Asal Usul Sejarah Mangkuk Ayam Jago Yang Jadi Google Doodle Pekan Ini

 

Asal Usul Sejarah Mangkuk Ayam Jago Yang Jadi Google Doodle Pekan Ini
Asal Usul Sejarah Mangkuk Ayam Jago Yang Jadi Google Doodle Pekan Ini


Sejarah Mangkuk Ayam Jago - comunitynews -  Beberapa orang tentu kenal dengan mangkuk ayam jago yang umum ada di bubur ayam. Ternyata, hari ini (12/9/2022) mangkuk ayam jago ini jadi Google Doodle atau gambar yang ada dalam menu penelusuran Google.


Pemanfaatan gambar mangkuk ayam jago ini lalu menarik perhatian beberapa orang. Masalahnya mangkuk ayam jago ini kerap ditemui, bukan hanya di Indonesia tapi beberapa negara yang lain. Lalu sebetulnya darimanakah asal mangkuk ayam jago ini?


Merilis situs Google, penyeleksian doodle ini hari sebagai perayaan Lampang Rooster Bowl yang iconic. Ternyata, mangkuk ayam jantan dengan bunga peony dan daun pisang ini sebagai perlengkapan makanan tradisionil asal Thailand.


Ayam jago yang ada dalam mangkuk ini menyimbolkan makna usaha keras. Dan daun pisan dan peony merah disimpulkan sebagai peruntungan. Pemakaian dalam doodle ini mengisyaratkan rekam jejak mangkuk ayam jago yang telah dikenali oleh warga internasional.


Pembikinan mangkuk ayam jago ini diawali pada 1957. Beberapa pebisnis membuat beragam pabrik perlengkapan dapur dan membuat mangkuk ayam jago di propinsi Lampang, Thailand. Lokasi itu dikenal juga kaya mineral lempung yang pas untuk pembikinan keramik.


Mangkuk ayam jago yang dibikin di saat dahulu memakai lukisan asli dengan tangan. Tetapi, bersamaan perubahan jaman, sekarang ini telah banyak alat bikin yang membuat mangkuk gampang untuk dibuat.


Sesudah mangkuk ayam jago ini dibuat secara massal, produk ini menjadi satu diantara barang terlaku terjual di teritori itu. Bahkan juga, produk ini bawa kestabilan keuangan untuk warga lokal Lampang.


Sampai sekarang ini Lampang masih menghasilkan mangkuk ayam jago. Namun, produsen yang menghasilkan mangkuk ayam jago sesuai style dan bahan tradisionil telah jarang-jarang. Oleh karenanya, mangkuk yang digambar langsung dengan tangan dipandang sebagai barang sangat jarang.


Mangkuk ini dipandang akan bawa peruntungan untuk beberapa orang yang memiliki. Maka dari itu, sampai sekarang ini walau bermacam tipe perlengkapan dapur yang ada, sebagian besar keluarga mempunyai mangkuk ayam jago ini.

0 Response to "Asal Usul Sejarah Mangkuk Ayam Jago Yang Jadi Google Doodle Pekan Ini"

Iklan Atas artikel




Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Loading...

Iklan Bawah Artikel

Loading...