-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Niat Puasa Syawal, Pelaksanaan serta keutamaan Puasa Syawal Bagi Yang Menjalankan

Thursday, May 5, 2022 | 8:12 AM WIB Last Updated 2022-05-05T01:16:43Z
iklan

 

Niat puasa Syawal
Ilustrasi: Niat Puasa Syawal, Pelaksanaan serta keutamaan Puasa Syawal Bagi Yang Menjalankan, source pixabay Istock


Niat puasa Syawal - comunitynews - Berikut kami suguhkan bacaan niat puasa bulan Syawal di artikel ini. Umumnya puasa syawal dikerjakan sepanjang 6 hari di bulan Syawal sesudah hari H Idul Fitri.


Saat sebelum melakukan puasa pada bulan syawal, lebih dahulu membaca niat. Berikut bacaan niat puasa Syawal :


نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ الشَّوَّالِ لِلهِ تَعَالَى


"Nawaitu shauma ghadin ‘an adâ'i sunnatis Syawwâli lillâhi ta‘âlâ.


Artinya, "Saya punya niat puasa sunah Syawwal besok hari karena Allah SWT."


Sementara petunjuk menjalankan beribadah Puasa bulan Syawal tertera dalam hadist.


Berikut hadist yang menyarankan puasa bulan syawal seperti diambil Literaturnews dari situs Kemenag:


"Siapa saja berpuasa penuh pada bulan Ramadhan lalu menyambungnya dengan (puasa) enam hari pada bulan Syawal, karena itu (pahalanya) seperti dia berpuasa selama setahun." (HR Muslim).


Puasa 6 hari bulan Syawal sesudah hari H Idul Fitri 2022, hingga dapat dilakukan mulai 2 Syawal 1443 H. Dengan begitu, puasa Syawal ini bisa diawali Selasa, 3 Mei 2022.


Puasa Syawal ini jadi penyempurna sesudah seorang muslim melakukan puasa Ramadhan sepanjang satu bulan penuh.


Waktu penerapan puasa syawal ini paling utama jika dilaksanakan enam hari berturut turut mulai 2, 3, 4, 5, 6, dan 7 Syawal. Tetapi dapat terpisah-pisah. Misalkan, kerjakan puasa 6 hari pada bulan Syawal tiap Senin dan Kamis.


Disamping itu dapat juga memilih waktu pada tengah Syawal, bertepatan waktu puasa ayyamul bidh (pertengahan bulan), yakni pada 13, 14, 15, 16, 17, 18, dan 19 Syawal atau dalam bentang waktu tertentu lainnnya.


Demikianlah informasi berkaitan bacaan doa niat puasa syawal pada enam hari dalam bulan syawal.


Sebagai pengingat, waktu kerjakan puasa Syawal dibolehkan tidak untuk dilaksanakan secara beruntun. Walau demikian, orang yang melakukannya masih tetap bisa keutamaan puasa Syawal.


Ada yang lebih spesial dari waktu penerapan puasa Syawal, kaum muslim bisa lakukan puasa Syawal di bulan lain atau mengqhadanya di bulan Dzulqa'dah.


Keutamaan Puasa Syawal


Sama dengan beribadah lain, puasa Syawal mempunyai beberapa keutamaan. Berikut beberapa keutamaan puasa Syawal:


1. Penyempurna Beribadah


Tiap ibadah beribadah yang kita kerjakan pasti memperoleh pahala di akhirat nantinya. Ibadah yang pertama kalinya dihisab ialah beribadah harus. Maka dari itu untuk memperbaiki beribadah harus, umat Islam disarankan kerjakan ibadah sunnah. Satu diantaranya yakni puasa Syawal.


2. Mendapatkan Pahala yang Berlipat


Bila seorang berpuasa harus sepanjang 30 hari ditambah lagi puasa sunnah sepanjang 6 hari, karena itu dia berbuasa sepanjang 36 hari. Puasa sepanjang 36 hari itu pahalanya dihitung sama dengan puasa sepanjang 360 hari.


3. Dekatkan Diri dengan Allah SWT


Ibadah puasa yang ditangani oleh tiap kaum muslim bisa menjadikan jembatan untuk mendekat dengan Allah SWT. Karena Allah sendiri yang hendak mempertimbangkan pahala ibadahnya.


4. Pertanda Rasa Sukur dan Iman


Telah sepantasnya seorang hamba bersyukur atas nikmat yang sudah Allah beri padanya. Dengan berpuasa Syawal maka jadikan seorang hamba lebih bersyukur dan memiliki iman ke pada Allah SWT.


Tata langkah penerapan beribadah puasa Syawal sama dengan puasa wajib atau sunnah secara umum. Yang membandingkan di antara puasa Syawal dengan puasa yang lain yakni waktu realisasinya dan niat puasanya.


Demikianlah rincian berkenaan pemahaman, bacaan niat puasa Syawal, waktu penerapan dan kelebihanya. Mudah-mudahan menambahkan keimanan dan ketaqwaan kita semua, aminn


Tag : 


puasa,waktu,latin,Syawal,bahasa Arab,niat puasa,artinya,6 hari,


×
Berita Terbaru Update