-->

Notification

×

Iklan

iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Semarak Pembinaan Seni Qasidah: Gemilangnya LASQI Lampung Selatan

Wednesday, July 26, 2023 | 3:11 PM WIB Last Updated 2023-07-27T02:03:43Z
iklan

 Pembinaan Seni Qasidah

Pembinaan Seni Qasidah

Kab.LamSel - comunitynews - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Lembaga Seni Qasidah Indonesia (LASQI) Kabupaten Lampung Selatan menggelar suatu acara pembinaan dan pelatihan yang tak hanya menarik, tetapi juga inspiratif, bagi para grup qasidah dan bintang vokalis berbakat di seluruh wilayah Kabupaten Lampung Selatan.

Pusat kegiatan berlangsung di Gedung Serba Guna (GSG) Kecamatan Penengahan pada Selasa (25/7/2023). Kehadiran Ketua Umum DPD LASQI Kabupaten Lampung Selatan, Hj. Winarni Nanang Ermanto, dan Staf Ahli Bupati Bidang Ekobang dan Kemasyarakatan, Yespi Qori, memberikan nuansa istimewa pada acara tersebut.

Dalam sambutannya, Ketua Pelaksana Kegiatan, A. Kholil, dengan semangat menceritakan bahwa acara pembinaan dan pelatihan ini diikuti oleh 12 grup qasidah dari berbagai usia, termasuk grup dewasa dan remaja yang berasal dari 6 kecamatan.

Tak hanya itu, Kholil juga memberitahukan dengan bangga bahwa nantinya, para grup qasidah dari Kabupaten Lampung Selatan akan berpartisipasi dalam sebuah festival bergengsi tingkat Provinsi Lampung yang akan berlangsung pada tanggal 8 hingga 10 Agustus 2023.

"Kegiatan ini merupakan salah satu program unggulan dalam bidang pendidikan dan pengembangan yang diinisiasi oleh DPD LASQI Lampung Selatan. Tujuannya sangat jelas, yakni untuk menghidupkan kembali seni qasidah yang saat ini mulai terpinggirkan di tengah arus modernisasi yang begitu pesat," ungkap mantan Kepala BMS Setdakab Lampung Selatan dengan penuh semangat.

Di momen yang tak kalah pentingnya, Ketua Umum DPD LASQI Kabupaten Lampung Selatan, Hj. Winarni Nanang Ermanto, mengucapkan rasa terima kasih yang tulus kepada seluruh pihak, baik dari pemerintah daerah maupun kecamatan, yang telah memberikan dukungan penuh hingga acara berjalan dengan sukses dan meriah.

"Program pembinaan semacam ini sangatlah krusial untuk kita lakukan. Dengan pembinaan yang baik dan sinergi yang kuat, ditambah dengan dukungan program-program kerja yang berkesinambungan, maka peran serta organisasi LASQI akan semakin maju dan berkembang pesat," ujar Winarni dengan tegas namun penuh harapannya.

Tak berhenti di situ, Winarni menambahkan dengan penuh keyakinan bahwa dibutuhkan peran aktif dari seluruh elemen yang terlibat dalam menjalankan program-program kerja yang telah ditetapkan oleh lembaga yang ia pimpin. "Saya yakin ke depannya, LASQI Kabupaten Lampung Selatan akan semakin profesional dan dipenuhi oleh karya-karya gemilang yang akan membanggakan kita semua," tambah Winarni penuh semangat.

Di lain pihak, selaku perwakilan dari Bupati Lampung Selatan, Yespi Qori memberikan apresiasi yang tulus serta menyambut kegembiraan atas terselenggaranya acara pembinaan dan pelatihan tersebut.

"Saya sangat berharap bahwa melalui kegiatan pembinaan yang sangat berarti ini, akan memberikan edukasi dan motivasi yang kuat bagi seluruh masyarakat, terutama kaum muda yang memiliki bakat dan minat dalam bidang musik islami," ungkap Yespi Qori dengan nada semangat yang tak terbendung.

Selanjutnya, Yespi Qori menyampaikan bahwa keberadaan LASQI sebagai wadah bagi para penggiat seni budaya Islam dan sosial kemasyarakatan sangatlah penting untuk melestarikan dan memajukan musik qasidah di Indonesia, terutama di tengah tantangan arus globalisasi yang semakin deras seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi dan komunikasi.

"Namun, di balik tantangan tersebut, sebenarnya terdapat kesempatan besar bagi kita untuk berperan aktif dalam menjaga dan memperkaya kekayaan seni qosidah. Saatnya kita bersama-sama menghadapinya dan memastikan bahwa kesenian qosidah tetap hidup dan bersinar terang," jelas Yespi Qori dengan tegas.

Mengakhiri sambutannya, Yespi Qori mengajak para pembina dan pengurus grup qasidah untuk menjadikan acara pembinaan dan pelatihan ini sebagai bagian tak terpisahkan dari upaya memperkaya nilai-nilai keagamaan di masyarakat Lampung Selatan. Selain itu, juga sebagai sarana untuk menyebarkan dan mengamalkan nilai-nilai agama Islam guna meningkatkan pemahaman dan penghayatan atas ajaran-ajaran agama yang mulia.

"Kami sungguh berharap dengan adanya kegiatan pembinaan yang sangat bernilai ini, kelak akan muncul prestasi-prestasi gemilang dari para grup qasidah daerah kita. Semoga acara pembinaan hari ini dapat menjadi pendorong sinergi yang semakin kuat dan mendukung program serta strategi yang akan dijalankan oleh LASQI Lampung Selatan di masa yang akan datang," pungkas Yespi Qori dengan senyum dan harapan yang tak terbendung.

Roni

Kunjung Artikel dan Berita menarik lainya di Google News
×
Berita Terbaru Update