah SDN 4 Bumi daya, ibu SUMARNI, S.Pd , Sd. " saya lakukan sesuai dengan aturan dan kebutuhan nya, saya pun sudah berbuat untuk sekolahan ini, sebelum saya masuk sekolahan ini sangat mempehatinkan, dan saya ama bendahara sekolah transparan kalau untuk sekolahan apa lagi terkait dengan dana bos. Paparnya" ( sumarni )


Pada jam 14-54 sore kami awak media bertemu dengan kabit dikdas, ibu NUR HASANAH, S.Pd. MM, kami menjelaskan terkait SDN 4 Bumi daya, saya perhatiin dan kecewa dengan sekolahan SDN 4 tersebut, yang mana anggaran dana bos sendiri terkucurkan dengan sekolah tersebut. Maka hal ini akan secepatnya saya akan proses dan perbaikan, agar di kemudian hari tidak ada kesalahan dan sesuai aturan tertentu. Pungkasnya" ( Nur Hasanah )



(Roni)

×
Berita Terbaru Update