Ini Penetapan Resmi Menteri Agama tentang Hasil Sidang Isbat Lebaran Idul Fitri 1444 H

 Hasil Sidang Isbat Lebaran Idul Fitri 2023

Hasil sidang isbat lebaran idul fitri
Ini Penetapan Resmi Menteri Agama tentang Tanggal Idul Fitri 1444 H

Hasil sidang isbat lebaran Idul Fitri - comunitynews - Menteri Agama, Yakut Cholil Qoumas, mengumumkan bahwa 1 Syawal dan Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah akan jatuh pada hari Sabtu, 22 April 2023. Keputusan ini diambil setelah Kementerian Agama mengadakan sidang Isbat pada Kamis, 20 April.

Dalam sidang tersebut, Kementerian Agama menggunakan dua metode, yaitu hisab atau perhitungan dan rukyat atau pengamatan langsung terhadap hilal. Menurut Menag, kedua metode tersebut saling melengkapi dan tidak dipertentangkan.

Sebelumnya, Pimpinan Pusat Muhammadiyah telah menetapkan bahwa Hari Raya Idul Fitri 1444 H jatuh pada hari Jumat, 21 April 2023, sesuai dengan Maklumat Pimpinan Pusat Muhammadiyah Nomor 1/MLM/1.0E/2023 tentang Penetaan Hasil Hisab Ramadan, Syawal, dan Zulhijah 1444 H.

Sementara itu, Nahdlatul Ulama akan menetapkan 1 Syawal 1444 H berdasarkan kriteria imkanur rukyat atau visibilitas hilal MABIMS. Ketinggian hilal pada 29 Ramadhan 1444 H sudah di atas ufuk saat Matahari terbenam, tetapi masih di bawah kriteria minimum imkanur rukyah atau kemungkinan hilal dapat terlihat yaitu 3 derajat dan elongasi 6,4 derajat.

Oleh karena itu, seperti pemerintah, NU juga mengakui kemungkinan adanya perbedaan tanggal Idul Fitri 2023. Ketua Lembaga Falakiyyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Sirril Wafa menyampaikan bahwa perbedaan penetapan awal bulan, baik Ramadhan ataupun Idul Fitri, harus dihadapi dengan saling memahami satu sama lain.

"Karena perbedaan seperti ini sudah berkali-kali terjadi dan menjadi tidak asing lagi bagi umat Islam di Indonesia, maka sudah saatnya masing-masing kelompok memahami akar perbedaannya dan tidak mengambil sikap apriori," kata dia.

0 Response to "Ini Penetapan Resmi Menteri Agama tentang Hasil Sidang Isbat Lebaran Idul Fitri 1444 H"

Iklan Atas artikel




Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Loading...

Iklan Bawah Artikel

Loading...