Sanitasi Adalah : City Sanitation Summit Ke-20 Resmi Dibuka

 

City Sanitation Summit Ke-20 Resmi Dibuka
City Sanitation Summit Ke-20 Resmi Dibuka



Sanitasi adalah - Tangerang – Pelaksanaan City Sanitation Summit (CSS) XX resmi dibuka oleh Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar bersama Ketua Umum AKKOPSI yang juga Wali Kota Jambi, Dr Syarif Pasya, dan Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Kesehatan dan Pembangunan Kependudukan, Kemenko PMK, Drg Agus Suprapto, M.Kes. Acara ini digelar di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City Kabupaten Tangerang, Rabu (7/9). CSS merupakan ajang pertemuan kepala daerah untuk bertukar pengalaman, pengetahuan terhadap kegiatan sanitasi.


Pertemuan ini diharapkan menjadi wadah untuk membangun kemitraan dan mendorong upaya advokasi, promosi dan kampanye untuk pembangunan sanitasi di Indonesia hingga 2045 mendatang. Pelaksanaan CSS XX pada hari kedua dibuka dengan penampilan Paduan Suara dari 30 orang siswa SMPN 1 Legok, membawakan lagu Indonesia Raya, Mars Kabupaten Tangerang, dan Mars AKKOPSI.


Kabupaten Tangerang terpilih menjadi tuan rumah penyelenggaraan CSS ke-20 tahun 2022 berdasarkan merupakan hasil keputusan Munas AKKOPSI ke-19 di Banjarmasin pada tahun 2019. Di samping itu, Kabupaten Tangerang selain dipandang mampu, juga kompeten karena memiliki program sanitasi yang berhasil dan dapat direplika daerah lain, seperti sanitasi sekolah, sanitasi pondok pesantren, IPAL Komunal, Gebrak Pak Kumis dan beberapa program lainnya yang tetap mengedepankan sanitasi yang baik, layak, bersih dan sehat.


Ketua Panitia CSS XX sekaligus Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tangerang Moch. Maesyal Rasyid mengatakan, dalam rangka CSS XX ini, pihaknya akan membeberkan sejumlah keberhasilan dalam pembangunan sanitasi di Kabupaten Tangerang. “Perkenankan kami melaporkan bahwa CSS Kabupaten Tangerang ini bertema ‘sanitasi aman investasi masa depan’,” ungkap dia di lokasi.

RSUD Balaraja Ekspos Pengembangan "Rusa Lari" ke Peserta CSS Ke-20 

 Rumah Sakit Umum Wilayah (RSUD) Balaraja memperlihatkan bermacam pengembangan dan perolehan performanya di depan peserta City Sannitation Summit (CSS) ke-20. Penjabaran itu dikatakan Direktur RSUD Balaraja, dr. Hj. Reniati M.Kes, saat peserta CSS ke-20 lakukan lawatan ke rumah sakit itu.


Salah satunya program favorit yang diuraikan ialah pengembangan Rumah Sakit Berpikiran Lingkungan dan Asri yang dipersingkat dengan Rusa Lari. Salah satunya, pengendalian sampah klinis yang berharga ekonomis dan daur ulangi air sampah untuk penyiraman tanaman. Pengembangan Rusa Lari ini dilaksanakan buat memberikan dukungan implementasi Green Hospital di Indonesia.


"Dalam pengembangan ini (Rusa Berlari), kami usaha untuk meningkatkan pengendalian sampah klinis yang berharga ekonomis, lakukan daur ulangi air sampah untuk penyiraman tanaman, pendayagunaan tempat kosong, dan lakukan penghijauan dengan manfaatkan tempat kosong dengan penanaman pohon peneduh dan hidroponik," katanya saat memberi paparan ke peserta CSS XX, Rabu (07/09/2022).


Lawatan ke RSUD itu masih juga dalam serangkaian aktivitas CSS ke-20 di City Sanitation Summit (CSS) XX di ICE BSD, Tangerang, Rabu (7/9). Pada acara itu dilaksanakan permufakatan nasional (munas) yang pilih Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar sebagai Ketua Umum Koalisi Kota-Kabupaten Perduli Sanitasi (AKKOPSI) secara aklamasi. Bupati Zaki gantikan ketua umum sebelumnya, Syarif Fasha.


Agenda yang akan dilakukan antara lain sharing session, seminar dan kunjungan lapangan atas program sanitasi yang dilakukan Kabupaten Tangerang. Antara lain kunjungan ke Ketapang Urban Aquaculture, SMPN 2 Curug, Pesantren Dasar el Huda dan RSUD Balaraja.


Beberapa peserta City Sanitation Summit (CSS) ke-20 2022 menghargai pemerintahan Kabupaten Tangerang yang sukses menangani persoalan air, sanitasi dan sikap hidup bersih di Ketapang Aquaculture, Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang.

"Di adakannya CSS XX tahun 2022 di Kabupaten Tangerang ini saya berasa berkesan karena kami memperoleh banyak pengetahuan baru yang nanti akan kami terapkan di daerah kami," tutur kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasa Pemukiman Kota Banjarmasin, Chandra Iriandri Wijaya, Rabu (7/9/2022).

Menurut dia, Pelaksanaan CSS XX yang diadakan di Kabupaten Tangerang sebagai gelaran tatap muka kepala wilayah untuk tukar pengalaman, pengetahuan pada aktivitas sanitasi.

Tatap muka ini diharap jadi tempat untuk membuat kerja sama dan menggerakkan usaha advokasi, promo dan kampanye untuk pembangunan sanitasi di Indonesia sampai 2045 kedepan. Terutamanya untuk beberapa anggota Koalisi Kabupaten Kota Perduli Sanitasi (AKKOPSI).


"Maka lewat moment ini diharap dapat memberikan dukungan perolehan program Pemercepatan Pembangunan Sanitasi Pemukiman (PPSP) untuk merealisasikan sasaran 100 % akses sanitasi di Kabupaten Kota se-Indonesia," terangnya.


Dia menambah, Sikap Hidup Bersih dan Sehat sebagai salah satunya usaha yang sudah dilakukan dengan arah untuk mendayagunakan bagian keluarga supaya memahami, ingin, dan sanggup untuk melakukan Sikap Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).


"Nyaris tiap tahun kami selalu berencana pembangunan sanitasi yang pantas untuk warga, namun sesudah kami saksikan program yang di lakukan oleh pemerintahan Kabupaten Tangerang beberapa ada yang nanti akan kami ikuti," katanya.


Di tempat yang serupa, Kepala Dinas Cipta Kreasi Kabupaten Malang, Sikarba menambah dalam serangkaian lawatan Lokus CSS CXX peserta memperoleh evaluasi berkaitan pengaturan teritori pantai, permukiman nelayan, dan pengendalian sanitasi permukiman.


"Saya saksikan perubahan sanitasi di Dusun Ketapang ini hebat dapat mengganti sebuah perkampungan yang semulanya kotor jadi perkampungan yang cantik, permai, sehat dan komplet dengan mekanisme sanitasi air bersih yang telah pantas. Ini dapat kita simulasi di Kabupaten Malang," tutur Kepala Dinas Cipta Kreasi Kabupaten Malang.

“4 lokasi ini adalah bagian program besar sanitasi kabupaten tangerang,” ungkapnya. 


(Diskominfo Kab Tangerang)




0 Response to "Sanitasi Adalah : City Sanitation Summit Ke-20 Resmi Dibuka"

Iklan Atas artikel




Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Loading...

Iklan Bawah Artikel

Loading...