750.000 Harga Tiket Masuk Candi Borobudur Khusus Turis Lokal

 

750.000 Harga Tikut Masuk Candi Borobudur Khusus Turis Lokal
750.000 Harga Tikut Masuk Candi Borobudur Khusus Turis Lokal

Harga tiket masuk candi Borobudur - Comunitynews - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan akan batasi pengunjung Candi Borobudur dan mengaplikasikan harga baru untuk tiket masuk untuk wisatawan asing atau lokal.


Tidak main-main, pengunjung lokal atau wisatawan lokal nanti diwajibkan bayar tiket Rp 750.000 untuk sekali masuk.


Luhut ngomong, penentuan tiket masuk ke Candi Borobudur sejumlah Rp 750.000 perlu dilaksanakan untuk batasi jumlah lawatan. Dia menarget, jumlah lawatan pelancong ke candi Budha itu 1.200 orang setiap hari.


Sementara untuk pelancong luar negeri, lanjut Luhut, akan dikenai biaya 100 dollar AS atau bila dijadikan rupiah sama dengan Rp 1.443.000 (kurs Rp 14.400) atau nyaris 2x lipat dari harga tiket untuk wisatawan lokal.


"Kami setuju dan merencanakan untuk batasi paket wisatawan yang ingin naik ke Candi Borobudur sekitar 1.200 orang setiap hari," sebut Luhut diambil dari account Instagramnya seperti disaksikan pada Sabtu (4/6/2022).


"Dengan ongkos 100 dollar AS untuk wisman dan wisatawan lokal sejumlah Rp 750 ribu. Khusus untuk siswa, kami beri ongkos 5.000 rupiah saja," katanya kembali.


Luhut akui punyai argumen kuat meningkatkan harga tiket masuk ke Candi Borobudur yang ada di daerah Magelang, Jawa tengah itu.


"Cara ini kami kerjakan hanya untuk jaga kelestarian kekayaan riwayat dan budaya nusantara," terang Luhut.


Selainnya tiket masuk yang dinaikkan, ikat ia, semua pelancong yang masuk ke Candi Borobudur diharuskan memakai jasa pemandu dari masyarakat lokal.


"Semua wisatawan nanti harus memakai tur guide dari masyarakat lokal sekitaran teritori Borobudur, ini kami kerjakan untuk mempernyerap lapangan pekerjaan baru sekalian tumbuhkan sense of belonging (rasa mempunyai) pada teritori ini," ungkapkan Luhut.


"Hingga rasa tanggung-jawab untuk menjaga dan melestarikan salah satunya situs riwayat nusantara ini tetap tumbuh dalam sanubari angkatan muda di periode kedepan," sambungnya.


Rincian Harga tiket Borobudur 2022


Candi Borobudur sebagai tempat rekreasi yang sekarang ada di bawah pengendalian BUMN pariwisata, PT Taman Rekreasi Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (Persero).


Sekarang ini, perusahaan plat merah itu memutuskan tiket masuk ke Candi Borobudur berdasar beberapa kelompok dengan jam membuka dari jam 08.00 s/d jam 16.00 sehari-harinya.


Biaya tiket pelancong lokal dibanderol sejumlah Rp 50.000 untuk umur di atas sepuluh tahun. Lantas anak umur 3-10 dikenai biaya masuk Rp 25.000, dan anak di bawah tiga tahun tidak dikenai ongkos.


PT Taman Rekreasi Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (Persero) memutuskan biaya khusus sejumlah Rp 25.000 per-orang yang berjalan untuk kelompok siswa dan mahasiswa.


Selanjutnya untuk pelancong asing dewasa diwajibkan bayar sejumlah Rp 350.000 dan Rp 210.000 untuk wisatawan asing anak-anak.

Iklan Atas artikel




Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Loading...

Iklan Bawah Artikel

Loading...