-->

Notification

×

Iklan

iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Berita Kisah Tjahjo Kumolo Menteri Menpan RB

Sunday, July 3, 2022 | 9:03 AM WIB Last Updated 2023-08-03T17:36:54Z
iklan

 

Berita Kisah Tjahjo Kumolo Menteri Menpan RB

Berita Tjahjo Kumolo menteri - Comunitynews - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo meninggal dunia sesudah jalani perawatan intens kemarin. Tjahjo Kumolo diberitakan meninggal dunia ini hari Jumat (1/7/2022) jam 11.00 WIB di Rumah Sakit Abdi Waluyo, Jakarta. Labtas siapa pengganti Menpan RB, status yang ditempati Tjahjo Kumolo saat hidupnya?


Harus dipahami, Tjahjo Kumolo jalani perawatan sesudah alami infeksi paru-paru. Sepanjang Tjahjo Kumolo dirawat di rumah sakit sepanjang dua minggu. Siapa pengganti Menpan RB? Presiden Joko Widodo menunjuk Menteri Koordinator Sektor Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD sebagai pengganti atau Menpan RB ad-interim.


Lalu siapa pengganti Menpan RB sesudah sepeninggalannya Tjahjo Kumolo?


Pemilihan Menteri Pendayagunaan Aparat Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) sebagai hak prerogatif Presiden Joko Widodo. Menurut Menkopolhukam Mahfud MD, Presiden Jokowi akan menunjuk pengganti Menpan RB dalam kurun waktu dekat.


"Kelak pasti presiden akan memutuskan dalam waktu yang tidak terlalu lama," tutur Mahfud MD pada Jumat (1/7/2022).


Dalam isi kekosongan sementara, Presiden Joko Widodo sudah menunjuk Mahfud MD sebagai Menpan RB secara ad-interim.


Mahfud MD yakini jika Presiden Jokowi sudah banyak memiliki pemikiran untuk tentukan siapa pengganti Menpan RB yang ditempati Tjahjo Kumolo.


Sebagai info, Tjahjo Kumolo sebagai politisi senior PDIP yang memegang sebagai Sekretaris Jenderal. Tjahjo memutuskan mundur dari tempatnya sesudah diputuskan Presiden Jokowi sebagai Menteri Dalam Negeri di tahun 2014 lalu.


Tjahjo Kumolo kembali dipercayai oleh Presiden Jokowi untuk memegang sebagai Menpan RB untuk masa 2019 - 2024.


Presiden Jokowi sampaikan duka cita atas wafatnya Tjahjo Kumolo. Bahkan juga dia menyebutkan Tjahjo Kumolo berpulang pada puncak dedikasinya sebagai Menpan RB lewat ciutan Twiter.


"Innalillahi wa inna ilaihi rajiun. Ikut berdukacita yang dalam atas berpulangnya Bapak Tjahjo Kumolo di Jakarta. Alm. ialah seorang figur pemuda dan politikus yang berpulang di puncak dedikasinya sebagai Menteri PANRB," kata Jokowi melalui account Twitter @jokowi, Jumat (1/7).


Tjahjo Kumolo meninggal dunia jam 11.00 WIB di Rumah Sakit Abdi Waluyo, Jakarta Pusat. Jenazahnya akan dimakamkan di dalam rumah dinas Widya Chandra dan disholatkan di Mushola Kompleks Kementerian Pendayagunaan Aparat Negara dan Reformasi Birokrasi. Jenazah akan disemayamkan di TMP Kalibata, Jakarta Selatan.


Demikianlah informasi tentang siapa pengganti Menpan RB Tjahjo Kumolo yang meninggal dunia sesudah memperoleh perawatan intens dan berusaha melawan infeksi paru-paru.


Mengenang Profil Tjahjo Kumolo 


Menukil dari tjahjokumolo.id, Tjahjo Kumolo terlahir di Surakarta, Jawa tengah, 1 Desember 1957 (wafat di umur 64 tahun). Tjahjo memegang sebagai Menteri Pemberdayaan Aparat Negara dan Reformasi Birokrasi Indonesia semenjak 23 Oktober 2019, pada Cabinet Indonesia Maju. Awalnya dia sempat juga jadi Menteri Dalam Negeri Indonesia yang memegang dari 27 Oktober 2014 sampai 20 Oktober 2019 pada Cabinet Kerja.


Politisi PDIP itu jadi anggota DPR RI masa 2009-2014. Dia maju melalui PDIP dengan daerah penyeleksian Jawa tengah I dan sekalian jadi Ketua Fraksi PDI-P di DPR RI dan jadi anggota Komisi I yang mengepalai bidang pertahanan, luar negeri, dan info di DPR RI.


Tjahjo secara mengagetkan diputuskan oleh Megawati Soekarnoputri sebagai Sekretaris Jenderal DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan masa 2010-2015 yang pada era sebelumnya duduk sebagai Ketua DPP Sektor Politik PDI-P. Tjahjo Kumolo awalnya sempat juga terdaftar sebagai Ketua Umum KNPI dan anggota Partai Kelompok Kreasi.


Berikut Pendidikan Tjahjo Kumolo 


  1. Tamat Fakultas Hukum Kampus Diponegoro Tahun 1985
  2. Tamat Lemhanas 1993


Kedudukan di Cabinet


  • Cabinet Indonesia Maju 2019-2024 sebagai Menteri Pendayagunaan Aparat Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB)
  • Cabinet Indonesia Kerja 2014-2019 sebagai Menteri Dalam Negeri (Mendagri)
  • Kepala Badan Nasional Pengelolaan Perbatasan (BNPP)
  • Wakil Ketua Komisi Kepolisian Hukum dan HAM RI
  • Pernah Jadi Menteri Pertahanan Ad internal


Kisah Kedudukan Lain Semasa Hidup


  • Tahun 2014 : Ketua Team Sukses Capres-Cawapres Jokowi-Jusuf Kalla
  • Tahun 2010 : Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan (PDIP)
  • Tahun 2010 : Ketua Fraksi DPR-PDIP
  • Tahun 2005 : Ketua DPP PDIP
  • Tahun 2000 : Wakil Sekretaris Fraksi PDIP DPR RI
  • - Tahun 1998 : Direktur SDM DPP DPIP
  • Tahun 1987-2014 : Anggota DPR-MPR RI dari Dapil Jawa tengah (6 masa posisi)
  • Tahun 1984-1992 : Ketua KNIP Jawa tengah, Sekjen KNIP Pusat, Ketua Umum KNIP Pusat
  • Tahun 1989-2015 : Ketua Pusat PPM, Dewan Penasehat FKPPI
  • Tahun 1985 : Sekretaris MKGR Mayjen TNI RH Soegandhi Jawa tengah
  • Tahun 1988 : Pengurus Pleno Dewan Harian Nasional 45, Anggota Dewan Film, Anggota IDF Bappenas RI.

×
Berita Terbaru Update